Cara Menampilkan Preview Dokumen Di Postingan (File PDF, Word, PPT, Dan Excel)

Cara Menampilkan Preview Dokumen Di Postingan (File PDF, Word, PPT, Dan Excel)

Bagaimana Cara Menampilkan Preview Dokumen Di Postingan atau pada sebuah artikel di Blog. Jika Anda bertanya seperti itu, maka Anda ada pada artikel yang tepat. Sama halnya dengan Anda, saya juga pernah bertanya dan mencari solusi tentang hal tersebut. Banyak website yang telah saya telusuri untuk mencari jawaban tersebut. Jika Anda serang blogger atau yang suka membagikan informasi melalui artikel, maka pengetahuan ini perlu diketahui. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk melakukan presentasi online. Nah, untuk tidak memperpanjang kata mari kita mulai tutorialnya.

Baca Juga : Cara Mengganti Judul Blog dengan Gambar atau Logo Format PNG

Cara Menampilkan Preview Dokumen Di Postingan (File PDF, Word, PPT, Dan Excel)

Cara Menampilkan Preview Dokumen Di Postingan (File PDF, Word, PPT, dan Excel)

  1. Siapkan File Dokumen yang ingin ditampilkan Berupa PDF, Word, PPT, ataupun Excel. Disini saya memberikan contoh menggunakan file.docx
  2. Buka Google Drive melalui “drive.google.com”
  3. Upload File Dokumen Anda Di Google Drive
  4. Kemudian klik kanan file yang telah di Upload dan Share File (Get shareable link).
  5. Copy Link File yang ingin dibagikan “Contoh : https://drive.google.com/file/d/1EtLMEnQaiFTrnrlP4Ruch7REIhOP4Nlj/view?usp=sharing).
  6. Copy bagian link yang saya beri warna merah.
  7. Kemudian Tambahkan bagian link yang telah dicopy pada kode iframe berikut : <iframe height="500px" src="https://docs.google.com/viewer?srcid=1EtLMEnQaiFTrnrlP4Ruch7REIhOP4Nlj&amp;pid=explorer&amp;chrome=false&amp;embedded=true" width="100%"></iframe></div>. Anda bisa mengcopy kode ini di bagian bawah.
  8. Yang berwarna biru pada kode di atas adalah tinggi tampilan dokumen. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan. Menurut saya 500 adalah tinggi yang pas.
  9. Copy Code Iframe yang telah ditambahkan link share dokumen ke dalam Postingan atau Artikel. Ingat terlebih dahulu ubah tampilan halaman Postingan ke Mode HTML. Simpan kode iframe pada bagian artikel sesuai yang diinginkan. Perhatikan gambar berikut :

Copy Kode Iframe

<iframe height="500px" src="https://docs.google.com/viewer?srcid=1EtLMEnQaiFTrnrlP4Ruch7REIhOP4Nlj&amp;pid=explorer&amp;chrome=false&amp;embedded=true" width="100%"></iframe></div>


Cara Menampilkan Preview Dokumen Di Postingan (File PDF, Word, PPT, Dan Excel)


10. Kemudian klik kembali Mode Compose. Perhatikaln hasilnya adalah bagai berikut :



Cara di atas Anda dapat lakukan untuk File PDF, Word, PPT, Dan Excel. Untuk ekstensi file lain belum saya coba. Namun Anda bisa mencobanya sendiri. Ikutilah langkah langkah yang telah saya jelaskan di atas.

Baca Juga : Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis.com

Baik, itulah artikel kali ini tentang Cara Menampilkan Preview Dokumen Di Postingan (File PDF, Word, PPT, Dan Excel). Semoga artikel yang kami sajikan kepada Anda bisa bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini silakan share artikel ini dengan niat berbagi pengetahuan. Karena kami juga menulis artikel ini dengan niat berbagi ilmu dan pengetahuan. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman dan uji coba yang telah kami lakukan. Jika terdapat kendala silakan tuliskan kendala tersebut di kolom komentar yang telah kami siapkan atau dapat melalui kontak Admin. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"