Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3 dan Konsep Dasarnya

Hukum Newton 1, 2, 3 – kali ini saya akan berbagi kepada teman teman tenatng bunyi hukum newton, konsep dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Hukum newton merupakan hukum yang dapat menjelaskan bagaimana sebuah benda bergerak yang di oleh gaya (ingat resultan gaya). Entah itu gaya dorong, gaya tarik, gaya berat, gaya sentripetal dan masih bayak lagi. Hukum Newton ditemukan oleh seorang fisikawan dunia yaitu Sir Isaac Newton. Tokoh yang satu ini termaksud dalam 100 tokoh paling berpengaruh dalam sejarah dunia. Karena penemuannya ini sangatlah membantu dalam perkembangan ilmu fisika. Hukum Newton hanya dapat menjelaskan tentang benda yang berukuran besar dan kecepatan benda kecil (dibawah kecepatan cahaya). Newton merumuskan 3 Hukumnya tentang gerak yang sering dikenal dengan hukum 1, 2, 3 Newton.

Hukum Newton 1, 2, 3

Hukum Newton dan Bunyi Hukum Newton

Hukum newton yang pertama – pada awalnya newton berasumsi bahwa ketika tiadak ada gaya yang berkerja pada sebuah benda maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak. Kemuadian berikutnya newton kembali berpikir bagaimana kalau ada gaya ? Nah kemudi muncullah hukum newtoh yang kedua dan yang terakhir Hukum Newton yang ketiga berbicara tentang gaya aksi dan reaksi.

Baik langsung saja saya akan menjelaskannya satu persatu tentang Hukum Newton 1, 2, 3.

Berikut adalah 3 Hukum Newton

Hukum I Newton

Seperti yang telah saya jelaskan diatas konsep dasar  hukum ini adalah ketika tidak ada gaya. Jadi, ketika tidak ada gaya yang berkerja pada sebuah benda benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak yang dikenal dengan bunyi Hukum I Newton. Hukum I Newton sering dikenal dengan hukum kelembaman benda atau kemalasan benda untuk begerak. karena pada darasnya setiap benda memiliki nilai kelembaman. Kita sebagai manusia juga memiliki nilai kelembaman yang mengakibatkan kita malas, malas belajar, malas bergerak dan malas-malasan. Jadi supaya bisa bergerak maka diperlukan gaya yang besar atau usaha yang besar untuk mendorong kelembaman tersebut.


Contoh Hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
  1. Ketika kita mengendarai sepeda motor dan kita lakukan pengreman maka tubuh kita akan tersa terdorong kedepan. Hal ini terjadi karena kita masih dalam keadan bergerak dengan kecepatan motor, maka kita akan tetap bergerak akibatnya kita terpental kedepan.
  2. Kemudian ketika kita menarik gas dengan kecepatan tinggi tubuh kita seakan-akan terpental kebelakang, halini terjadi karena kita mempertahankan keadaan kita yang awalnya diam.

Hukum II Newton

Setelah mengemukakan hukum 1 newton. Kemudian Newton kembali berfikir bagaimana jika ada gaya yang diberikan kepada sebuah benda, apa yanga akan terjadi ? dan newton melakukan berbagai macam percobaan sehingga diperoleh hukum kedua.


Bunyi Hukum II Newton.
  1. Ketika massa benda tidak konstan - Besarnya gaya yang berkerja pada sebuah benda itu berbanding lurus dengan laju perubahan momentum.
  2. Ketika massa konstan - Besarnya percepatan yang dialami benda itu berbanding lurus dengan besarnya resultan gaya total yang diberikan kepada benda dan berbanding terbalik dengan massa benda.
Jadi karena setiap benda itu cenderung memiliki sifat kelembaman, maka besaranya gaya yang diperlukan agar benda itu bergerak dan memiliki perubahan kecepatan atau mengalami percepatan.

Contoh Hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari
  1. Ketika dua buah mobil didorong denga gaya yang sama dan massa kedua mobil berbeda, maka mobil yang memiliki massa yang lebih besar akan sulit di dorong dibandingkan dengan mobil yang massa lebih kecil
  2. Ketika sebuah meja didorong dengan gaya yang berbeda, maka meja tersebut akan mengalami percepatan yang lebih besar ketika gaya yang diberikan besar deibandingkan dengan didorong dengan massa yang lebih kecil. Maksudnya ketika sebuah meja didorong oleh anak kecil akan lebih lambat dibanding kan dengan didorong oleh orang dewasa.
  3. Kita memerlukan gaya yang besar untuk mengangkat benda dengan massa yang besar.

Contoh soal bisa dilihat disini


Hukum III Newton.

Yang terakhir adalah hukum ketida newton yang berupakan gaya aksi dan reaksi. mengapa ketika kita duduk di kursi kita tidak jatuh atau kursanya tidak pada, itu karena ketika kita duduk maka kita memberikan gaya berat tubuh kita kekursi dan kursi melawanya dengan gaya reaksi keatas sehingga kita tidak jatuh. Bunyi Hukum III Newton adalah besarnya gaya aksi itu sama dengan min gaya reaksi.


Contoh Hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari
  1. Ketika kita mendorong sebuah tembok, maka yang terjadi adalah tembok memberikan dorongan kepada kita dengan yang yang sama besar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel