8 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gammafisblog.com -pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai manfaat dalam mempelajari ilmu fisika. Fisika merupakan salah satu bidang pengetahuan yang mendasari fisik alam semesta dan berlaku terus-menerus untuk kehidupan sehari-hari masyarakat. Salah satu ilmu utama, berusaha untuk menjelaskan alasan materi bertindak pada jalan tersebut dan untuk menggambarkan cara materi berinteraksi dengan materi lain – dari partikel sub-atomik sampai galaksi di langit.
Manfaat Belajar Ilmu Fisika Dalam Kehidupan

Hal ini merupakan dasar dari konversi energi listrik untuk memanaskan sampai membuat kopi pagi atau serumit merencanakan sebuah penerbangan pesawat ulang alik dari Bumi ke orbit. Meskipun beberapa konsep yang awalnya sulit untuk dipahami, tetapi ada kepuasan tersedniri dan pengetahuan dapat membuat semua usaha tidak sia-sia. 

Berikut Adalah Manfaat Belajar Fisika


1. Melatih berpikir logis

Melatih berpikir logis

Dalam mempelajari ilmu fisika dapat melatih cara berfikir kita yang logis dan sistematis serta dapat melatih kita dalam menganalisis sebuah kejadian dengan teratur. Memahami konsep dan fakta unik fisika membuat kita terbiasa untuk berpikir berdasarkan logika. Dengan memplajari ilmu fisika maka kita juga dapat memprediksi suatu kejadian secara statistik atau pluang.

2. Mengerti fenomena alam

Mengerti fenomena alam

Fisika juga membantu kita untuk memprediksi kejadian alam yang menjadi penting untuk peradaban umat manusia. Kita akan memahami bagaimana dunia bekerja dari mulai mekanika kuantum, struktur atom hingga astrofisika yang akan membawa manfaat untuk mengerti fenomena alam.

3. Relevan dengan bidang sains lain

Relevan dengan bidang sains lain

Fisika merupakan landasan ilmu untuk perkembangan ilmu lainnya seperti dalam bidang teknik dan kedokteran. Misal mahasiswa kedokteran perlu memahami bagaimana darah dan arus udara dalam tubuh melalui konsep tekanan, kecepatan aliran dan perubahan resistensi terhadap aliran. Bila kamu memahami ilmu fisika, maka akan mudah bagi kamu mengaplikasikan dalam bidang ilmu lainnya.

4. Mengikuti perkembangan teknologi

8 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kemajuan teknologi seringkali berdasarkan penemuan dalam fisika atau improvisasi dari ilmu dasar fisika. Perkembangan rocket science, nuklir dan sebagainya yang merupakan terapan dari perkembangan ilmu fisika. Memahami ilmu fisika akan memudahkan kita memahami teknologi terbaru.

5. Tantangan intelektual

8 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Banyak orang yang takut pada mempelajari fisika karena memiliki reputasi sebagai pelajaran yang sulit. Aspek-aspek tertentu dari fisika yang banyak orang merasa takut adalah kita harus memahami persamaan matematika yang banyak dan rumit serta harus memahami grafik, kemudian dapat menerjemahkan dan menjelaskan konsep tersebut ke dalam kehidupan nyata. Meskipun mungkin ada pelajaran lebih mudah di luar sana, salah satu dari nilai-nilai belajar fisika adalah bahwa hal itu secara intrinsik menantang dan karena itu juga sangat bermanfaat ketika seorang siswa memahami itu. Cornell University Physics Teacher Education Coalition mengatakan bahwa tempat terbaik untuk belajar fisika adalah melalui pendidikan formal, dengan konsep yang jauh lebih sulit untuk dipahami dalam pola belajar sendiri.

6. Memahami Dunia

8 Manfaat Belajar Ilmu Fisika

Tidak semua manfaat fisika melibatkan hal-hal materi karena penelitian dan pengetahuan itu sendiri penting. Astrofisika, mekanika kuantum dan investigasi ke dalam struktur atom dan energi telah mampu menjelaskan banyak cara bagaimana dunia bekerja, bahkan turun sampai kelahiran asli dari alam semesta. Tentu saja, hasil penelitian juga dapat digunakan sebagai dasar dari teknologi baru, seperti yang disebutkan sebelumnya. Pada tingkat individu, belajar fisika bisa secara pribadi bermanfaat saat siswa mulai memahami benda sehari-hari dan kejadian dalam konsep fisika yang mendasari mereka, seperti percepatan mobil, gravitasi menyebabkan sebuah apel jatuh dari pohon atau powering listrik MP3 player.

7. Pilihan


Gelar Fisika memenuhi syarat individu untuk berbagai macam pekerjaan. Belajar fisika karena itu merupakan ide bagus untuk individu yang cerdas, tapi tidak tahu apa yang mereka ingin lakukan dengan hidup mereka. Dalam kasus tersebut, ada sedikit kesempatan untuk mencapai akhir tingkat dan menyesali itu sebagai buang-buang waktu.

Gelar fisika umum dapat dengan mudah dikonversi menjadi astrofisika, fisika medis, fisika nuklir atau teori fisika. Anda bisa menatap bintang-bintang, menyembuhkan kanker dengan terapi radiasi, mempertahankan pembangkit listrik tenaga nuklir, atau memecahkan persamaan yang kompleks dengan sangat sedikit kebutuhan untuk spesialisasi. Biasanya satu tahun gelar Master untuk semua yang diperlukan untuk mengambil fisika kualifikasi sarjana dalam arah yang diinginkan.

8. Kebanggan

Manfaat Belajar Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ketika orang bertanya apa yang Anda pelajari, dan Anda memberitahu mereka fisika, mereka langsung berpikir “ilmuwan roket”. Ini hampir selalu membawa beberapa tingkat hormat, dan di beberapa kalangan bahkan dapat membawa perhatian ekstra dari lawan jenis! Biasanya meskipun, Anda pertanyaan tentang Higgs Boson, relativitas, atau Big Bang. Kadang-kadang Anda mendapatkan pertanyaan yang mendalam filosofis tentang sifat ruang dan waktu. Gelar fisika dapat membekali Anda dengan beberapa jawaban yang mendalam.

Itulah "Inilah 8 Manfaat Belajar Ilmu Fisika Danam Kehidupan Sehari-Hari". Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman dan terimakasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel