Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik Minat Pembaca

gammafisblog.blogspot.com – kali ini saya akan menulis bagaimana cara menulis artikel yang baik. Artikel adalah sekumpulan kata yang membentuk paragraf-paragraf dan menjadi sebuah karangan pendek. Artikel berkisaran antara 300 kata sampai dengan 1000 kata. Membuat suatu artikel tertentu dengan tema tertentu dengan tujuan untuk menyampaikan kepada seluruh pembaca tentang realitas, baik itu merupakan sebuah fakta, konsep ataupun pendapat dan opini tertentu.

 Cara Menulis Artikel yang Baik


Ada banyak cara untuk menulis sebuah artikel dengan baik, Bagaimana cara menulis sebuah artikel yang dapat menarik minat pembaca untuk tetap membaca artikel kita. Banyak orang bertanya (Bagaimana cra menulis artikel dengan baik? Ada pula yang bertanya Bagaimana cara menulis artikel di blog, atau bagaimana cara menulis artikel ilmiah dan bagaimana cara menulis artikel di koran). Semua pertanyaan itu akan saya jawab.

Pada dasarnya, menulis artikel adalah sama maksudnya adalah konsep penulisan artikel ilmiah, artikel di blog, atau pun artikel di koran itu sama. Hal terpenting dalam menulis sebuah artikel adalah kita melihat jenis artikel tersebut, jenis artikel apa yang ingin kita tulis. Kata orang mengenal diri sendiri itu penting jadi mengetahui jenis artikel yang akan kita tulis itu penting. Bila kita tidak mengetahui jenis artikel apa yang hendak kita tulis, maka sangatlah sulit kita menulir artikel dengan baik dan tentunya akan sulit bagi kita menarik minat pembaca untuk membaca artikel tersebut. Ingat kenali jenis artikel.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar. Berikut saya sajikan contoh artikelnya kepada teman-teman dan selamat membaca.

Cara Menulis Artikel Umum

Yang pertama saya akan coba menjelaskan bagaimana cara menulis artikel umum. Ada beberapa langkah dalam menulis artikel umum. Disi saya akan membagikan 5 poin penting dalam menulis artikel umum.
  1. Menentukan Tema. Ya... Menentukan Tema. Menentukan tema adalah langkah awal dalam membuat artikel. Tema artikel harus spesifik, semakin spesifik tema artikel yang akan kita buat maka semakit menarik minat pembaca.
  2. Menentukan Tujuan. Setiap perbuatan haruslah dengan tujuan yang jelas. Kebanyakan artikel hanya asal menulis tanpa memiliki tujuan penulisan artikel. Artinya artikel yang kita buat untuk apa? Tentukan Tujuan Penulisan artikel.
  3. Merumuskan ide pokok atau masalah.  Pada umumnya rumusan masalah itu berupa pertanyaan, namun dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, ide pokok tulisan terdapat pada alur tulisan. Saya akan berikan contohnya dibawah.
  4. Memuat kretifitas. Kita harus kreatif dalam segala hal dan dalam menulis sebuah artikel kita juga di tuntut untuk kreatif. Caranya adalah dengan kita mengembangkan tema dan mengembangkan pembahasan kita sesuai dengan jenis artikel apa yang kita tulis. (dibawah saya akan coba jelaskan lebih rinci dan tetap semangat membaca)
  5. Membuat kesimpulan. Nah yang terakhir ini tidak kalah pentingnya dari 4 poin diatas. Kesimpulan membuat orang tahu apa sebenarnya artikel yang di tulis. Ingat tuliskan poin-poin penting saja.

Itulah langkah langkah dalam membuat artikel umum. Ingat isi artikel harus disesuaikan dengan jenis artikel yang kita tulis. Karena setiap jenis artikel memiliki cara penulisan yang berbada.

Cara menulis Artikel Deskripsi

Artikel deskrisi merupakan artikel yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau deskripsi dari sebuah fakta sehingga para pembaca dapat membanyakan dalam pikirannya. Saya lebih suka menyebut atrikel jenis ini adalah artikel gambar. Karena semua isi artikel merupakan gambaran keadaan yang sebenarnya.

Langkah-langkah dalam menulis Artikel Deskripsi
  1. Menentukan topik artikel baik itu hanya berupa sebuah keadan atau konsep yang mau kita deskripsikan.
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel. Tentunya dengan tujuan yang jelas maka artikel tersebut akan menarik tidak asal-asalan.
  3. Menentukan Rumusan masalah atau ide pokok. Ide pokok penulisan berupa pertanyaan pertanyan yang harus kita jawab sehingga terciptalah sebuah artikel yang unik.
  4. Membuat alur artikel. Dalam menyampaikan tulisan artikel ada dua cara yaitu deduktif dan induktif. Kita ingin menceritakan dari yang khusus ke umum atau yang umum ke khusus dari yang penting ke yang tidak penting atau sebaliknya.
  5. Kesimpulan. Tutuplah artikel dengan kesimpulan.

Pada dasarnya menulis artike itu sama, hanya saja kita harus menyesuaikannya saja dengan jenis artikel yang kita tulis.

Kesimpulan
Ada 5 poin dalam menulis sebuah artikel
  1. Menentukan topik.
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel.
  3. Menentukan Rumusan masalah atau ide pokok.
  4. Kreatif - Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel
  5. Kesimpulan.

Itu saja dari saya, terimakasih telah berkunjung jangan lupa like, komen dan share artikel jiak bermanfaat. Samapai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel