Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Dengan Mudah ?. Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang telah menjadi kebutuhan di zaman sekarang. Laptop telah banyak digunakan baik dalam pekerjaan rumah, kantor dan para pelajar memanfaatkan laptop untuk menyelesaikan tugas. Tidak hanya itu saat ini laptop telah banyak digunakan sebagai media untuk berbisnis online. Dengan adanya laptop maka kita tidak perlu menyewa tempat untuk berbisnis. Dalam bidang industri laptop juga dapat digunakan sebagai pengontrol dan pengendali mesin.

Baca Juga : Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT
Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kita melakukan penginstalan aplikasi, data dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kinerja laptop. Ketika hardisk penuh maka laptop akan menjadi lambat atau lemot. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatas laptop yang lemot. Simak informasi berikut ini :

Berikut adalah 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah


  1. Memberikan Ruang Yang Cukup Atau Mengganti Hard Disk

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Ketika Hardisk Anda penuh maka akan menyebabkan proses aliran data akan menjadi lebih lambat. Hal ini akan menyebabkan kinerja laptop Anda menurun dan akan sering terjadi Not Responding. Untuk mengatasi masalah ini yang perlu dilakukan adalah memberikan ruang yang cukup pada Hardisk Anda. Tanda yang paling nampak adalah Hardisk akan berwarna merah. Hapus file yang menurut Anda tidak perlu atau jika semua data penting maka beli Hardisk Baru untuk meningkatkan kinerja laptop.

  1. Menambah atau MengUpgrade RAM

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

RAM (Random Access Memory) yaitu suatu alat berupa memori yang bertugas menyimpan data sementara (memori) dan berbagai instruksi saat komputer dijalankan. Secara umum Fungsi RAM adalah menyimpan data sementara dan membaca data, sehingga semakin besar RAM maka data akan cepat diproses dalam waktu yang singkat. Terlebih lagi untuk Anda yang suka menginstal aplikasi-aplikasi berukuran besar dan memerlukan akses memori yang besar. Menambah atau mengUpgrade RAM adalah solusi terbaik agar laptop Anda tidak lemot nantinya. Ingat, selalu perhatikan kapasitas RAM Anda ketika ingin menginstal aplikasi berat.

Baca Juga : 9 Cara Jitu Merawat Laptop dengan Baik Agar Tidak Cepat Rusak

  1. Selalu Memperhatikan Kebersihan Laptop

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Saat Anda menggunakan Laptop di meja, tanpa Anda sadari bahwa debu yang ada di meja akan naik ke atas dan masuk ke dalam komponen laptop. Maka Anda harus memperhatikan ini. Dalam jangka waktu yang singkat mungkin tidak akan terlihat, namun jika frekuensinya sering maka debu akan menumpuk. Hal ini akan menyebabkan komponen laptop cepat panas dan kurang bekerja optimal. 

Langkah yang perlu Anda ambil adalah selalu bersihkan meja sebelum menggunakan laptop di atas meja. Dan lakukan pembersihkan komponen laptop seperti Motherboard, kipas, hingga melakukan penggantian Thermal Paste minimal setahun sekali.

  1. Lakukan Riset atau Penginstalan Ulang Windows

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Salah satu penyebab laptop lemot adalah terjadinya error pada sistem Windows. Ini disebabkan oleh penginstalan Aplikasi yang salah dan kurang optimal. Hal yang pernah saya alami adalah ketika laptop saya tidak dapat dijalakan karena lemot dan selalu Not-Responding. Langkah yang saya ambil adalah melakukan penginstalan ulang Windows. Ini adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa Back Up data C jika terdapat file penting sebelum melakukan proses instal ulang, karena semua file pada data C akan hilang. Anda juga dapat mencoba memilih cara Riset Windows sebelum melakukan instal ulang.

  1. Gunakan Sistem Operasi Yang Ringan

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Ada beberapa pilihan sistem operasi yang dapat Anda pilih selain Windows. Sistem operasi yang lebih ringan dari Windows adalah Linux. Linux adalah sistem operasi yang cukup ringan dijalankan di laptop Anda dan kabar baiknya Linux adalah Sistem operasi Open Source. Linux banyak digunakan oleh para Programer karena sipatnya yang open source dan dapat dikembangkan oleh pengguna.

  1. Lakukan Full Scan Dengan Antivirus Secara Rutin

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Virus merupakan salah satu musuh utama bagi laptop. Selain kegiatannya mencuri data dan informasi yang berada di dalam laptop. Adanya virus juga dapat menyebabkan laptop Anda lemot. Sehingga melakukan Full Scan Virus secara Rutin adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus virus sehingga laptop Anda bekerja kembali secara optimal. Full Scan Virus membutuhkan waktu yang terbilang lama, maka sediakan waktu paling tidak sebulan sekali untuk melakukan Full Scan Virus.

  1. Uninstall Software Atau Aplikasi Yang Tidak Penting

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Hal yang sering dilakukan oleh para pengguna laptop adalah banyak melakukan penginstalan aplikasi-aplikasi baru. Namun, belum tentu aplikasi tersebut dipakai semua secara terus menerus. Maksudnya adalah aplikasi yang di instal pada saat diperlukan saja dan saat itu saja diperlukan. Maka langkah tepat yang dapat Anda lakukan adalah menguninstal aplikasi tersebut guna memberikan ruang yang cukup pada Hardisk.

  1. Jangan Update Software Jika Tidak Diperlukan

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Ada beberapa jenis aplikasi yang meminta konfirmasi Update secara otomatis. Jika Anda tidak memerlukan versi terbaru maka jangan Update. Ketika Anda melakukan Update maka diperlukan ruang pada Hardisk untuk menginstal aplikasi tersebut. Tentu saja ini akan mengurangi ruang Hardisk sehingga berpengaruh pada kinerja laptop  dan dapat mengakibatkan laptop Anda menjadi lemot.

  1. Hapus dan Bersihkan Recycle Bin

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba

Hal yang tidak bisa Anda sepelekan adalah menghapus Recycle Bin. Recycle Bin merupakan tempat penyimpanan sementara file yang telah di hapus. Recycle Bin memiliki batas atau kapasitas tertentu. Recycle Bin juga menggunakan ruang Hardisk sebagai media penyimpanan. Hapus Recycle Bin jika memang data telah tidak lagi terpakai. Atau klik Shif+delet ketika Anda menghapus data untuk menghapusnya secara permanen.

Baca Juga : Cara Tethering Hp Ke Laptop Menggunakan Media USB

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki cara atau tips lain untuk mengatasi laptop yang lemot. Jika Anda berkenan silakan bagi informasi itu kepada kami agar kita kaya akan pengetahuan. Terima kasih telah berkunjung dan share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah dan Dapat Anda Coba"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel