Cara Menggunakan Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Cara Menggunakan Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel. Saat kita memiliki sebuah data di excel terkadang kita diminta untuk mengambil sebagian data atau karakternya saja. Entah itu mengambil karakter bagian kiri, kanan atau ditengah-tengah teks. Kasus ini biasa terjadi ketika kita ingin mengambil data ID atau nomor tertentu pada sebuah data.

Contohnya adalah ketika anda diminta untuk mengambil nomor pesanan dari sebuah data yang terdiri dari nama kode barang. Dengan fungsi LEFT, MID dan RIGHT maka anda bisa mengambil data yang mana saja.

Selain itu cara ini sangat otomatis dalam memisahkan data, misalnya anda memiliki data nama lengkap dan ingin memisahkan antara nama depan, belakang dan tengah seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Nah, jika anda penasaran dengan rumus fungsi left pada excel dan fungsi MID serta RIGHT simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Menggunakan Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil sejumlah karakter, kata atau teks dalam sebuah data, baik itu berupa data teks, kalimat, angka atau gabungan dari data teks dan angka. Dengan begitu maka kita bisa mengambil karakter tertentu atau teks tertentu dalam sebuah teks.

Penerapan fungsi LEFT, RIGHT dan MID telah saya gunakan untuk Memisahkan Nama Depan Tengah Dan Belakang Di Excel. Silahkan anda bisa membaca artikel tersebut sebagai contoh kasus. Namun, sebelum itu silahkan pahami terlebih dahulu ketiga fungsi tersebut melalui pembahasan dibawah ini.


1. Fungsi Left Pada Excel

Fungsi Left pada Excel adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengambil sebagian karakter, teks atau kata yang dimulai dari bagian kiri dalam sebuah data. Data ini dapat berupa teks, kalimat, angka atau gabungan antara teks dan angka.

Rumus Fungsi Left Pada excel:

=LEFT(text;[num_chars]) atau =LEFT(text,[num_chars])

Baca! Penting: Bedanya kedua rumus diatas adalah, yang satu menggunakan titik koma (;) dan yang satu menggunakan koma (,). Hal ini bergantung pada versi excel yang anda gunakan, saat ini saya menggunakan microsoft excel 2010 yang menggunakan titik koma sebagai delimeters.

  1. Misalkan kita memiliki data teks "Microsoft Excel 2010" pada salah satu cell (misal: di cell A1) pada Excel.
  2. Kemudian kita hanya ingin mengambil kata "Microsoft" pada "Microsoft Excel 2010" maka kita dapat menggunakan fungsi LEFT(A1;9).
  3. Kenapa 9, karena jumlah karakter M-i-c-r-o-s-o-f-t adalah 9, silahkan dihitung.
  4. Dengan rumus fungsi left tersebut maka kita bisa mengambil kata Microsoft pada Microsoft Excel 2010.


2. Fungsi Right Pada Excel

Fungsi Right adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengambil sebagian karakter, teks atau kata yang dimulai dari bagian kanan dalam sebuah data. Data ini dapat berupa teks, kalimat, angka atau gabungan antara teks dan angka.

Rumus Fungsi Right Pada excel:

=RIGHT(text;[num_chars]) atau =RIGHT(text,[num_chars])

Baca! Penting: kedua rumus diatas, sama saja namun bergantung pada versi excel anda, menggunakan titik koma atau koma saja sebagai delimeter.

  1. Misalkan kita memiliki data teks "Microsoft Excel 2010" pada salah satu cell (misal: di cell A1) pada Excel.
  2. Kemudian kita hanya ingin mengambil kata "Microsoft" pada "Microsoft Excel 2010" maka kita dapat menggunakan fungsi =RIGHT(A1;4).
  3. Kenapa 4, karena jumlah karakter 2010 adalah 5, silahkan dihitung.
  4. Dengan rumus fungsi left tersebut maka kita bisa mengambil angka 2010 pada Microsoft Excel 2010.


3. Fungsi Mid Pada Excel

Fungsi MID adalah sebuah fungsi di excel yang digunakan untuk mengambil sejumlah karakter, teks atau kalimat yang dimulai dari posisi karakter yang anda tentukan dalam sebuah data. Data yang dimaksud adalah bisa berupa data teks, kata, kalimat, angka atau gabungan antara teks dan angka. Oleh karena itu Fungsi MID lebih fleksibel, bisa mengambil kara bagian kiri seperti fungsi LEFT dan juga kana seperti fungsi RIGHT.

Rumus Fungsi MID Pada excel:

=MID(text;[star_num];[num_chars]) atau =MID(text,[star_num],[num_chars])

Baca! Penting: Bedanya kedua rumus diatas adalah menggunakan titik koma atau koma saja. Tergantung versi excel anda, saat ini saya menggunakan microsoft excel 2010, dan delimeter menggunakan titik koma. Silahkan anda coba, biasanya ketika anda mengetik fungsi =MID( maka akan terlihat fungsinya menggunakan titik koma atau koma.

  1. Misalkan kita memiliki data teks "Microsoft Excel 2010" di cell A1.
  2. Kita ingin mengambil kata "Excel" pada "Microsoft Excel 2010" Rumusnya adalah MID(A1;11;5).
  3. Angka 11 artinya kita mulai mengambil karakter dimulai dari karakter yang ke 11 dan jika anda hitung maka huruf E pada kata Excel dimulai dari karakter ke 11, spasi juga dihitung karakter.
  4. Angka 5 dikarenakan jumlah karakter Excel ada 5, silahkan dihitung.
  5. Dengan rumus fungsi MID maka kita dapat mengambil kata Excel pada Microsoft Excel 2010.

Fungsi MID selain dapat mengambil kata di tengah-tengah, fungsi MID juga dapat mengambil kata di awal (LEFT) atau akhir (RIGHT) dengan mengetahui posisi awalan kata yang ingin diambil.

Contohnya adalah seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel

Dengan rumus:

=MID(A1;1;9) menghasilkan hasil yang sama dengan rumus =LEFT(A1;9)

=MID(A1;17;4) menghasilkan hasil yang sama dengan rumus =RIGHT(A1;4)

Itulah artikel tentang Cara Menggunakan Fungsi LEFT, RIGHT, MID Pada Excel. Semoga apa yang saya bahas pada artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Mohon bantuannya untuk share artikel ini, agar saya lebih semangat membuat artikel bermanfaat lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel