Cara Memberi Nama Bayi Laki-Laki Menurut Islam

Cara Memberi Nama Bayi Laki-Laki Menurut Islam. Menurut agama islam, nama merupakan sebuah doa yang diberikan oleh ayah atau orang tua kepada anak laki-laki dan perempuan mereka. Oleh karena itu, memberikan nama juga harus dipikirkan matang-matang dan tidak sembarangan. Misalkan anda ingin berharap (atau menanamkan doa) pada nama anak agar anak anda menjadi seorang yang berpengetahuan baik maka anda bisa menggunakan nama “Alim: yang artinya berilmu”. Maka dari itu penting bagi anda untuk merencanakan nama yang mengandung doa yang baik untuk anak.


Cara Memberi Nama Bayi Laki-Laki Menurut Islam

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memberikan nama yang baik untuk anak laki-laki menurut islam. Bagi anda yang belum tau cara memberikan nama kepada anak maka simak pembahasan singkat dibawah ini.

Cara Memberi Nama Bayi Laki-Laki Menurut Islam


1. Memberikan Nama Anak Laki-Laki dengan Arti yang Baik

Hal yang paling penting dalam memberikan nama pada anak adalah dengan menggunakan nama yang memiliki arti yang baik menurut islam dan disukai oleh Allah SWT. Karena, dalam agama islam, nama merupakan doa yang diberikan oleh seorang ayah kepada anaknya. Sehingga penting untuk memilih nama dengan arti yang baik dan mengandung doa.

Secara umum, nama bayi laki-laki yang diberikan oleh orang tua muslim kepada anaknya menggunakan bahasa arab yang bersumber dari Asmaul Husna (nama-nama Allal SWT yang paling mulia) atau menggunakan nama nabi-nabi, seperti Ahmad atau Muhammad. Contohnya: Muhammad Arshaq Alfarizi yang memiliki arti Laki-laki islam berparas tampan, menarik yang selalu semangat dalam bekerja dan hidupnya di berkati oleh Allah SWT.

Memberikan nama yang baik kepada anak, sesuai yang disampaikan oleh Nabi Muhammad dalam sebuah hadis:

“Sesungguhnya diantara kewajiban orangtua terhadap anaknya adalah mengajarinya menulis, memberikan nama yang baik, dan menikahkannya bila telah dewasa.” (HR. Ibnu Najar)


2. Berikan Nama yang Bisa Meninggikan Percaya Diri dan Derajat

Saat memberikan nama kepada anda maka berikan nama yang dapat meningkatkan percaya diri dan derajat anak. Jangan memberikan nama yang dengan nama tersebut membuat anak menjadi malu, mider atau ditertawakan dan diejek oleh teman-temannya. Berikan nama kepad anak yang bisa memuliakan dan meninggikan derajatnya. Maka dari itu, anda bisa menggunakan nama-nama yang disukai oleh Allah yang memiliki sifat penghambaan kepada Allah seperti Abdullah atau Abdurrahman atau dengan nama Rasul seperti Muhammad atau Ahmad misalnya Muhammad Hamid.

Atau menggunakan nama-nama nabi sebelum Nabi Muhammad seperti nama nabi Yusuf dan Ibrahim. Contohnya Muhammad Yusuf dan lain sebagainya. Ketika anda telah memberikan nama pada anak, maka panggilah anak tersebut dengan namanya secara utuh. Jangan suka memanggil nama anak dengan setengah-setangah, karena itu dapat mengurangi makna pada nama tersebut. Jangan juga suka memanggil nama dengan nama yang mengejek misalnya ketika seorang anak bertubuh gemuk dipanggil ndut. Ini tentu kurang bagus. Panggilah dengan nama yang baik yang telah anda berikan.

Itulah artikel tentang Cara Memberi Nama Bayi Laki-Laki Menurut Islam. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Bagi anda yang ingin mencari referensi mengenai Nama Bayi Laki-Laki Modern dan Artinya yang Bernuansa Islami silahkan klik link tersebut. Jangan lupa juga share artikel ini kepada teman-teman anda siapa tau mereka sedang kebingungan mencari nama untuk anaknya. Follow blog ini untuk terus mendapatkan informasi menarik lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Bagi anda yang ingin mencari informasi mengenai persiapan menyambut buah hati, ASI, menyusui hingga tips optimalkan tumbuh kembang bayi maka silahkan kunungi website asimor.co.id.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Memberi Nama Bayi Laki-Laki Menurut Islam"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel