5 Posisi Nyaman Untuk Ibu dan Bayi Saat Menyusui

5 Posisi Nyaman Untuk Ibu dan Bayi Saat Menyusui. Bagi seorang ibu, penting untuk mengetahui posisi apa saja yang nyaman saat menyusui. Menyusui bukanlah hal yang mudah, terutama bagi seorang ibu baru dalam menghadapi bayi yang menangis saat sedang menyusui. Sehingga tidak jarang banyak ibu baru yang bingung untuk mencari posisi yang nyaman saat menyusui agar sang buah hati tidak menangis lagi. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan merangkum beberapa informasi mengenai posisi yang nyaman saat menyusui sang buah hati.

Mencari tau cara dan posisi menyusui yang benar adalah penting. Karena posisi yang benar akan sangat bermanfaat dan mampu melancarkan keluarnya ASI. Bukan saja itu, bosisi yang benar membuat bayi menjadi nyaman dan merasa aman saat sedang dikasi ASI. Berikut ini adalah 5 posisi yang bagus untuk menyusui.


5 Posisi Nyaman Untuk Ibu dan Bayi Saat Menyusui

Mungkin Ibu yang baru pertama kali memiliki anak bingung dengan cara menyusui bayi yang benar dan apakah posisi menyusui yang digunakan sudah nyaman untuknya dan bayi. Berikut ini beberapa posisi menyusui bayi yang benar dan nyaman untuk ibu dan bayi.

5 Posisi Nyaman Untuk Ibu dan Bayi Saat Menyusui


1. Posisi cradle hold

Posisi cradle hold merupakan salah satu posisi yang sangat mudah dan sering dilakukan oleh para ibu. Posisi menyusui ini dilakukan dengan cara memegang sang bayi dengan memposisikan perutnya menempel bersama badan ibu. Kemudian menopang badan bayi dengan tangan di posisi yang sama dengan payudara tempat bayi menyusu. 

Jika anda menyusui banyi pada payudara kanan maka anda bisa menggunakan kanan untuk menopang sang bayi. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan banta untuk memudahkan anda saat menyusui serta memberikan rasa yang nyaman saat menyusui. Posisi cradle hold hanya ideal saat sang buah hati masih kecil, namun setelah bertumbuh besar maka tangan anda akan susah menopang bayi dengan posisi ini.


2. Posisi cross-cradle hold

Posisi cross-cradle hold dan cradel hold meruapakan cara menyusui sang bayi yang hapir sama. Namun, yang membedakan hanyalah pada posisi tangan yang menopang tubuh sang bayi. Jika posisi tangan cradle hold saat menyusui dipayudara kanan adalah tangan kanan.

Posisi cross-cradle hold menggunakan tangan yang berlawanan. Dimana saat anda menyusui di payudara kanan maka lengan kiri yang bertugas menopang punggung sang bayi serta menggunakan telapak tangan untuk menopang bagian kepada dan leher sang bayi.


3. Tidur dengan posisi miring

Salah satu posisi menyusui yang nyaman adalah "tidur dengan posisi miring". Posisi ini sangat cocok sekali bagi anda yang sedang kelelahan namun tugas menyusui sang buah kecil tetap harus dilaksanakan. Dengan posisi ini maka anda bisa sambil beristirahat sejenak dan menepas lelah. Posisi ini juga sangat bagus bagi sangat ibu yang sedang dalam masa pemulihan pasca operasi.

Cara menyusui dengan posisi ini terbilang sangat mudah. Dimana anda hanya perlu tidur dengan posisi miring kemudian letakan bayi hingga posisi meyusui dan jangan lupa anda menggunakan tangan anda untuk memastikan bahwa posisi bayi telah nyaman saat menyusui atau anda bisa menggunakan bantal untuk menahan posisi bayi agar tetap berada pada posisi yang benar.


4. Laid Back Posisi berbaring

Proses menyusui pasca melahirkan terkadang membuat rasa yang kurang nyaman. Mengutip dari Medical News Today, posisi yang dapat anda pilih saat masa pemulihat setelah proses melahirkan adalah menyusui dengan posisi berbaring atau Laid Back Posisi berbaring. Akan tetapi posisi ini mungkin sedikit tricky dikarenakan membutuhkan adaptasi dengan posisi tersebut. Namun, setelah terbiasa maka posisi ini mampu mengurangi rasa sakit setelah operasi.

Jangan lupa anda mencari posisi yang menurut anda paling nyaman. Anda juga harus memastikan bahwa punggung dan kepala anda telah mendapatkan penopang yang cukup kuat serta memberikan rasa nyaman. Saat menyusui dengan posisi ini, silahkan anda posisikan kepala bayi setinggi dada anda serta perut bayi bereda dibawah dada anda. Kemudian anda pastikan bahwa hidung sang bayi tidak tertutup serta leharnya juga tidak tertekuk. Anda bisa menggunakan posisi Laid Back Posisi berbaring untuk menyusui sambil menonton TV.


5. Foodball Hold 

Posisi football hold meruapakan salah satu posisi yang tepat untuk anda gunakan jika memiliki bayi kembar. Karena posisi menyusui ini membuat anda bisa menyusui keduanya dalam satu waktu yang bersamaan. Selain itu, posisi ini juga sangat cocok bagi anda yang melahirkan dengan proses caesar. Anda bisa menyusui dengan posisi duduk di kursi yang mempunyai sandaran lengan yang empuk. Selain itu anda juga bisa duduk dan menyusui dikasur dengan menambahakan bantal pada sisi anda. Kemudian, posisikan sang bayi tepat dibawah lengan anda dengan posisi kepala menghadap ke dada. Setelah itu, silahkan anda menopang kepada dan leher bayi dengan tangan anda.

Selain memilih posisi menyusui yang tepat, anda juga harus memastikan sang bayi menggunakan popok yang bersih dan lembut. Hal ini juga dapat membuat bayi merasa nyaman saat menyusui. Ibu dapat menggunakan popok Merries yang memiliki permukaan lembut dan lapisan bersirkulasi sehingga kulit bayi terasa nyaman setiap saat.

Itulah artikel tentang 5 Posisi Nyaman Untuk Ibu dan Bayi Saat Menyusui. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share informasi ini agar lebih banyak lagi ibu-ibu yang mengetahui posisi menyusui yang nyaman, terutama bagi ibu baru. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "5 Posisi Nyaman Untuk Ibu dan Bayi Saat Menyusui"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel