Pengalaman Mengganti Domain Dari Blogspot Menjadi TLD (Dot Com)

Pengalaman Mengganti Domain Dari Blogspot Menjadi TLD (Dot Com)

Pada tanggal 31 Desember 2018 gammafisblog.blogspot.com telah resmi mengganti alamat blognya menjadi gammafisblog.com. Keputusan ini merupakan salah satu keputusan yang telah saya pikirkan matang-matang. Karena saya sebenarnya tahu jika kita mengganti alamat blog akan memiliki dampak yang buruk pada blog. Di antaranya adalah jumlah vistor yang akan menurun dan Page Rank alexa akan anjlok. Sehingga banyak yang mengatakan mengganti domain sama halnya membuat sebuah blog baru. Yang mana semuanya dimulai dari awal lagi.
Pengalaman Mengganti Domain Dari Blogspot Menjadi TLD (Dot Com)

Namun, saya tidak serta merta mengganti domain tanpa mencari pengetahuan tentang itu. Saya mulai mencari berbagi informasi dari berbagi situs web, mengenai dampak dan hal-hal yang saya harus lakukan untuk menanggulanginya. Dari informasi yang saya dapat menambah keyakinan saya untuk mengganti alamat blog menjadi dot com. Tujuan yang utama adalah agar saya lebih profesional lagi dalam dunia blogger.

Domain TLD atau Top Level Domain


Dengan domain TLD atau Top Level Domain sebuah situs blog akan lebih dipercaya itu menurut informasi yang saya dapatkan. Namun menurut saya sendiri apa pun domainnya (domain gratisan ataupun berbayar), yang penting informasinya bermanfaat dan terbukti maka secara otomatis orang akan percaya. Sebaliknya jika domainnya berbayar namun informasinya tidak sesuai maka akan menimbulkan kekecewaan. Sehingga dengan mengganti domain ini menjadi dimain TLD, saya berharap gammafisblog.com akan lebih baik lagi dalam berbagi informasi dan edukasi serta pengalaman pribadi yang bermanfaat.

Dampak Terhadap Akun Adsense


Bagi Anda seorang blogger sekaligus Publisher Google Adsense. Mengganti domain tentunya akan berdampak terhadap akun Adsense. Dari berbagai informasi yang saya dapat, ada kemungkinan akun Adsense Anda akan di Banned atau di blokir. Hal ini tentunya merugikan Anda, karena kita tahu Adsense adalah salah satu sumber penghasilan blog terbesar. Namun ada juga yang mengatakan, jika dilakukan dengan prosedur yang benar maka Google tidak akan memblokir akun Anda. Nah, kemudian di sini saya mencoba memberanikan diri untuk mengganti domain dengan risiko tersebut. Jika Anda adalah pengunjung setia gammafisblog maka Anda akan melihat iklan pada blog ini tidak tayang pada hari ini. Hal ini dikarenakan blog dengan domain yang baru masih dalam proses peninjauan ulang yang akan memakan waktu paling lama 14 hari atau bahkan lebih dalam email pemberitahuan Google. Artinya Anda tidak akan melihat iklan selama waktu tersebut. Proses ini bisa saja disetujui bisa tidak dan saya harap disetujui (mohon doanya). Jika permohonan ini disetujui maka saya akan berbagi informasi kepada Anda tentang bagaimana cara membeli domain, settingg serta hal-hal yang harus dilakukan agar akun Adsense tidak di blokir.

Pembelian Domain


Domain ini saya beli di rumahweb.com, bagi Anda yang ingin mencoba mengganti dan membeli domain silakan kunjungi situs tersebut. Di sana Anda fasilitas chat online sehingga Anda bisa bertanya sebelum atau sesudah membeli domain. Anda juga akan dipandu dengan ramah jika ada masalah dalam proses pembelian ataupun pemasangan domain baru ke blog Anda. Saya juga melakukan kesalahan saat membeli domain yaitu saya menggunakan Facebook dan ternyata saya lupa password alamat email Yahoo yang saya gunakan untuk daftar Facebook. Hal ini menyebabkan saya tidak dapat melakukan verifikasi email. Namun Anda tidak usah khawatir rumahweb.com akan memberikan solusinya dan akhirnya saya dapat melakukan verifikasi dengan alamat email yang baru.

Mungkin itu saja artikel Curhatan saya hari ini. Saya tahu dalam setiap penulisan artikel yang di sajikan oleh gammafisblog kepada Anda masih banyak kekurangan. Entah dalam segi susunan dan struktur tulisan ataupun dalam segi penyampaian yang berbelit belit. Maka dari itu saya sangat berterima kasih kepada Anda yang mau memberikan sedikit kritikan dan saran yang membangun kepada kami tentang blog dan artikel yang di sajikan.

Artikel ini saya buat hanya sekedar pemberitahuan bahwa alamat blog ini telah resmi diganti menjadi gammafisblog.com. lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Terima kasih telah berkunjung dan semoga Anda nyaman selama berkunjung di blog ini.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"