5 Perintah Untuk Menambah Sheet di Excel Adalah

5 Perintah Untuk Menambah Sheet di Excel Adalah...?. Mungkin anda bertanya tanya bagaimana atau apa tombol perintah yang digunakan untuk menambahkan atau membuat lembar kerja (worksheet atau sheet) baru di excel. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda informasi mengenai 5 cara yang dapat digunakan untuk menambahkan sheet baru.

Ada banyak tujuan mengapa kita harus menambahkan sheet baru, diantaranya adalah kita ingin mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu agar tidak bercampur dan membingungkan.

Memisahkan database dan lembar kerja pengolahan data, menyimpan hasil olah data yang sudah finis dan juga membuat rangkuman atas seluruh data tersebut. Anda juga tentu memiliki salah satu dari alasan tersebut atau memiliki alasan tersendiri.

Selain menambahkan sheet baru anda juga harus mengetahui bagaimana Cara Mengubah Nama Sheet Di Excel (Lembar Kerja Atau Worksheet) dengan nama kategori data atau nama yang anda inginkan. Sehingga setelah anda menambahkan data anda dapat mengganti nama sheet tersebut dengan nama tertentu.


5 Perintah Untuk Menambah Sheet di Excel Adalah

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menambah atau membuat lembar kerja baru (worksheet atau sheet) di excel. Perintah untuk menambah sheet adalah dengan menekan menu insert sheet di excel. Ada 5 menu insert sheet yang dapat digunakan untuk menambahkan atau membuat sheet baru yang akan saya jelaskan secara lengkap dibawah ini.


1. Menekan Menu Insert Worksheet

Cara yang paling mudah saat ingin menambahkan lembar kerja baru atau worksheet atau sheet adalah dengan menekan menu insert worksheet atau sheet. Menu ini berada pada bagian kiri paling bawah saat anda membuka lembar kerja excel.

Baca Juga: Cara Mencari Data Yang Sama Di Excel Beda Sheet

Secara default dibagian kiri paling bawah akan ada tiga lembar kerja dengan nama Sheet1, Sheet2, dan Sheet3.  Setelah Sheet3 ada sebuah icon mirip icon folder. Itu adalah menu untuk menambahkan sheet baru di excel. Silahkan tekan icon tersebut maka secara otomatis excel akan membuat lebar kerja baru dengan nama Sheet4. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Menekan Menu Insert Worksheet


2. Menekan Kombinasi Tombol di Keyboard

Selain Menekan Menu Insert Worksheet, kita juga dapat menambah sheet baru di excel dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard. Tombol yang digunakan untuk menambah sheet bari di excel adalah tombol SHIFT + F11. Tekan kedua tombol tersebut di keyboard secara bersamaan atau menekan terlebih dahulu tombol Shift lalu tahan dan dilanjutkan dengan menekan F11.

Sebenarnya perintah ini adalah perintah lain untuk Insert Worksheet melalui keyboard. Anda bisa melihat perintah tersebut pada gambar diatas. Saat kita mengarahkan kursor ke arah Icon Insert Worksheet dan dibiarkan maka akan muncul informasi Insert Worksheet (SHIFT + F11).


3. Klik Kanan Insert

Cara ketiga untuk menambahkan lembar kerja baru atau sheet baru di excel adalah dengan menekan tombol klik kanan salah satu nama sheet kemudian pilih INSERT.

  1. Klik kanan pada salah satu sheet, misalnya Sheet1 atau sheet apa saja.
  2. Kemudian klik INSERT.
  3. Setelah muncul menu INSERT >> Pilih General >> Pilih Worksheet.
  4. Klik OK.

4 Perintah Untuk Menambah Sheet di Excel


4. Menggunakan Menu Insert Sheet di Menu Home

Pada menu HOME aplikasi excel terdapat beberapa menu yang digunakan untuk mengatur teks baik itu font, size dan lainnya, style cell, editing dan menu Insert. Didalam menu INSERT terdapat beberapa menu yang sangat penting untuk anda ketahui, yaitu seperti menu insert cell, row, column dan juga insert sheet. Nah, kali ini saya fokus membahan cara menambahkan lembar kerja baru atau worksheet di excel menggunakan menu insert sheet tersebut. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah menambahkan lembar kerja baru (worksheet atau sheet) di excel berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan pastikan anda berada di Menu Home. Jika belum klik menu Home.
  2. Selanjutnya pada group menu CELLS terdapat beberapa sub menu seperti sub menu INSERT.
  3. Klik menu INSERT >> Klik Insert Sheet. Maka secara otomatis akan muncul sheet baru.

Menggunakan Menu Insert Sheet di Menu Home

Perhatikan gambar diatas, terlihat bahwa setelah menekan tombol Insert Sheet maka akan muncul sheet baru dalam tutorial ini nama sheet yang muncul adalah Sheet4 seperti yang ditunjuk pada gambar di atas.


5. Menjalankan Menu Insert Sheet Menggunakan Keyboard

Menambahkan lembar kerja baru (Worksheet atau Sheet) di excel juga dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol ALT >> H >> I >> S. Cara menggunakan kombinasi tombol ini tidak dapat dilakukan secara sekaligus atau bersamaan. 

Akan tetapi dilakukan dengan menekan tombol ALT sekali terlebih dahulu lalu lepas >> dilanjutkan dengan menekan tombol H sekali lalu lepas >> Begitu juga, sekali tombol I lalu lepas dan terakhir S di excel maka secara otomatis worksheet atau lembar kerja baru di excel akan bertambah.

Itulah artikel tentang 5 Perintah Untuk Menambah Sheet di Excel Adalah. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang tau bagaimana cara menambah atau membuat halaman kerja (worksheet atau sheet) baru di Microsoft Excel dengan mudah. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Baca juga artikel lainnya tentang tutorial Microsoft Excel lainnya dengan klik link tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang