6 Cara Mendeteksi Terjadinya Gempa Bumi Menggunakan Aplikasi Android

Bagaimana cara mendeteksi terjadinya gempa bumi menggunakan HP Android ? Gempa merupakan salah satu bencana alam yang bisa terjadi kapan dan dimana saja. Bencana ini sering sekali terjadi di Indonesia. Pada tahun 2004 salah satu gempa terbesar yang memakan banyak korban jiwa terjadi di Aceh – Indonesia. Pada tahun 2018 gempa berkekuatan 7 SR kembali terjadi di Lombok Utara – NTB, tidak lama kemudian gempa yang diserati tsunami terjadi di Palu, Sigi dan Donggala.

Informasi mengenai posisi gempa dan seberapa besar kekuatan gempa adalah hal penting untuk diketahui, apakah gempa yang terjadi berpotensi tsunami atau tidak. Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah rawan gempa. Menggunakan aplikasi android merupakan salah satu cara untuk mendeteksi gempa bumi. Informasi tentang gempa secara akurat dan tepat Anda bisa dapatkan melalui 6 aplikasi android berikut. Aplikasi ini akan memberikan banyak manfaat kepada Anda dimana pun dan kapan pun, karena HP Android selalu Anda bawa setiap saat.

6 Cara Mendeteksi Terjadinya Gempa Menggunakan Aplikasi Android

Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store. Ada banyak macam cara yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui apakah sedang terjadi gempa atau tidak. Salah satunya adalah perhatikan benda di sekeliling Anda, jika benda itu bergerak dengan sendirinya ada kemungkinan telah terjadi gempa yang mungkin Anda tidak rasa. Kedua, perhatikan lampu neon yang ada di rumah Anda. Jika telah terjadi gempa yang besar pada umumnya akan terjadi gangguan listrik yang menyebabkan stabilitas aliran listrik terganggu.

Berikut adalah cara mendeteksi gempa bumi menggunakan 6 Aplikasi Android terbaik Pendeteksi Terjadinya Gempa


1. Info BMKG

Aplikasi Android Pendeteksi Gempa Bumi

Aplikasi yang pertama saya rekomendasikan adalah aplikasi Info BMKG. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang telah diluncurkan oleh BMKG, sebagai media informasi bencana dan informasi geografis lainya seperti cuacah serta informasi mengenai BMKG. Jika Anda ingin berpergian kesuatu daerah maka Anda bisa melihat informasi cuacah sesuai lokasi yang ingin Anda tuju. Selain informasi cuacah, informasi yang paling bermanfaat dari Info BMKG adalah informasi mengenai gempa. Informasi gempa yang di tampilkan adalah hanya informasi gempa diatas 5 skala richter yang dilengkapi dengan informasi Epicentrum gempa ke lokasi pengguna. Anda dapat mendownloadnya secara gratis melalui Google Play Store. Cara menggunakanya adala dengan mengaktifkan GPS HP Android Anda dan mengaktifkan mode akurasi tinggi posisi untuk mendapatkan informasi yang akurat.


Aplikasi Android Pendeteksi Gempa Bumi

Caranya adalah klik Setting atau pengaturan pada HP Android Anda. Kemudian cari dan klik “Lokasi” kondisi awal mode akurasi tinggi adalah nonaktif, maka Anda perlu mengaktifkannya.

2. Earthquake Alert

Aplikasi Android Pendeteksi Gempa Bumi

Jika info BMKG adalah aplikasi yang dapat memberikan informasi gempa secara lokal. Berikut Earthquake Alert akan memberikan informasil gempa secara internasional. Aplikasi ini menampilkan lokasi gempa menggunakan satelit, sehingga aplikasi ini akan memberikan informasi yang lebih akurat.
   
Selain itu, Anda dapat mengatur lokasi mana yang ingin kita lihat, durasi dan kekuatan gempa yang terjadi. Aplikasi ini juga dapat di setting, setiap berapa menit atau jam kita ingin mendapatkan update informasi terbaru dari aplikasi ini. Sehingga aplikasi ini akan mempermudah Anda memperoleh informasi gempa setia saat sesuai yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini.


  • Memberikan Informasi Gempa Secara Internasional (Sedunia)
  • Dapat menyering atau memfilter informasi gempa yang ingin kita lihat
  • Dapat melihat lokasi dan besarnya gempa yang terjadi melalui peta
  • Dapat memberikan informasi secara detail mengenai United States Geological Survey (USGS)
  • Memberikan notifikasi Alerts dan Push
  • Memberikan lengkap berdasarkan informasi satelit

3. LastQuake

Aplikasi Android Pendeteksi Gempa Bumi

LastQuake merupakan aplikasi resmi yang diluncurkan oleh Pusat Seismologi Euro-Mediterania (EMSC). Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi gempa secer real time. Aplikasi ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit dalam memberitahukan informasi pusat gempa serta kekuatan gempa. EMSC, melalui aplikasi ini akan memberikan informasi terkait gempa secara real-time, memberikan tips keamanan pasca gempa dan memberikan layanan SMS.
     
Pada menu setting, kalian dapat mengatur akun, pengaturan gempa  mengenai ukuran minimal gempa yang ingin dideteksi, zona waktu, notifikasi untuk mengatifkan pemberitahuan gempa yang merusak dan yang terjadi di dekat Anda dan yang paling penting adalah fitur kabari teman. Fitur kabari teman ini berguna untuk mengabari kondisi Anda apakah baik atau tidak kepada teman Anda jika terjadi gempa yang besar.

4. Earthquake Plus

Aplikasi Android Pendeteksi Gempa Bumi

Earthquake Plus merupakan aplikasi pendeteksi gempa bumi yang menjangkau seluruh dunia. Hampir sama dengan yang lain, aplikasi ini akan mengirimkan pemberitahuan jika terjadi gempa di suatu daerah. Data pada aplikasi ini merupakan data seismik paling komprehensif yang bersumber dari 21 sumber data secara gelobal. Berikut adalah sumber data Earthquake Plus :

- US Geological Survey (USGS),
- European-Mediterranean Seismological Centre (EMSC),
- GeoScience Australia (GA),
- GeoNet (NZ),
- Helmholtz Centre Potsdam (GFZ),
- Natural Resources Canada (NRC), 
- British Geological Survey (BGS),
- Servicio Sismológico Nacional (SSN),
- China Earthquake Data Centre (CEDC),
- Centro Sismologico Nacional, Universidad de Chile (CSN),
- Institut Cartogràfic i Geològic de Catalunya (ICGC),
- Instituto Geofisico Escuela Politécnica National (IGEPN),
- National Geographic Institute (IGN),
- Icelandic Meteorological Office (IMO),
- Instituto Nicaragüense de Estudios Territoriales (INETER),
- Istituto Nazionale di Geofisica e Vulcanologia (INGV),
- Incorporated Research Institutions for Seismology (IRIS),
- Swiss Seismological Service (SED),
- University of Athens (UOA),
- Instituto Nacional de Prevención Sísmica (INPRES),
- Alaska Earthquake Center (AEC).

Pelayanan yang diberikan oleh aplikasi ini adalah:

  • Memberikan informasi secara tepat waktu, mudah untuk di setting, pemberitahuan getaran tanpa batas dari aktivitas seismik.
  • Juga memberikan Informasi aktivitas gunung berapi terbaru dari Smithsonian Institution (AS).
  • Kita dapat memfilter suatu tempat sesuai yang diinginkan.
  • Memberikan informasi tentang siaga tsunami.

5. EQInfo - Global Earthquakes

Aplikasi Android Pendeteksi Gempa Bumi

EQInfo adalah salah satu aplikasi android yang dapat kalian gunkaan untuk mendeteksi terjadinya gempa. Informasi yang diberikan dapat di filter berdasarkan lokasi. Aplikasi ini banyak digunkan, bahkan sebagian besar lembaga geofisika di dunia menggunkaan aplikasi ini untuk mendeteksi gempa bumi secara otomatis.

Fitur-fitur yang diberikan oleh EQInfo:

  • Memberikan daftar informasi gempa bumi terbaru berupa magnitudo gempa, wilayah, wkatu terjadinya, Jarak adna ke pusat gempa.
  • Memberikan laporan menggunkaan penta gempa.
  • Memudahkan anda membeagikan atau share iformasi gempa
  • Dapat memudahkan anda untuk memfilter gempa berdasarkan amplitudo, kedalaman, waktu terjadi dan wilayah
  • Mengirikan informasi notifikasi gempa.

6. My Earthquake Alerts

Aplikasi Android Pendeteksi Gempa Bumi

Dalam memberikan informasi gempa My Earthquake Alerts tidak mau kalah dengan aplikasi lain. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar melalui Google Play Store.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah

  • Informasi gempa secara real-time dari seluruh dunia.
  • Memberikan informasi gempa yang terjadi mulai dari tahun 1970.
  • Memberikan desain yang indah dan sederhana.
  • Memberikan informasi mengenai kekuatan gempa, kedalaman dan lokasinya dari posisi Anda.


Kesimpulan

Untuk mendeteksi gempa, salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi Android. Ada banyak sekali aplikasi Android yang dapat anda gunakan. Baik aplikasi yang hanya menyediakan informasi gempa lokal, maupun informasi dunia.

Itulah artikel tentang kumpulan aplikasi android yang dapat anda gunakan untuk mendeteksi gempa. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimaksih telah berkunjung. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel