Cara Membuat Barcode Dengan Excel Untuk Kode Barang

Cara Membuat Barcode Dengan Excel Untuk Kode Barang. Barcode adalah salah satu bentuk kode barang yang banyak digunakan pada sistem digital. Barcode pada mulanya digunakan untuk mempercepat proses pengecekan barang di minimarket atau swalayan. Alat yang digunakan untuk mengecek kode barcode tersebut adalah barcode scanner. Dengan menggunakan barcode scanner maka karyawan kasih hanya perlu mengarahkan kode barcode tersebut ke arah scanner sehingga scanner akan secara otomatis membaca kode barang tersebut dan mengeluarkan informasi seputar barang seperti nama dan harga barang. Setelah itu komputer akan secara otomatis mengkalkulasi semua barang yang telah discan.

Barcode adalah sekumpulan data optik yang dibaca oleh mesin. Barcode dibuat berdasarkan angka atau kode tertentu yang kemudian diubah menjadi kode-kode. Ada banyak cara untuk membuat barcode, seperti membuat barcode secara online maupun offline. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat barcode secara offline menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara membuatnya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Membuat Barcode Dengan Excel Untuk Kode Barang

Cara membuat barcode di Excel secara otomatis dan mudah adalah dengan mengubah kode barang menjadi barcode menggunakan rumus Excel. Selain itu kita akan menggunakan font tertentu yang didesain khusus untuk mengubah angka menjadi barcode. Namun, kiat tidak semerta-merta mengubah font dari kode barang maka barcode langsung jadi. Akan tetapi kita harus menambah kode tertentu ke dalam kode barang tersebut agar font Libre Barcode 39 dapat diubah oleh Excel menjadi kode barcode. Nah, jika anda ingin mengetahui bagaimana caranya maka simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel atau file Excel yang berisi data kode barang yang ingin anda buat menjadi barcode.
  2. Misalnya anda memiliki data kode barang di Cell A2 yaitu 1739306925.
  3. Selanjutnya kita bisa membuat barcode dari kode barang tersebut menggunakan rumus dibawah ini. Misalnya kita ingin membuat kode barcode di Cell B2.
  4. Tuliskan rumus berikut di Cell B2.
  5. ="*"&A2&"*"
  6. Dimana A2 adalah kode barang  1739306925 yang telah kita buat pada langkah 2.
  7. Setelah menuliskan rumus ="*"&A2&"*". Selanjutnya silahkan klik Cell B2 yang berisi rumus tersebut.
  8. Selanjutnya silahkan ubah Font Teks menjadi Libre Barcode 39. Kemudian Enter. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.
  9. Selanjutnya silahkan klik Cell B2 yang telah berisikan barcode. Lalu tarik ujung bawah kanan pada Cell tersebut hingga data kode barang terakhir. Agar rumus tersebut ter-copy pada Cell dibawahnya.
  10. Maka hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat Barcode Dengan Excel Untuk Kode Barang

Itulah artikel tentang Cara Membuat Barcode Dengan Excel Untuk Kode Barang. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel