Metodologi Penelitian dan Langkah-Langkah Metodologi Penelitian

gammafisblog.blogspot.com - kali ini kita akn mempelajari tentang Metodologi penelitian. Mengenai langkah langkah dalam metodologi penelitian. sebelum melkukan sebuah penelitian kita perlu terlebih dahulu mengetahu tentang apa yang ingin kita teliti, artinya kita harus memiliki pengetahuan. pengetahuan adalah sesuatu yang kita ketahui atau dari tidak tahu menjadi tahu.


Metodologi Penelitian dan Langkah-Langkah Metodologi Penelitian
Penelitian


Metodologi Penelitian dan Langkah-Langkah Metodologi Penelitian.

Peneliatian.

Penelitian adalah suatu proses investigasi yang bertujuan untuk menemukan jawaban, menginterprestasi dan merevisi fakta. Penelitian harus didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi ilmiah. Untuk melakukan sebuah penenlitian yang pertama kali kita harus lakukan adalah menentukan masalah yang ingin diselesaikan, dengan syarat masalah tersebut diungkapkan dalam kalimat tanya, dapat dijawab dengan jelas dan spesifik tidak boleh suatu jawaban yang bersifat relatif, dan terakhir bukan merupakan suatu jawaban yang singkat seperti Ya/Tidak. Jawaban dari permasalahan harus didasarkan pada data atau suatu pengukuran.

Cara mendapatkan Masalah.

Untuk memperoleh sebuah masalah yang akan di teliti dapat diperoleh dengan cara melakukan observasi dari apa saja, seperti :
1. Berdasarkan pengalaman
Masalkan, dulu ketika saya sakat (Batuk) saya mencampurkan daun jeruk dan kecap asin, kemudian batuk saya reda. Mengapa, apa yang terkandung dalam daun jeruk dan kecep asin sehingga batuk bisa reda. Hal tersebut bisa dijadikan masalah untuk diteliti.
2. Berdasarkan Referensi atau jurnal
3. Penelitian terdahulu
4. Inovasi teknologi
5. dll
Semua hal diatas merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan sebuah masalah yang akan diteliti.

Dalam penelitian ada tantangan, dimana semua hasil observasi adalah alasan-alasan untuk memilih masalah yang mana semua masalah tersebut akan dituangkan dalam latar belakang.

Misalkan kita ingin membuat termometer digital mengunakan sensor suhu. dalam latar belakan bukan sensor yang dibahas, tetapi mengapa dibuat termometer digital mengunakan sensor suhu, apa kelebihan dan kekurangan dan menceritakan semua hal hal yang melatarbelakangi Masalah.

Langkah-Langkah Metodologi Penenlitian.

Adapun langkah langkah dalam metodologi penelitian adalah sebagai berikut :

1. Merumuskan Masalah
Merumuskan masalah merupakan hal yang paling penting dalam penelitian. Merumuskan masalah merupakan serangkaian pertanyaan mengenai apa, mengapa ataupun bagaimana tentang suatu objek yang akan kita teliti. Dalam merumuskan masalah, harus jelas tentang batasan-batasan serta diketahui mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi masalah.

2. Marumuskan Hipotesis (Hipotesis Nol /H0 dan Hipotesis Alternatif - Ha)
Rumusan hipotesis merupakan jawaban sementara atau dugaan pernyataan yang akan diajukan dan merupakan kesimpulan dari kerangka berpikir yang kembangkan yang masih memerlukan pembuktian berdasarkan data yang akan dianalisis, misalnya ada pengaru suhu terhadap bahan semikonduktor (Ha) dan Tidak ada pengaruh suhu terhadap bahan semikonduktor (H0).

3. Mengumpulkan data
 Pengumpulan data dilakukan dilapangan dimana peneliti akan melakukan pengamilan data. Dalam penelitian seorang peneliti yang sedang menerakpkan metode ilmiahnya perlu melakukan pengumpulan data berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan. Pengumpulan data erat kaitan dengan hipotesis, sebab data tersebut yang akan digunakan untuk menguji hipotesis.

4. Menguji Hipotesis
Dalam penelitian ilmiah pada hakekatnya perlu dilakukan uji hipotesis dimana kita tidak dapat membenarkan atau menyalahkan hipotesis, tetapi kita haya menerima atau menolak hipotesis yang telah dirumuskan. semakin tinggi tingkat akurasi data maka tingkat kepercayaan terhadap hasil penelitian akan semakin besar pula. sebaliknya jika tingkat akurasi rendah maka penelitian tidaka dapan dipercaya.

5. Merumuskan kesimpulan
Langkah terakhir dalam melakukan penenlitian adalah merumuskan kesimpulan berdasarkan data data yang telah diperoleh, apakah data tersebut menerima/menolah H0 atau Menerima/Menolak Ha. semua itu dapat dijawab berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian.

Itulah Metodologi Penelitian dan Langkah-Langkah Metodologi Penelitian, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Jika ada kesalahan mohon berikan komentarnya agar artikel ini dapat menjadi lebih baik. Jika tidak keberatan mohon di Like atau di Sheare ataupun diberikan komentar positifnya. Termakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Metodologi Penelitian dan Langkah-Langkah Metodologi Penelitian"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel