Kartu ATM Hilang ? Ada 4 Point Penting Yang Harus Anda Lakukan

Kartu ATM Hilang ? Ada 4 Point Penting Yang Harus Anda Lakukan

ATM hilang ? anda berada pada artikel yang tepat. Hello Sahabat Gamma - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalam kepada anda semua tentang langkah-langkah yang harus kalian lakukan ketika kartu ATM anda hilang. Entah hilang karena jatuh, lupa tempat simpan atau yang paling parah di curi orang. Berikut adalah langkah yang umum dilakukan ketika kartu atm anda hilang entah itu Kartu ATM BNI, Kartu ATM BRI, Kartu ATM BCA dan Kartu ATM lain ada 4 point penting yang harus anda lakukan.

Hubungi Customer Service BANK Terkait

Satu tahun yang lalu saya pernah kehilangan kartu ATM BTN. Saat itu saya masih bingung, apa yang harus saya lakukan. Karena saldo kosong, Al hasil saya membiarkannya begitu saja. Kemudian 3 bulan kemudian saya mendapat beasiswa, kebetulan rekening yang telah terdaftar sebelumnya menggunakan reketing BTN itu. Setelah uang masuk ke rekening, saya ingin ambil uang tersebut melalui teller bank. Saat itu saya ingin menarik uang 1 juta, eh ternyata tidak bisa karena minimal uang yang diambil lewat teller adalah 10 juta di bawah itu bisa di ambil lewat ATM. Kemudia saya tanya kepada satpamnya bagaimana cara mengurus kartu ATM yang hilang dan apa saja syarat-syaratnya? Satpamnya jawab Oo bisa diurus melalu Customer Service dengan membawa buku tabungan dan surat keterangan hilang dari kepolisian.
Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan ketika kartu ATM hilang secara lengkap.

1. Hubungi Customer Service BANK Terkait

Hubungi Customer Service BANK TerkaitLangkah pertama yang harus segera anda lakukan adalah menghubungi customer service bank terkait. Jika anda tidak memiliki nomor customer service anda bisa mencarinya melalui situs resmi bank (melalui serach google), buku tabungan anda dan di ATM biasanya tercantum nomor customer service bank yang dapat kalian hubungi. Hal ini bertujuan untuk mengkonfirmasi bahwa kartu ATM anda hilang, sehingga customer service bisa membekukan sementara waktu rekening anda agar tidak ada transaksi yang bukan atas izin anda. Karena ditakutkan terjadi transaksi yang tidak diinginkan. Terutama ketika kartu atm anda di culik atau di rampok.

Jadi, kerika kartu ATM anda hilang sesegera mungkin hubungi customer service. Jika tidak memiliki nomor customer service anda bisa langsung ke bank terkait.

2. Transfer Saldo ke Rekening Lain

Mobile Banking
Langkah kedua ini dilakukan ketika kartu atm anda di culik atau di rampok. Jika anda tidak memiliki nomor customer service ataupun tidak sempat untuk pergi ke bank langkah yang harus anda lakukan adalah transfer semua saldo rekening yang hilang ke rekening lain, tentunya hal ini dilakukan ketika anda memiliki mobile banking atas rekening tersebut. Kenapa ditransfer ? Karena ditakutkan kartu atm anda di salah gunakan.

3. Buat Surat Keterangan Hilang

Buat Surat Keterangan Hilang
Langkah ketiga adalah anda harus membuat laporan ke kantor polisi dan membuat surat keterangan hilang yang menyatakan bahwa kartu atm anda benar-benar hilang. Pada saat pembiatan surat keterangan hilang anda akan ditanya kapan hilang, dimana hilang atau terakhir anda lihat dan alamat tempat anda tinggal.

4. Datang Ke Bank Terkait dengan membawa buku tabungan dan KTP.

Datang Ke Bank TerkaitKetika anda telah melapor ke customer service, dan membuat surat keterangan hilang. Langkah terakhir adalah datang ke bank terkait. Jangan lupa membawa semau perlengkapan diatas dan jangan lupa untuk membawa buku tabungan dan KTP. Pada saat bertemu customer service buku tabungan anda akan di minta dan kalian akan mendapatkan beberapa pertanyaan terkait infor rekening anda untuk di falidasi apakah benar anda pemilik rekening, seperti nama lengkap anda, ttl, nomor hp anda saat membuat buku tabungan dan nama Ibu kandung. Setelah semua berkas siap, anda akan di minta memasukkan pin atm lama dan pin atm baru untuk mengganti pin atm. Setelah semua selesai, maka buku tabungan anda sudah jadi dan beres.
Kesimpulannya adalah ketika kartu atm anda hilang, langkah yang harus anda lakukan adalah hubungi customer service, buat surat keterangan hilang dan datang ke bank terkait dengan membawa buku rekening, surat keterangan hilang dan KTP (penting dan jangan sampai lupa).

Kartu ATM Hilang ? Ada 4 Point Penting:

  1. Hubungi Customer Service Terkait
  2. Transfer Saldo ke Rekening Lain Via Mobile Banking
  3. Buat Surat Keterangan Hilang
  4. Datang Ke Bank Terkait
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"