Cara Jitu Melacak, Mengunci dan Melindungi Data Hp Android yang Hilang

Cara Jitu Melacak, Mengunci dan Melindungi Data Hp Android yang Hilang

Pernahkah Anda mengalami kejadian kehilangan HP Android Anda ? ini pastinya suatu pengalaman yang kurang menyenangkan. Terlebih lagi jika HP tersebut menyimpan barang berharga dan bersifat pribadi, seperti foto, video, dan file pribadi yang begitu penting. Atau pernahkah kalian lupa tempan simpan HP Android Anda ? Lupa tempan simpan HP itu sudah hal yang biasa terjadi, kekurangan kita sebagai manusia yang tak luput dari lupa salah satu penyebabnya. Terlepas dari Hilang atau Lupa, berikut adalah solusi sederhana yang dapat gammafisblog.blogspot.com berikan kepada Anda. Solusi ini akan memudahkan Anda menemukan dalam menemukannya. Solusi yang dapat Anda lakukan, yaitu menggunakan aplikasi pencarian ponsel Android atau menggunakan fitur Google Find My Device.

Find My Phone Service

1. Cara Menemukan Android Menggunakan Fitur “Find My Phone Service”

Find My Phone Service merupakan futur yang baru-baru ini dikembangkan oleh Google. Layanan ini dapat Anda gunakan untuk menemukan HP Android Anda dengan memanfaatkan Google Maps, GPS ponsel Anda dan koneksi internet untuk melacak keberadaan ponsel Anda. 

Untuk menemukan ponsel Anda menggunakan Find My Phone Service, maka kita harus mengaktifkan layanan GPS dari HP Anda. Jika tidak, maka HP Android sulit untuk dilacak. Google menggunakan teknik triangulasi untuk menemukan posisi ponsel Anda dengan memanfaatkan data lokasi ponsel Anda, sehingga Google dapat menentukan dimana letak posisi ponsel Anda secara cukup akurat melalui Google Maps. 

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk menemukan HP Android Anda menggunakan fitur Find My Phone Service.

Langkah 1: Masuk ke akun Google yang sama dengan akun Google pada HP Android Anda melalui Laptop atau Komputer.

Langkah 2: Masuk ke halaman URL berikut https://www.google.com/android/find kemudian klik terima pada panel konfirmasi muncul. Maka akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini.

Find My Phone Service

Langkah 3: Pada gambar di atas ada tiga fitur yang bisa kalian gunakan.

Fitur pertama : Play Sound. Fitur ini berfungsi untuk melakukan panggilan pada HP Android Anda. HP Anda akan memberikan respon Suara sesuai nada dring yang Anda gunakan. HP Anda akan berdering selama 5 menit dan akan mati ketika kalian menyentuh layar HP Anda. Fitur ini sangat efektif ketika Anda lupa tempat menyimpan HP di rumah atau kantor dan letak kehilangan tidak terlalu jauh dari Anda sehingga Anda dapat mendengarkan HP Android Anda berdering.

Fitur kedua : Fitur ini sangat efektif ketika Anda HP android Anda ketinggalan di suatu tempat tetapi Anda tahu tempat itu. Manfaat fitur ini adalah kalian dapat mengamankan data akun Google dengan cara keluar dari akun tersebut dan Anda dapat mengunci HP Anda dari jauh. Hal ini tentu saja akan memberikan Anda waktu untuk mengambil HP Anda tanpa ada khawatir orang lain membuka data pribadi Anda untuk sementara waktu.

Fitur Ketiga : Ini adalah fitur yang paling berbahaya di antara dua fitur lain. Anda perlu membacanya terlebih dahulu, karena jika kalian menjalankan fitur ini maka HP Android Anda akan di pulihkan. Maksudnya adalah semua data, mulai dari file, No.HP, aplikasi dan semuanya akan dihapus. Ibarat kondisi HP Anda sama seperti pertama kali di beli (tanpa data). Tentu saja ini bukan berarti sama sekali tak bermanfaat. Jika data di HP Android itu sangat rahasia dan Anda tidak ingin orang membuka dan membacanya maka Anda dapat menghapusnya secara permanen. Pastikan Anda memiliki cadangan data ponsel sebelum melakukan tindakan ini.


Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk menemukan HP Android Teman Anda menggunakan fitur Find My Phone Service.


Langkah berikut sedikit berbeda dengan langkah sebelumnya. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Google Chrome atau browser lainya melalui HP android atau laptop Anda. Kemudian minta kepada teman Anda untuk masuk ke akun Google miliknya yang sama dengan akun yang digunakan pada HP teman Anda.

Langkah 2: Selanjutnya Klik My Account.

Google My Account

Langkah 3 : Selanjutnya adalah klik “Find your phone”. Jika HP Android, tablet, ataupun laptop Anda hilang atau dicuri, maka Anda dapat gunakan futur ini untuk menemukan dan mengamankan data pribadi Anda.

Find your phone

Langkah 4: Klik nama perangkat HP Android, tablet, ataupun laptop yang hilang atau dicuri pada daftar yang di tampilkan oleh “Find your phone”. Selanjutnya ikuti setiap langkah yang diminta agar Google dapat membantu menemukan dan mengamankan HP Android, tablet, ataupun laptop Anda.

Langkah 5: Google akan meminta kembali kepada Anda untuk login akun Anda kembali untuk mengkonfirmasi bahwa akun ini benar milik Anda.

Find your phone

Setelah login berhasil, Anda dapat menjalakan beberapa fitur seperti yang telah saya jelasakan pada “Find My Phone Service” Sebelumya.

Langkah 6: Selanjutnya adalah Agar Google dapat memberikan tingkat akurasi posisi yang tinggi maka kita perlu aktifkanya melalui pengaturan berikut:
   

Caranya adalah klik setting/pengaturan pada HP Android Anda. Kemudian cari dan klik “Lokasi” kondisi awal mode akurasi tinggi adalah nonaktif, maka Anda perlu mengaktifkannya.

Langkah 7: kembali pada langkah 5 untuk melihat riwayat lokasi Google dari HP Android Anda.

2. Cara Berikut adalah Menggunakan Aplikasi Android - Phone Locator

Selain menggunkaan Find My Phone Service, Anda juga dapat menggunakan aplikasi android untuk menemukan dimana lokasi HP teman ataupun Anda. Salah satu aplikasi android yang dapat Anda manfaatkan adalah aplikasi “Prey Anti Theft”. Aplikasi ini bisa Anda download secara gratis melalui Google Play Store. Sama halnya dengan Find My Phone Service, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk mengakses lokasi. Namun kelebihannya adalah kita dapat mengganti kunci layar, setelan kata sandi dan memberikan kita kesempatan membuka kunci layar monitor.

Prey Anti Theft
     
Informasi pribadi merupakan privasi kita, jadi sudah hal yang wajib kita menjaga keamanannya. Banyak aplikasi android lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menemukan lokasi ponsel Anda yang hilang. Ada yang memberikannya secara gratis dan ada juga yang berbayar. Namun tujuannya tetap sama. Dalam menggunakan aplikasi penunjuk lokasi Anda selalu perhatikan kondisi GPS Anda, apakah aktif atau tidak. Jika tidak, maka penting untuk Anda mengaktifkannya.



3. Kesimpulan

Banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk menemukan lokasi dan mengakses kembali HP android Anda yang hilang. Walaupun demikian, saya sarankan untuk Anda mencadangkan Hand Phone Anda entah menggunakan akun Google ataupun aplikasi android lainya. Hal ini bertujuan untuk kemungkinan buruk terjadi pada HP Anda. Orang bijak pernah mengatakan : HP bisa Anda beli lagi, namun apa yang ada di dalamnya itu tidak dapat dibeli, maksudnya data pribadi, kenangan foto bertahun-tahun, ataupun file penting perusahaan.

Itulah artikel tentang "Cara Jitu Melacak, Mengunci dan Melindungi Data Hp Android yang Hilang" semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan semoga HP anda cepat ditemukan. Terima Kasih telah berkunjung.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"