Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT

Bagaimana Cara Membuat Presentasi Online Gratis ?. Jika ini merupakan pertanyaan Anda, maka Anda berada pada artikel yang tepat. Pada awalnya saya juga bertanya bagaimana sih cara membuat presentasi online. Berawal dari ke ingin tahuan, saya mencari berbagai referensi dan mencoba berbagai hal. Banyak artikel dan website yang telah saya kunjungi namun yang saya peroleh adalah Tools membuat slide presentasi secara online. Hingga akhirnya saya menemukan caranya.

Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT

Caranya terbilang sederhana, dan saat ini masih ada kekurangan dari segi tampilan dan interaksi audiens dan pembicara. Akan tetapi Anda bisa mencoba cara sederhana ini. Ya, sekedar coba. Siapa tahu dengan sedikit kreativitas Anda bisa membuatnya menjadi lebih menarik. Karena dini saya hanya menjelaskan bagaimana cara membuat presentasi online. Jadi untuk penyajian bahan, saya rasa Anda lebih mahir.

Ya, seperti pada judulnya. Di sini saya menggunakan fasilitas dari Microsoft berupa Microsoft Word dan PPT. Kedua fasilitas ini telah dilengkapi dengan kemampuan membuat presentasi secara online. Bagaimana caranya langsung saja kita mulai dan ikutilah langkah demi langkah berikut ini :

Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT

Sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa, acara ini saya coba di Microsoft 2016. Untuk Microsoft 2007 atau yang lainnya silakan menyesuaikan saja. Baik, kita lanjutkan :
  1. Siapkan Akun Microsoft. Untuk mendapatkan fasilitas yang maksimal dari Microsoft maka Anda terlebih dahulu memiliki akun Microsoft. Untuk cara membuatnya bisa Anda baca pada artikel ini : 3 Cara Mudah Membuat Akun Microsoft Menggunakan HP atau Laptop.
  2. Buka file Word atau PPt yang ingin di presentasikan.
  3. Klik Menu File pada bagian kiri atas.
  4. Klik Share lalu pilih presentasi online. Kemudian Anda akan diminta untuk login menggunakan Akun Microsoft. Silah kan login.
  5. Setelah login. kemudian, beri tanda centang pada “enable remote viewers to downloads the document” jika Anda ingin audiens dapat mendownload file presentasi
  6. Mulai presentasi dengan klik “presentasi online
  7. Setelah klik mulai maka akan muncul Link Share Presentasi. Nah, link inilah yang Anda bagikan kepada para audiens untuk mengakses File Presentasi yang Anda sajikan.
  8. Copy Link dan Star Presentasi Online
  9. Untuk Mengakhiri presentasi Klik End Presentasi Online

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT

Tampilan Presentasi Online Microsoft Word


Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT

Ketika kita Scrol ke bawah pada Microsoft Word maka Word online akan ikut bergerak ke bawah. Hal ini memungkinkan pengguna untuk fokus pada apa yang kita jelaskan. Namun, dapat dilihat bahwa tampilannya masih sangat sederhana.

Tampilan Presentasi Online PowerPoint


Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT

Menurut saya untuk tampilan Power Poin Online sudah bagus. Di sini audiens tinggal duduk, memperhatikan dan mendengarkan pembicara menjelaskan. Tampilannya hampir sama dengan tampilan PPT pada umumnya.  

Kelebihan menurut gammafisblog

  • Dapat menyajikan presentasi secara Online.
  • Memberikan fasilitas kepada pembicara untuk mengontrol file apakah dapat didownlod oleh audiens atau tidak.
  • Pada PPt online, audiens tidak diberi hak akses untuk next slide ataupun kembali. Sehingga memungkinkan audiens untuk fokus.
  • Pada PPt Online juga dapat diakses melalui browser Mobile atau Android. Ini bisa menggantikan fasilitas LCD jika tidak ada.
  • File tidak dapat diakses setelah presentasi online selesai.

Kekurangan menurut gammafisblog

  • Kekurangan yang pertama menurut saya adalah fasilitas audio. Sehingga presentasi online ini hanya cocok untuk presentasi dalam satu ruangan. Semoga ke depannya Microsoft menambahkan fasilitas ini. Karena menurut saja tanpa fasilitas ini, terasa sangat kurang.
  • Pada Word Online kurang begitu menarik. Hal ini mungkin dikarenakan Word bukan pilihan yang bagus untuk Presentasi. Maka pilihlah opsi Microsoft Power Point
  • Pada Word Online. Audiens dapat melalukan next page. Sehingga memungkinkan audiens scrol page dan menyebabkan kurangnya konsentrasi.
  • Pada Word Onlie juga tidak dapat diakses melalui browser Mobile atau Android.

Kesimpulan :

Dari hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa presentasi online dapat di buat menggunankan Microsoft Word dan Power Pint. Microsoft power pont pada mode online memiliki tampilan yang sama pada umumnya. Sehingga Microsoft Power Point Online sangat bagus untuk Anda gunakan sebagai media presentasi online.

Jika Anda Belum Tahu Silahkan Baca : Cara Tethering Hp Ke Laptop Menggunakan Media USB

Itulah artikel tentang Cara Membuat Presentasi Online Gratis Menggunakan Microsoft Word dan PPT. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca. Yang saya gunakan adalah cara sederhana. Anda dapat mencobanya kapan saja dan di mana sana. Yang penting Anda bisa online. Terima Kasih telah berkunjung dan Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel