Cara Membuat Pilihan Di Excel Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Pilihan Di Excel Dengan Mudah dan Cepat. Saat anda ingin membuat dan mengolah data di Excel. Terkadang kita ingin membuatnya menjadi lebih simpel dan mudah digunakan oleh semua orang. Salah satu tips yang penting untuk diketahui di Excel adalah membuat menu pilihan untuk beberapa list data yang diperlukan.

Dengan Menu Dropdown List atau menu choose ini maka kita bisa melakukan filter data dengan sangat cepat. Misalnya kita ingin menampilkan data orang yang berjenis kelamin laki-laki, maka kita bisa membuat List Data Kaki-kaki dan Perempuan. Dimana ketika kita memilih List data laki-laki maka yang muncul adalah semua orang yang berjenis kelamin laki-laki. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara membuat menu pilihan Dropdown List atau menu choose di Excel maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini. 


Cara Membuat Pilihan Di Excel Dengan Mudah dan Cepat

Menu pilihan atau menu Dropdown List di Excel adalah salah satu menu yang penting untuk kita ketahui bagaimana cara membuatnya. Karena menu ini akan mempermudah orang lain dalam menginput data berdasarkan pilihan Dropdown List yang dipilih atau memfilter data tertentu untuk keperluan tertentu. Selain itu menu Dropdown List juga umum dikombinasi dengan Fungsi VLOOKUP untuk menampilkan daftar barang dengan kode List yang dipilih.

Masih banyak lagi fungsi menu Dropdown List yang bisa kita manfaatkan. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mempelajari bagaimana cara membuat menu Dropdown List di Excel dengan mudah dan cepat. Untuk cara membuatnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel di laptop Anda.
  2. Selanjutnya klik salah satu Cell tempat anda ingin membuat menu Dropdown List atau menu pilihan.
  3. Selanjutnya silahkan klik Menu Data. Kemudian pilih Data Validation.
  4. Selanjutnya pada menu setting silahkan ubah bagian Allow menjadi List.
  5. Selanjutnya Pada bagian List, silahkan tuliskan List Data Pilihan yang ingin anda berikan.
  6. Misalnya anda ingin memberikan list pilih Laki-laki dan Perempuan maka silahkan ketik di bagian Source: Laki-laki;Perempuan
  7. Silahkan beri tanda centang pada bagian Ignore Blank dan In-Cell Dropdown.
  8. Untu bagian Input Massage dan Error silahkan di isi jika diperlukan.
  9. Langkah terakhir silahkan klik Ok.
  10. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Membuat Pilihan Di Excel Dengan Mudah dan Cepat

Itulah artikel tentang Cara Membuat Pilihan Di Excel Dengan Mudah dan Cepat. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel