Cara Belajar Pemrograman Java

Baik teman teman kali ini kita akan belajar yang salah satu bahasa pemrograman yang populer dan sangat mudah untuk di pahami.

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana (https://id.wikipedia.org/wiki/Java).

belajar pemrograman java untuk pemula

Cara Belajar Pemrograman Java


Baik Langsung saja kita mulai belajarnya.

Sebelum bejar java teman teman harus mempersiapkan beberapa perlengkapan. Berikut perlengkapan yang saya gunakan :

  1. Notepad++ ( Sebagi Editor Program yang mendukung semua jenis bahasa pemrograman). Untuk Notepad++ dapat di download di sini "https://notepad-plus-plus.org/".
  2. Leptop telah terinstal Java JDK SE dan telah setting Path. Untuk cara menginstal Java JDK SE telah saya jelaskan pada postingan sebelumya.
  3. MingW ( Sebagai Compiler) tapi teman teman dapat juga menggunakan CMD sebagai compiler.

Setelah itu semua berhasil temen teman instal maka waktunya kita belajar.

Kita mula dengan program yang sederhana yaitu  Menampilkan Kata Pada Layar ( Display).

berikut contohnya :
/*
Kepala Program java dan Statemen Sebagai Tubuh (Fungsi) atau printah yang akan di jalankan.
Ingat jika kita menuliskan public class Hello, Maka kita wajib menyimpan file dengan nama = Hello.java
*/

public class Hello{
      public static void main(String[] args){
      //Statement ( printah yang akan di jalankan program )
       }
}

  • Belajar Printah println pada java ( print = Mencetak dan ln = line/garis baru) : Artinya mencetak terlebih dahulu kemudian garis baru.
public class Hello{
       public static void main(String[] args){
       //Perintah berikut adalah menampilkan Kalimat Hello Teman - Teman di Layar
       System.out.println("Hello Teman - Teman");
       }
}
  •  Membuat Kalkulator Sederhana ( menghitung nilai gaya F denga Hukum Newton F=m*a)
import java.util.Scanner;
public class Newton{
    public static void main(String [] args){
    Scanner input = new Scanner(System.in);
   
    int F, m, a;
   
    System.out.printf("Masukkan Nilai a : "); // mencetak kalimat
    a = input.nextInt(); // memberikan input nilai pada alamat a
   
    System.out.printf("Masukkan Nilai m : ");
    m = input.nextInt(); // memberikan input nilai pada alamat b
   
    F = m * a; // algoritma / persamaan hukum 2 Newton.
   
    System.out.printf("Jadi, nilai dari F = %d * %d = %d",m,a,F);   
    }
}

  • Cara Mengcompile Program java dengan MingW atau CMD
Pertama-tama temen teman harus bereda pada file direktory yang sama denga file java yang teman teman save. Milsalkan Teman Menyimpanya di E:/BahasaC/java

Maka pada MingW atau CMD tuliskan printah :
1. MingW
    cd E:/BahasaC/Java
    javac Newton.java
    java Newton
2. CMD
    E:
    cd BahasaC/java
    javac Newton.java
    java Newton

Cara Belajar Pemrograman Java


Contoh Program Gerak Parabola Dengan Menggunakan Metode Verlet Kecepatan :

/*
    Nama : Mozaik Al Qharomi
    Nim  : G1B014027
    Program : Parabola.java
*/

/*Program Parabola
  Persamaan yang digunakan
  Vx0 = V0*Math.cos(thetha*Math.PI/180);
  Vy0 = V0*Math.sin(thetha*Math.PI/180);
 
  Xnp1 = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2);
  Vxnp1 = Vxn + (0.5*(axn+axnp1)*dt);

  Variable yang di perlukan
  Xn, Yn, axn, ayn, V0, Vxn, Vyn, thetha, dt;
 
*/
public class Parabola{
    public static void main(String[] args){
        StdDraw.setXscale(0.0, 10.0);
        StdDraw.setYscale(0.0, 10.0);
       
        double Xn, Yn, axn, ayn, Vxn, Vyn;
        double thetha = 60;
        double V0 = 9.0; // m/s
        double dt = 0.01;
        double dt2 = dt*dt;
        long i;
       
        // Posisi awal benda di x,y = 0,0
        Xn = 0.0;
        Yn = 0.0;
       
        // Kecepatan awal benda
        Vxn = V0*Math.cos(thetha*Math.PI/180); // arah sumbu x
        Vyn = V0*Math.sin(thetha*Math.PI/180); // arah sumbu y
       
        // Percepatan Benda dalam arah sumbu x dan sumbu y
        axn = 0.0;
        ayn = -9.8;
       
        for(i=1; i<160; i++){
            // Metode Verlet Kecepatan
            Xn = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2); // Xnp1 = Xn + Vxn*dt + (0.5*axn*dt2);
            Vxn = Vxn + (0.5*(axn+axn)*dt); // Vnp1 = Vxn + (0.5*(axn+axn)*dt);
           
            Yn = Yn + Vyn*dt + (0.5*ayn*dt2); // Ynp1 = Yn + Vyn*dt + (0.5*ayn*dt2);
            Vyn = Vyn + (0.5*(ayn+ayn)*dt); // Vynp1 = Vyn + (0.5*(ayn+ayn)*dt);
       
            //Output program
            System.out.println("Xn = " + Xn + " Yn = " + Yn); // menampilkan nilai posisi benda X,Y
            //StdDraw.clear(); // menghapus Object Lama
            StdDraw.line(0,10,0,0); // menggambar garis
            StdDraw.line(10,0,0,0);
            StdDraw.filledCircle(Xn, Yn, .3);
            StdDraw.show(5); // delay
        }
    }
}


Output Program :
Cara Belajar Pemrograman Java


Itulah Sekilas tentang "Cara Belajar Pemrograman Java" Maaf jika ada kekuranga dari penjelasan saya itu karena saya hanyalah manusai biasa yang ingin terus berbagi kepada teman teman. Jika ada kesalahan mohon di beri komentar yang membangun agar artikel ini bisa menjadi lebih baik lagi.

Jika ada pertanyaan silahkan langsung di tuliskan di kolom komentas, terimakasih atas perhatiaannya Wasaalamualaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel