4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtubers Pemula Sampai Berpengalaman

4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtubers Pemula Sampai Berpengalaman

Salah satu faktor suksesnya seorang youtuber adalah kemampuannya dalam mengolah dan mengedit video yang telah dia buat. Bagaimana caranya agar video tersebut dapat menjadi sebuah tontonan yang menarik. Untuk itu diperlukan sebuah keahlian dalam mengedit sebuah video. Kemampuan dan keahlian mengedit didukung oleh sebuah aplikasi untuk mengedit video. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan. Mulai dari aplikasi yang sederhana sampai dengan aplikasi yang luar dari pada biasa tersedia. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtubers Pemula Sampai Berpengalaman

Pada umumnya aplikasi edit video hanya merupakan media edit. Sedangkan menarik dan tidaknya hasil editting merupakan hasil kreativitas dan imajinasi pengedit. Walaupun aplikasi yang digunakan sangat sederhana, seperti Movie Maker. Namun pengedit memiliki kreativitas yang tinggi maka hasilnya akan bagus. Sebaliknya sehebat dan sebagus apa pun aplikasinya, ketika pengedit tidak memiliki kendali yang cukup bagus maka video akan mengarah ke hasil yang buruk. Maka buka kendaraan yang menentukan tapi pengemudi yang mengendalikan.

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba berbagi pengetahuan mengenai aplikasi Edit video yang sering digunakan oleh youtuber untuk mengedit videonya. Aplikasi ini saya bagi menjadi dua jenis, yaitu sederhana dan luar biasa. Saya membagi menjadi dua jenis, karena kedua jenis aplikasi ini memiliki tingkat kesulitan yang jauh berbeda. Dikategorikan sebagai aplikasi yang sederhana karena aplikasinya Ringan Dijalankan, Ukuran File kecil, dan mudah untuk diaplikasikan. Sedangkan kategori luar biasa karena aplikasinya berat dan membutuhkan spesifikasi laptop dengan RAM 3GB lebih enak, ukuran file besar dan sulit untuk dioperasikan bagi pemula.

#Aplikasi Edit Video Youtube Sederhana


1. Movie Maker


4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtubers Pemula Sampai Berpengalaman

Dilihat dari mana saja aplikasi ini sangat sederhana. Anda bisa mengedit kumpulan video ataupun membuat video dari kumpulan gambar. Cara penggunaan yang mudah membuat aplikasi ini cukup banyak diminati oleh para pemula. Maka penting bagi Anda menggunakan aplikasi sederhana untuk menghasilkan video yang bagus agar dapat meningkatkan kreativitas. Semakin sederhana aplikasi maka menuntun Anda lebih kreatif. Setlah gerbang kreativitas terbuka maka barulah melangkah ke tingkat aplikasi yang lebih tinggi. Seperti yang telah saya katakan hasil tidak ditentukan dari aplikasi tetapi kemampuan dan kreativitas menentukan hasil. Jadi tingkatkan kreativitas Anda dengan alat yang sederhana dan seadanya. Namun jika Anda telah memiliki segudang kreativitas sebagai modal awal maka gunakanlah aplikasi yang lebih tinggi dari Movie Maker.

2. Techsmith Camtasia Studio


4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtubers Pemula Sampai Berpengalaman

Camtasia merupakan aplikasi hebat versi kedua yang sederhana. Ukuran file yang tidak terlalu besar dan membutuhkan ram cukup dengan 2GB membuat aplikasi ini banyak digunakan. Tidak hanya mampu digunakan sebagai aplikasi edit video, namun aplikasi ini juga memiliki kemampuan merekam layar laptop. Sehingga aplikasi ini bagus digunakan untuk para gamers PC yang ingin merekam permainnya. Fasilitas yang tersedia lebih banyak dari Movie Maker. Mulai dari fasilitas transisi video, pengatur volume suara, penghalus suara, memotong video, menaikkan suara pada bagian tertentu dan menurunkannya pada bagian lain. Untuk mengoperasikan aplikasi ini cukup mudah, Anda tinggal menambah video kemudian memotong pada bagian yang diinginkan menambah efek video dan lainya sesuai keinginan. Hasil dari video yang di edit dapat disimpan dengan format video yang beragam dan ukuran file sesuai kualitas namun tetap kecil.

#Aplikasi Edit Video Youtube Luar Biasa


3. Adobe Premiere


4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtubers Pemula Sampai Berpengalaman

Siap yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini. namanya telah melanglang buana di dunia pengeditan video. Namanya adalah Adobe Premiere. Aplikasi edit video dengan tingkat kesulitan yang sulit bagi pemula. Membutuhkan ketekunan dan kegigihan untuk mempelajarinya, agar mampu memberikan hasil yang luar biasa. Aplikasi ini memiliki fasilitas yang lebih banyak dan lebih lengkap, seperti penambahan efek pada video, transisi yang menarik juga menyediakan fasilitas Green Screen. Fasilitas yang lengkap dapat mempermudah dalam proses pemuatan film dan video. Untuk mendapatkan aplikasi ini tidaklah gratis. Anda perlu membayar untuk mendapatkan semua fasilitas dari Adobe Premiere.

4. Sony Vegas Pro


4 Aplikasi Edit Video Untuk Youtubers Pemula Sampai Berpengalaman

Aplikasi ini memiliki kesamaan dengan Adobe Premiere. Tingkat kesulitan juga terbilang sangat sulit, namun fasilitas yang banyak. Sony Vegas memiliki keunikan tersendiri dalam mengedit video seperti menyediakan Fasilitas zoom, rotatio, dan format widescreen. Aplikasi sangat cocok untuk membuat soundtracks video dengan beragam konsep template yang bagus dan menarik. Aplikasi ini membuahkan ram yang besar agar bisa berjalan dengan baik tanpa lemot dan Not Responding.

Kesimpulan :

Jika Anda seorang youtuber pemula dan baru dalam dunia edit video, serta memiliki spesifikasi laptop RAM 2 GB. Maka Movie Maker dan Camtasia Studio adalah aplikasi yang cocok untuk digunakan. Terlebih lagi Camtasia Studio, aplikasi ini memiliki fasilitas yang cukup untuk memproduksi film dan video dengan Kualitas HD.

Jika Anda Youtuber pemula, namun memiliki spesifikasi RAM laptop yang lebih dari 2GB maka Adobe Premiere dan Sony Vegas Pro adalah aplikasi yang bisa Anda pelajari. Karena fasilitas yang disediakan begitu lengkap.

Gunakan Aplikasi sebagai media dan kemampuan serta kreativitas Anda sebagai peluru. Karena peluru yang menembus halangan dan aplikasi media pengasah kemampuan dan kreativitas.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"