Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman dan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman dan Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman dan Mudah?

Virus komputer merupakan suatu program komputer yang bertujuan untuk mengambil atau mencuri informasi yang ada di komputer. Sebuah virus komputer memiliki kemampuan untuk menggandakan dan menyalin diri sendiri layaknya virus biologis. Virus ini bekerja dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam suatu program ataupun dokumen. Virus komputer dapat menimbulkan kerusakan atau gangguan pada System Komputer dan data yang tersimpan di komputer. Selain itu virus juga bisa tidak menimbulkan efek pada komputer Anda. Sehingga Anda berpikir bahwa laptop atau komputer Anda aman.

Ada baya jenis virus yang memiliki kemampuan dan tugas yang berbeda beda. Misalkan jenis Virus Worm yang dapat menduplikat diri secara cepat sehingga membuat Hardisk Anda tiba-tiba penuh. Virus Trojan memiliki kemampuan mengambil atau mencuri data pada komputer/laptop yang telah terinfeksi dan mengirimnya kepada si pembuat virus. Virus SpyWare adalah virus yang dibuat untuk memantau komputer atau laptop Anda yang terinfeksi. Dan masih banyak lagi virus lainya yang memiliki keunikan masing-masing.
Lantas, apa yang harus dilakukan ketika laptop Anda terkena virus ? pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya dalam mengatasi laptop yang terkena virus dan cara mencegahnya. Tips berikut sangat mudah untuk Anda lakukan. Empat tips pertama untuk laptop yang terinfeksi ringan sedangkan tips yang kelima untuk laptop yang terinfeksi berat. Baik perhatikan langkahnya berikut ini: 

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman dan Mudah


  1. Update Antivirus Secara Rutin

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika laptop Anda terkena virus adalah mengupdate antivirus yang Anda gunakan. Hal ini penting dilakukan karena virus dari waktu ke waktu terus berkembang layaknya virus dan bakteri dalam ilmu biologi. Dengan mengupdate antivirus maka antivirus Anda akan mendapatkan database mengenai informasi virus terbaru sehingga antivirus dapat mengenali virus dengan baik. Analoginya seperti ini, jika awalnya database antivirus Anda hanya mengenal virus A dan B. Maka antivirus tersebut hanya dapat memblok virus jenis A dan B. Ketika virus C dan D yang merupakan hasil update virus A dan B, maka antivirus Anda tidak mengenalinya. Yang perlu dilakukan adalah mengupdate, untuk memperoleh database virus terbaru.

  1. Jangan Sembarang Instal Aplikasi

Pernahkah Anda mendownload aplikasi di internat kemudian saat Anda Instal ternyata itu bukan aplikasi yang Anda maksud. Saya pernah mengalami hal tersebut dan bahkan sering, karena saya sendiri orang yang suka instal dan mencoba aplikasi. Tidak jarang setelah saya instal aplikasi tersebut malah laptop menjadi lemot dan kipasnya bunyi dengan kencang seperti sedang menjalankan aplikasi yang berat. Penyebab yang saya curigai adalah virus, kemudian saya update antivirus dan melakukan Full Scan Virus. Setelah di Scan banyak sekali virus yang terdeteksi. Dari pengalaman ini saya menyarankan Anda untuk tidak mendownload dan menginstal aplikasi secara sembarangan. Download aplikasi dari situs terpercaya agar bisa terhindar dari virus.
Bagi Anda yang menyukai aplikasi bajakan saya sarankan untuk hati-hati dalam penggunaan Patch dan Crack. Mungkin Anda belum tahu bahwa Patch dan Crack juga merupakan virus yang mencoba memanipulasi sebuah aplikasi. Sehingga Anda bisa menjalankan aplikasi bajakan secara Full Version seakan Anda telah membeli license aplikasi tersebut. Sehingga setiap kali menggunakan Patch dan Crack pasti akan di menta untuk matikan antivirus. Saya sarankan untuk jangan atau hati-hati menggunakannya. jika Anda tidak hati-hati maka bisa jadi Patch dan Crack tersebut malah akan membahayakan kinerja laptop Anda.

  1. Gunakan System Restore

System Restore adalah sebuah fitur yang dapat digunakan untuk mengembalikan System komputer atau Laptop Anda ke Restore Point atau Waktu tertentu. Dengan fitur ini maka kondisi laptop Anda bisa dikembalikan ke waktu sebelum terjadi masalah. Jika Anda ingin melakukannya silakan baca Cara Melakukan System Restore di Windows 7, 8.1 dan 10 Lengkap dengan Gambar

Saat menjalankan System Restore maka semua aplikasi yang di instal pada saat ini hingga waktu Restore akan hilang. Misalnya waktu sekarang alah tanggal 30 Desember kemudian Anda melakukan Restore ke tanggal 1 Desember maka aplikasi yang di instal dari tanggal 1 – 30 Desember akan hilang. Sedangkan aplikasi yang di instal sebelum tanggal 1 Desember akan tetap ada. Ingat yang hilang hanya aplikasi sedangkan file seperti file dokumen, pdf, ppt, gambar dan file sejenis tidak hilang.

  1. Instal Ulang Windows

Cara kelima ini Anda lakukan ketika virus tersebut telah sulit untuk di atasi dengan empat cara di atas. Atau kerusakan System akibat virus terlalu parah maka saya anjurkan untuk instal ulang Windows. Jika spesifikasi laptop Anda memungkinkan untuk menginstal Windows 8.1 maka saya anjurkan untuk menggunakan Windows ini. Karena menurut saya System keamanannya telah di tingkatkan. Nah, jika Anda menggunakan Windows 8.1 saya sarankan juga untuk tidak menggunakan antivirus tambahan. Melainkan menggunakan antivirus bawaan yaitu Windows Defender. Anda hannya perlu update antivirus ini secara rutin minimal satu bulan sekali, maka gangguan virus akan hilang.
Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Virus Yang Menjengkelkan Dengan Aman dan Mudah. Jika Anda memiliki tips yang lain silakan berbagi informasinya kepada kami melalui kolom komentar. Anda juga bisa bertanya kepada kami terkait artikel ini, kami akan mencoba menjawabnya sebisa kami. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mempraktikkan.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"