Cara Mengetahui Angka Genap Dan Ganjil Di Excel

Cara Mengetahui Angka Genap Dan Ganjil Di Excel. Saat kita mengolah data di Excel, terkadang kita diminta atau perlu memisahkan antara data yang bernilai genap dan ganjil. Namun, pertanyaan bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah angka merupakan angka genap atau ganjil. Pada dasarnya Excel telah menyediakan sebuah fungsi yang dapat kita gunakan untuk mengetahui bilang genap dan ganjil di Excel. Fungsi tersebut adalah fungsi MOD.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang apa itu fungsi MOD dan bagaimana cara menggunakan fungsi MOD dalam menentukan nilai genap dan ganjil. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Mengetahui Angka Genap Dan Ganjil Di Excel

Untuk mengetahui atau menentukan apakah angka atau nilai di Excel merupakan bilangan genap atau ganjil maka kita bisa menggunakan fungsi MOD. MOD atau Modulus adalah sebuah fungsi matematika yang ada di Excel untuk menentukan sisa bagi suatu bilangan terhadap bilangan yang lainnya.

MOD atau Modulus biasanya disimbolkan dengan simbol persen (contoh a%n) atau umumnya dituliskan dengan notasi "a mod n". Kedua notasi tersebut memiliki arti bilang a jika dibagi dengan bilang n maka sisa pembagiannya adalah.

Contoh 7%2 = (3 x 2) + 1. Nah, nilai tambah 1 itu adalah sisa pembagiannya. Artinya ketika angka 7 di modulasi dengan angka 2 maka hasilnya adalah 1.

Excel menyediakan fungsi khusus yang akan mempermudah kita dalam menentukan hasil Modulus dari sebuah bilangan. Fungsi tersebut adalah MOD. Cara menggunakan fungsi MOD di Excel juga sangat mudah dan simpel. Dimana misalnya kita ingin mengetahui berapa sisa pembagian angka 23 jika di modulasi dengan angka 5, maka rumusnya adalah =MOD(23;5) atau =MOD(25,3) karena pada versi Excel lainnya ada yang menggunakan titik koma ada juga yang hanya menggunakan koma saja.

Kita juga bisa menuliskan rumus Modulus di Excel dengan nama Cell. Misalkan angka 23 ada di Cell A2 maka kita bisa menuliskan rumus MOD sebagai berikut =MOD(A2;5).

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menentukan nilai genap dan ganjil di Excel menggunakan bantuan Fungsi MOD dan juga IF. Dimana kita akan menggunakan fungsi MOD dan di modulasi dengan angka 2 maka ketika bilang habis dibagi 2 atau hasilnya 0 angka tersebut merupakan angka genap. Sedangkan jika hasil MOD adalah 1 maka angka tersebut merupakan angka ganjil.

  1. Langkah pertama silahkan tuliskan data yang ingin anda tahu apakah merupakan data ganjil atau genap. Misalnya saya menulis data angka 27 di Cell A2.
  2. Langkah selanjutnya adalah tuliskan rumus =MOD(A2;2) di Cell B2 maka hasilnya adalah 1.
  3. Selanjutnya jika kita ingin memunculkan tulisan genap ganjil di Excel maka kita bisa menggunakan fungsi IF. Modifikasi rumus pada Cell B2 menjadi rumus berikut ini.
  4. =IF(MOD(A2;2)=0;"Genap";"Ganjil")
  5. =IF(MOD(A2,2)=0,"Genap","Ganjil")
  6. Kedua rumus diatas sama saja yang membedakan adalah pada versi Excel ada yang menggunakan titik koma sebagai pemisah perintah dan versi lainnya hanya menggunakan koma saja. Jadi silahkan di sesuaikan.
Cara Mengetahui Angka Genap Dan Ganjil Di Excel

Itulah artikel tentang Cara Mengetahui Angka Genap Dan Ganjil Di Excel. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel