Cara Mengganti Nama File Excel di HP, Laptop dan Komputer

Cara Mengganti Nama File Excel di HP, Laptop dan Komputer. Setelah kita menyimpan file Excel dengan nama file tertentu, terkadang kita ingin mengubah nama file Excel tersebut dengan beberapa alasan. Misalnya kita salah ketik, diminta mengubah nama file Excel seusai dengan format penamaan file yang telah ditentukan dan lain sebagainya. Mengubah nama file Excel sebetulnya sangat mudah dan simpel. Jika menggunakan komputer atau laptop maupun hp maka kita bisa menggunakan fitur Rename File ataupun Ganti Nama.

Namun, bagi anda yang baru belajar menggunakan Excel tentu saja, akan mengalami kesulitan karena belum tau caranya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi kepada anda tentang bagaimana mengganti atau mengubah nama file Excel.l dengan sangat mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Nah, bagi anda yang ingin belajar secara lengkap tentang Excel maka anda bisa klik menu Microsoft Excel yang telah saya sediakan. Karena di blog ini saya secara lengkap membahas tentang Microsoft Excel.

Kembali ke topik pembahasan kita, disini saya akan menjelaskan bagaimana mengubah nama file Excel baik menggunakan HP, Laptop ataupun Komputer. Sehingga anda bisa menggunakan perangkat apa saja untuk mengubah nama file Excel. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Mengganti Nama File Excel di HP, Laptop dan Komputer

Pada setiap HP, laptop atau komputer sejatinya telah menyediakan Menu Rename atau Ganti Nama File. Dengan memanfaatkan menu tersebut maka kita bisa mengubah nama file apa saja dengan sangat mudah. Baik itu file word, Excel, powerpoint dan file lainnya yang anda inginkan. Untuk contoh kasus kali ini saya akan mencontohkan cara mengganti nama atau Rename File khusus untuk file Excel. Jika anda ingin mengubah nama file Word dan Powerpoint maka anda bisa menggunakan cara dibawah ini juga. Nah, untuk tidak memperpanjang kata langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini.


1. Cara Rename File Excel di Laptop dan Komputer

Ketika anda ingin mengganti nama file Excel, baik di komputer maupun laptop maka ada tiga cara yang dapat anda lakukan. Cara pertama dengan klik kanan pada file tersebut lalu pilih Rename atau Ganti Nama dan cara kedua adalah dengan double klik namun diberi jeda antara klik-nya. Cara ketiga adalah dengan membuat file Excel tersebut terlebih dahulu menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Lalu silahkan save as file dengan nama baru. Untuk mempermudah anda maka saya akan membuatkan langkah-langkahnya dibawah ini secara lengkap.

Berikut adalah cara pertama dalam mengganti nama file di Excel.

  1. Langkah pertama silahkan cari file Excel yang ingin anda ganti namanya di Excel.
  2. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut.
  3. Maka akan muncul banyak pilihan. Pilih Rename atau Ganti Nama.
  4. Selanjutnya silahkan anda ganti nama file Excel dengan nama file yang anda inginkan.
  5. Jika pengaturan Show Extensions di laptop atau komputer anda aktif, biasanya ditandai dengan ada ekstensi pada setiap file.
  6. Misalnya pada file Excel maka pada akhir nama file ada tulisan .xlsx atau .xls, maka anda harus tetap menulis extensions . xlsx atau .xls pada akhir nama file.
  7. Jika pengaturan Show Extensions tidak aktif atau tidak terdapat Extensions file xlsx atau xls maka anda tidak perlu menambahkannya saat ganti nama file Excel.

Berikut ini adalah cara kedua untuk menggantikan nama file di Excel.

  1. Langkah pertama silahkan cari file Excel yang ingin anda ganti namanya.
  2. klik terlebih dahulu File Excel tersebut.
  3. Setelah itu double klik pada file tersebut namun beri jeda beberapa detik. Karena jika double klik tanpa jeda yang ada file Excel tersebut akan terbuka.
  4. Setelah itu silahkan ganti nama file Excel dengan nama yang anda inginkan.
  5. Terlahir klik enter.

Berikut adalah cara ketiga untuk mengubah nama file Excel sesuai keinginan anda.

  1. Langkah pertama silahkan buka file Excel yang ingin anda ganti namanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
  2. Klik menu file dan pilih Save As.
  3. Silahkan simpan file dengan nama file Excel yang anda inginkan.
  4. Terakhir silahkan klik save atau ok.


2. Cara Mengubah Nama File Excel di HP

Selain mengganti nama file Excel melalui laptop atau komputer, kita juga dapat mengganti nama file Excel melalui HP. Cara mengganti nama file Excel di HP prinsipnya hampir sama dengan menggunakan laptop atau komputer, yaitu menggunakan fitur Rename atau Ganti Nama. Nah, untuk langkah-langkahnya silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan klik tahan pada file Excel yang ingin anda ganti namanya di HP hingga muncul beberapa pilihan menu.
  2. Silahkan cari menu ganti nama atau Rename. Jika tidak ada silahkan klik lainnya atau icon titik tiga yang muncul.
  3. Bisanya menu Rename atau Ganti Nama ada di dalam menu lainnya.
  4. Silahkan ganti nama file Excel sesuai keinginan anda. Pastikan extension file .xlsx atau .xls tetap ada. Jika anda hapus Extensions file tersebut maka HP akan convert secara otomatis ke tanpa extension.
  5. Jika sudah silahkan klik Ok.

Cara Mengganti Nama File Excel di HP, Laptop dan Komputer

Itulah artikel tentang Cara Mengganti Nama File Excel di HP, Laptop dan Komputer. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara mengubah nama file di Excel dengan sangat mudah. Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel