Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”

Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “doc”. KKN merupakan salah satu kegiatan yang akan di jumpai oleh Mahasiswa. Seperti kepanjangannya yaitu Kuliah Kerja Nyata. KKN merupakan kegiatan mahasiswa sebagai salah satu bentuk pengabdian. Di mana mahasiswa akan di terjunkan langsung ke dalam lingkup masyarakat. Tujuan dari KKN adalah membentuk pribadi Mahasiswa yang dapat bersosialisasi dengan masyarakat guna dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Berbaur dengan masyarakat akan membentuk jiwa sosial seorang Mahasiswa.
Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”

KKN merupakan kegiatan yang sangat penting bagi Mahasiswa. Karena setalah selesai kuliah seorang mahasiswa akan kembali ke masyarakat. Dengan kegiatan ini mahasiswa siap jika ke depannya ia kembali ke masyarakat dan tentunya dapat berguna bagi masyarakat. Bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa sangat beragam. Tergantung dari jurusan dan jenis KKN yang di ambil. Namun, terlepas dari itu tujuannya tetap sama yaitu berbaur dan dapat menyelesaikan persoalan dalam masyarakat. 

Pengalaman saya dalam KKN status kita sebagai Mahasiswa membuat masyarakat beranggapan bahwa kita tahu akan segala hal. Maka dari itu kita di tuntut untuk siap menghadapi segala hal yang ada di masyarakat. Sebagai mahasiswa kita harus menjadi problem solver atau orang yang dapat menyelesaikan masalah dan memberikan solusi akan masalah.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx” yang merupakan salah satu hal penting jika ingin mengikuti KKN. Baik langsung saja simak di bawah ini.

PROPOSAL

KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK


Penguatan Sistem Informasi dan Pengelolaan Admistrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur

Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”




DESKRIPSI KEGIATAN

A. Tema

Penguatan Sistem Informasi dan Pengelolaan Admistrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur

B. Lokasi

Lokasi kegiatan KKN Tematik ditentukan berdasarkan hasil survei pendahuluan bertempat di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

C. Tema

1. Tema Umum
Penguatan Sistem Informasi dan Pengelolaan Admistrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur

2. Tema Khusus
2.1. Pengembangan Sistem Informasi Desa Dan Pengolahan Sistem Administrasi.
2.2. Pemanfaatan Sistem Informasi Sebagai Media Informasi Dan Pembelajaran Fisika.
2.3. Pengenalan Dan Penerapan Sistem Informasi Dalam Pengembangan Di Bidang Pertanian.
2.4. Pengenalan Hukum Dan Etika Dalam Penggunaan Sistem Informasi Dan Media Sosial.

D. Latar Belakang

Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat intelektual yang ada dinegeri ini, diharapkan mampu memberi andil dalam pembangunanbangsa dan negara. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah intrakurikuler yang diselenggarakan oleh akademik di seluruh perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa sebagai bekal hidup di masyarakat setelah lulus studi.

Pada dasarnya KKN merupakan bentuk pengabdian nyata seorang mahasiswa kepada masyarakat yang sebenarnya. Beberapa aspek yang diperhatikan dalam pelaksanaan KKN adalah, Pertama keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Kedua adalah pendekatan interdisipliner dan komprehensif yang artinya KKN bertolak dari permasalahan nyata masyarakat yang didekati menggunakan segala ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang sudah, sedang, dan atau akan dipelajari. Ketiga adalah lintas sektoral. Keempat dimensi, luas, dan pragmatis. Kelima adalah keterlibatan masyarakat secara aktif. Yang Keenam adalah keberlanjutan dan pengembangan. Ketujuh adalah bertumpu pada sumber daya lokal.

Desa Danger, Kecamatan Masbagik dibentuk oleh delapan dusun yaitu : Dusun Danger Utara, Dusun Danger Selatan, Dusun Bengkaung, Dusun Peresak, Dusun Montong Sager, Dusun Montong Agung, Dusun Repok Raden, Dusun Semat, dan Dusun Jontak. Desa ini merupakan desa dengan mayoritas masyarakat tingkat ekonomi menengah ke bawah yang sebagian besar mata pencahariannya di bidang pertanian. 

Berdasarkan hasil observasi pada tahap survei awal terdapat satu hal yang perlu dikembangkan yaitu penguatan sistem informasi dan pengelolaan administrasi di Desa Danger, Kecamatan Masbagik Utara, Kabupaten Lombok Timur. Sistem informasi merupakan bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam bagian ketiga Undang-Undang Desa pasal 86 tentang sistem informasi pembangunan desa dan pembangunan kawasan pedesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi. Melalui sistem informasi ini banyak manfaat yang dapat diperoleh, diantaranya kantor desa lebih efisien dan efektif, pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel, layanan publik lebih baik, dan warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa.

Berdasarkan uraian di atas, KKN yang merupakan program Pengabdian Pada Masyarakat oleh Universitas Mataram yang bersifat Tematik (KKN Tematik) sangat relevan diadakan di desa tersebut. KKN Tematik UNRAM Tahun 2017 di Desa Danger ini diharapkan mampu menjadi sarana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam memanfaatkan sistem informasi desa. Untuk mewujudkan hal tersebut akan dilakukan beberapa langkah strategis diantaranya pengembangan sistem informasi desa dan pengelolaan sistem informasi desa, pemanfaatan sistem informasi sebagai media pengembangan dan pembelajaran fisika, pengenalan dan penerapan sistem informasi dalam pengembangan di bidang pertanian. Selain itu masyarakat juga dapat memahami hukum-hukum dan etika dalam penggunaan sistem informasi dan media sosial. Diharapkan dengan langkah – langkah tersebut masyarakat Desa Danger merasakan manfaat dari penguatan sistem informasi dan pengelolaan administrasi.


Download Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”


Itulah artikel tentang Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”. Semoga artikel yang saya bagikan ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah berkunjung dan selamat menjalankan kegiatan KKN. Semangat dan semoga KKNnya berjalan dengan lancar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Proposal KKN Tematik Lengkap dengan File Dokumen “docx”"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel