7 cara mudah belajar fisika

Cara efektif belajar fisika – Baik kali ini saya ingin beritahu kepada teman temana kalau belajar fisika itu menyenangkan dan mengasikkan. Dalam mempelajari ilmu fisika kita akan menemukan banyak hal unik dan tentunya sangat menarik.

7 Cara Mudah Belajar Fisika

Fisika penuh dengan fenomena-fenomena alamiah yang berkaitan memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Banya fenomena alamiah yang berkaitan dengan energi dan zat menjadi daya tarik tersendiri ketika kita belajar fisika.

Sebagai contoh pelangai. Pelangi yang sangat indah dapat dijelaskan dengan rinci berdasarkan konsep dasar dan dapat diterima oleh logika. Pada zaman daulu peristiwa alam ini seringkali dikaitkan dengan sebuh tahyul dan dengan ilmu fisika dapat menjelaskannya dengan konsep pembiasan cahaya matahari oleh parikel air yang ada di udara. Begitu juga dengan peristiwa lainya seperti kejala terjadinya petir, gaung dan gemma pada peristiwa yang pemantulan.

Kemudian penjelasan mengenai benda yang bergerak dan gaya grafitasi bumi dapat dijelakan dengan Hukum Grafitasi Newton. Jadi betapa uniknya fisika untuk dipelajari sehingga kita dapat menjelaskan semua hal sersebut secara logis bukan tahayul dan masih banyak lagi fenomena alam yang unik dan menarik yang berkaitan dan dapat dijelaskan dengan pelajaran fisika. Jadi tunggu apa lagi, mari kita mulai belajar ilmu fisika.

Belajar ilmu fisika di sekolah, khususnya saat si SMP memiliki dampak yang positif bagi siswa tersebut. Teori dan Konsep dasar fisika yang sederhana dapat langsung diterapkan dalam lingkungan siswa itu sendiri. Belajar fisika juga dapat mempermudah para siswa untuk melakukan atau meyelesaikan suatu kegiatan atau perkerjaan.

Contohnya dalam materis pesawat sederhana : konsep dan prinsip kerja katrol dan tuas dan bidang miring konsep ini sangat berguna untuk mempermudah siswa dalam melakukan usaha atau perkerjaan.


Namun kebanyakan siswa selalu mengangkap pelajaran fisika adalah mata pelajaran yang sulit dan ditakuti. Tidak itu salah dan jangan kalian menakuti diri kalian sendiri, karena pengalaman saya dalam belajar fisiska sunggu sangan menyenangka. Pada dasarnya yang dipelajari di fisika SMA itu tidak jauh berbeda saat saya mengambil mata kuliah Fisika dasar 1 dan Fisika Dasar 2 Konsepnya tetap sama dan sederhana percaya dah.

Terus bagiamana tuh cara kita bisa belajar fisika agar mudah dipahami dan bukan menjadi pelajarang yang ditakuti lagi? Pada dasarnya sederhana. Berikut saya akan berikan cara efektif mempelajari materi fisika menurut pengalaman saya sebagai mahasiswa fisika.

Terus bagiamana tuh cara kita bisa belajar fisika agar mudah dipahami dan bukan menjadi pelajarang yang ditakuti lagi? Pada dasarnya sederhana. Berikut saya akan berikan cara efektif mempelajari materi fisika menurut pengalaman saya sebagai mahasiswa fisika.

Berikut adalah 7 cara belajar fisika agar mudah dipahami

1. Fisika Itu Mudah - Selalu Membangun Kata Tersebut Dalam Pikiran Kita

Pikiran adalah suatu hala yang dapat mempengaruhi sikap dan prilaku kita. Jika kita berfikir positif maka positif pula tindakan kita. Begitupula untuk belajar fisika, pemikiran-pemikiran yang mengatakan bahwa fisika itu sulih haruslah kita buang jauh-jauh. Kita harus membangaun pikiran positif tentang fisika itu mudah.

Berfikirlah fisika itu mudah karena fisika selalu hidup disekitar kita, karena fisika mengenai peristiwa ata fenomena yang terjadi disekitar kata dan karena itulah fisika sudah dekat dengan kehidupankita sehari-hari. Nah kalau kita sudah mengenalnya dalam kehidupan sehari-hari apalgi yang membuat kita berfikir fisika itu sulit.
Nah, karena fisika itu dekat dengan kehudupan atau lingkungan hidup kita,maka  siswa pasti bisa belajar fisika. Akan cepat mengerti dan paham dengan mata pelajaran fisika dan dapat pula mengerjakan soal-soal ujian fisika.

2. Pelajari Konsep Dasar dan Materi Fisika Dasar

Sebelum belajar berjalan kita harus belajar merangkak terlebih dahulu mungkin ungkapan itu dapat mewakili kita dalam mempelajari ilmu fisika.  Kita harus mempelajari dan menguasai materi dasar fisika yang paling mudah terlebih dahulu dan mengerjakan contoh soal fisika dengan tekun dan giat. Dengan mengerjakan soal 80% kita akan mengingatnya dan cepat memahaminya. Ingat pelajari bagian yang mudah terlebih dahulu.

Baca Juga : Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3 dan Konsep Dasarnya


3.Baca materi fisika yang akan dipelajari

Biasakan terlebih dulu membaca materi pelajaran yang akan dipelajari di sekolah. Ini menjadi modal bagi siswa untuk menerima penjelasan guru. Ketika kita bisa menguasai 25 %  dari materi fisika yang akan kita pelajari disekolah artinya kita sudah memiliki modal untuk meningkatkan pemahaman dan ilmu kita saat guru menerangkan pelajaran di sekolah.

4.Perhatikan dan catat dengan baik

Perhatikan dengan baik saat guru menerangkan pelajaran. Jika siswa sudah membaca materi yang sedang diterangkan oleh guru sebelumnya di rumah. Penjelasan guru akan mudah menyambung dengan pikiran siswa.

Jika masih ada yang kurang paham segera tanyakan pada guru. Kemudian segera catat materi yang dianggap penting. Bandingkan pemahaman dan penguasaan siswa. Apakah sudah meningkat setelah mengikuti penjelasan guru?

5. Mengerjakan soal latihan dan pahami

Kerjakan soal-soal yang paling mudah terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan soal yang lebih sulit. Baca berulang-ulang pernyataan-pernyataan setiap soal latihan. Kemudian pastikan apa yang ditanya oleh soal tersebut.  Biasanya, soal latihan itu ada kata kunci pertanyaan. Ketahui apa sesungguhnya yang ditanya dalam soal latihan. Ketika kita tidak mengetahui atau belum memahami pokok pertanyaan soal, maka akan sulit utuk kita mengerjakannya. Jadi ingat pahami pertanyaan soal.

6. Belajar kelompok di rumah

Belajar fisika bukan berarti menghafal materi pelajaran fisika. Melainkan memahami konsep dan hukum fisika yang dipelajari. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan pemahaman siswa lebih efektif dengan belajar kelompok di rumah. Dengan belajar berkelompok maka akan memungkinkan siswa untuk saling bertukar pendapat atau berdiskusi dan juga bisa saling sharing ilmu.

7.Benahi buku catatan fisika

Catatan pelajaran fisika harus lengkap dan rapi. Tujuannya agar siswa betah membuka dan membaca buku catatan pelajaran fisika. Coba bayangkan, apakah mungkin siswa betah belajar membaca buku catatan yang tidak lengkap dan semrawut. Tentu saja kita akan menjadi bermalas-malasan ketika kita membaca buku  fisika tersebut. Jadi perbaiki catatan.

itulah artikel kali ini yang membahasa tentang cara belajar fisika dengan mudah dan cepat. Sebagai catatan : Ingat - semakin sering dan betah kita mengerjakan soal latihan fisika maka semakin tajam kemampuan siswa. Itulah cara efektif belajar fisika mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel