Materi Dan Pembahasan Soal Fluida Statis

Pernakan anada melihat fenomena seperti pada gambar dibawah ini ?

Gambar tersebut menunjukkan bahwa serangga tersebut mampu berjalan diatas air, mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Serengga tersebut mampu berjalan ditas air karena adanya prinsip fluida statis. Tahukah anda prinsip apa yang digunakan ?

Materi Dan Pembahasan Soal Fluida Statis

Anda akan menemukan jawaban tersebut dengan mempelajari materi ini dengan sunggugh. Dalam materi fluida statis, Anda akan mempelajari berbagai konsep fluida statis dan penerapan fluida statis.

Fluida statis adalah fluida yang tidak mengalir. Fluida statis banyak diterapkan dalam kehidupan manusia. Berbagai teknologi menerapkan konsep fluida statis yang bermanfaat begi kehidupan manusia. Bagaimana Konsep konsep fluida statis? Bagaimana penerapan konsep fluida statis?

Baik saya akan menjawab semua pertanyaan tersebut dalam artikel kali ini yaitu mempelajari materi fluida statis.

Konsep Fluida Statis

Setelah mempelajari fluida statis, anda akan memahami berbagai konsep seperti tekanan hidrostatis, tegangan permukkaan, kapilaritas, hukum paskal, dan hukum archimedes. Anda akan memahami dan menyimak berbagai penjelasan berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Tekanan

Tekan didefinisikan sebagai gaya yang berkerja pada suatu budang persatuan luas.

Bidang yang dikenai gaya disebut dengan bidang tekan dan yang yang diberikan kepada bidang tekan disebut dengan gaya tekan.

Tekanan sangat berpengaruh pada gaya yang diberikan dan luaspenampang.

Jika sebuah benda dengan luas yang sama ditekan dengan gaya yang berbeda, sehinnga semakin besar gaya yang diberikan maka semakin besar pula tekan yang dirasakan oleh bidang tekan, Begitu pula sebaliknya.

Jika sebuah benda ditekan dengan gaya yang sama namun luas penampang tekan yang berbeda, maka pada benda yang luas penampamnya kecil akan mengalami tekanan yang besar, sedangkan ketika luas penampangnya besar maka tekanan yang dirasakan lebih kecil.

Hal ini terjadi karena tekanan berbanding lurus dengan gaya dan berbanding terbalik dengan luas penampang.

Materi Dan Pembahasan Soal Fluida Statis

Tekanan memiliki berbagai macam satuan, maka perlu kiata ketahui bagai mana cara mengkonfersikannya. Berikut adalah berbagai konversi satuan tekanan :
1 Pa = 1 N/m^2
1 bar = 1.0 x 10^5 Pa
1 atm = 101,325 Pa
1 atm = 760 mmHg


2. Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis adalah tekana zat yang disebabkan oleh berat zat cair tersebut.

Besarnya tekanan ini tergantung kepada ketinggian zat cair, massa jenis serta percepatan gravitasi.

Tekanan Hidrostatika hanya berlaku terhadap zat cair yang tak bergerak. sementara tekanan zat cair yang bergerak akan dipelajari lebih lanjut dalam Mekanika Fluida

Tekanan terhadap zat cair umumnya dibedakan menjadi dua jenis tekanan, yaitu tekanan zat cair yang tak bergerak atau statis (tekanan hidrostatis) serta tekanan zat cair yang bergerak atau dinamis (mengalir).

Secara konseptual tekanan hidrostatis ialah tekanan yang berlaku terhadap fluida atas Konsep Dasar Hukum Pascal

Tekanan hidrostatis dirumuskan sebagai berikut :


Materi Dan Pembahasan Soal Fluida Statis



soal dan pembahasan fluida statis

1. Titik A berada 2 cm di atas dasar sebuah bak yang berisi alkohol ( massa jenis alkohol = 0.8 g/cm^3) seperti pada gambar berikut ini.
Jika percepatan grafitasi 9.8 m/s^2, hitunglah :
a. Tekanan hidrostatis dititik A
b. Tekanan hidrostatis dititik b yang berada 3 cm dari dasar bejana.

Penyelesaian :


Materi Dan Pembahasan Soal Fluida Statis

2. Sebuah balok yang tingginya 25 cm mempunyai massa jenis 800 kg/m^3. Jika dicelupkan kedalam zat cair dengan massa jenis 1.25 g/cm^3 dan balok dalam kondisi terapung, berapa tinggi balok yang muncul dipermukaan ?

Penyelesaian :


Materi Dan Pembahasan Soal Fluida Statis

3. Akuarium berisi air setinggi 50 cm. Jika volume air 288 liter dan percepatan gravitasi 9.8 m/s2. Tekanan hidrostatis yan dialami oleh ikan yang berada 20 cm dari dasar akuarium sebesar ?
Penyelesaian :

Diketahui:


Materi Dan Pembahasan Soal Fluida Statis

Materi Lengkapnya dapat dibaca pada artikel saya yang berau yaitu Fluida Statis, Tekanan Hidrostatis, Hukum Pascal, Archimedes, Rumus dan Contoh Soal

Latihan :

Jika ingin lebih paham kerjakan soal berikut dan tuliskan jawaban kalian dikolom komentar.

Bendungan menampung air setinggi 75 meter. Jika massa jenis air 1.000 kg/m^3 dan percepatan gravitasi 9.8 m/s^2. Hitunglah ketinggian hidrostatis yang berada 60 m dibawah permukaan air ?

Ditunggu jawaban anda. Ok

Contoh Soal Fluida Statis dan Pembasannya. Terimakasih telah membaca arikel ini, jika bermanfaat penulis meminta untuk berikan komentar dan share artikel ini.

tag :
contoh soal fluida statis,contoh soal dan pembahasan fluida statis dan  soal sma

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel