Listrik Statis, Contoh Soal dan Fenomena Listrik Statis - Materi Fisika Kelas 9 Semester 1

gammafisblog.blogspot.com - Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada sahabat gaamafis tentang salah satu materi : fisika kelas 9 semester 1, yaitu Listrik Statis.

Tujuan dari artikel kali ini adalah agar teman teman bisa memahami apa itu listrik statis dan apa saja hukum yang terkait dengan listrik statis. Baik untuk mempersingkat waktu langsung saja saya mulai.

Listrik Statis, Contoh Soal dan Fenomena Listrik Statis - Materi Fisika Kelas 9 Semester 1

1. Pengertian Listrik Statis

Dari namanya sudah jelas terlihat bahwa statis "artinya diam" maka listrik statis adalah suatu bidang ilmu fisika yang mempelajari tentang muatan listrik yang diam. Atau juga dapat dikatakan bahwa Listrik statis adalah suatu kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tidak mengalir atau tetap (statis), tapi jika terjadi pengosongan muatan akan memakan waktu yang cukup singkat. Atau definisi listrik statis yang lainnya yaitu suatu fenomena kelistrikan yang dimana muatan listriknya tidak bergerak dan biasanya terdapat pada benda yang bermuatan listrik.

Berikut adalah contoh fenomena listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
  1. Ketika menyisir rambut yang kering dengan sisir plastik akan menimbulkan bunyi gemerisik halus. Jika sisir itu didekatkan pada potongan kertas kecil, sisir plastik akan dapat menarik potongan kertas tersebut.
  2. Tatkala memasukkan tangan ke dalam plastik yang sedang terlipat maka tangan terasa disentuh duri. Bulu tangan terasa ditarik oleh plastik.
  3. Dekatkan punggung tangan pada layar kaca televisi setelah memadamkan televisi. Punggung tangan terasa bagai disetrum oleh layar kaca televisi tersebut.
  4. Pakaian dari bahan tetoron yang telah disetrika akan menimbulkan bunyi gemeretak. Jika didekatkan punggung tangan akan menyebabkan bulu tangan terasa ditarik oleh pakaian tersebut.
  5. Saat membakar ranting kayu yang kering kadang-kadang terdengar letupan-letupan kecil. Ranting yang terbakar kadang-kadang terlempar kesana kemari setelah terdengar bunyi letupan.
  6. Sewaktu membakar ujung rokok kretek dengan korek api sering terjadi letupan dari ujung rokok yang terbakar dan sering abunya terlempar. Kadang-kadang abu yang mengandung api tersebut mengenai pakaian atau tangan si perokok.
    Peristiwa terjadi petir akibat pergerakan muatan listrik di udara sehingga terjadi loncatan bunga api litrik.
  7. Penangkal petir bekerja berdasar pengaliran muatan listrik menuju bumi.

2. Hukum Coulomb

Muatan listrik bersifat positif atau negatif, ketika muatan listrik sejenis misalakan (+) dan (+) atau (-) dan (-) berdekatan maka akan timbul gaya tolak antara kedua muatan yang disebut Gaya Tolakan Coulomb. Begitu pila sebaliknya, jiaka muatan listrik berlawanan jenis misalkan (-) dan (+) maka akan timbul gaya tarik antara kedua muatan yang disebut Gaya Tarikan Coulomb.

Listrik Statis,  Contoh Soal dan Fenomena Listrik Statik

Bunyi hukum coulomb adalah "Besar gaya tarik-menarik atau tolak-menolak pada suatu benda yang memiliki muatan listrik sebanding dengan hasil kali besar muatan listrik kedua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda tersebut".

Berikut adalah rumus hukum coulomb :

Hukum Coulomb


Contoh Soal :
1. Dua buah muatan listrik   q1 = – 1,0μC dan q2 = + 2,0μC  berjarak 0,30 meter. Tentukan besar gaya interaksi kedua muatan tersebut !

Jawab :

Contoh soal Hukum Coulomb

2. Dua muatan besarnya 3 μC dan 64 μC. Jika besarnya gaya Coulomb yang dialami kedua muatan adalah 27.000 N. Berapakah jarak antara kedua muatan ?

Contoh soal Hukum Coulomb

Jadi, jarak antara kedua muatan adalah 0.8 cm.

3. Medan Listrik

Secara sederhana, medan listrik adalah daerah yang masih dipengaruhi oleh muatan listrik atau gaya listrik.  Atau Medan listrik adalah daerah di sekitar benda bermuatan listrik yang masih mengalami gaya listrik (gaya tarik atau gaya tolak).

Medan Listrik
Garis Medan Listrik

Besarnya medan listrik dititik p adalah hasil bagi antara gaya yang dialami oleh muatan uji “q” dengan besarnya muatan uji tersebut pada titik p.

Medan Listrik



Contoh soal :
Contoh Soal Medan Listrik

Itulah artikel kali ini tentang "Listrik Statis - Materi Fisika Kelas 9 Semester 1" semoga artikrl ini dapat bermanfaat untuk sahabat gammafis. dan jangan lupa di follow agar tidak ketinggalan materi yang akan di bahas oleh gamafis blog dan berikan komentar teman-teman mengenai artikel ataupu ingin bertanya silahkan dan yang terakhir jangan lupa di Share. Terimakasih.

Keyword : Fisika Kelas 9 Semester 1

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel