10 Tips Agar Lolos Seleksi SBMPTN di Perguruan Tinggi Negeri Terbaik

Gammafisblog.com - Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi idola banyak siswa/i SMA yang baru lulus UN. Setiap siswa/i tentu telah membidik perguruan tinggi yang disukainya. Tidak jarang mereka membidik perguruan tinggi negeri unggulan di Indonesia, seperti UI, ITB dan UGM. Untuk bisa lolos di perguruan tinggi tersebut tidaklah mudah. Perlu usaha dan perjuangan yang lebih agar bisa lolos. Atmosfer dalam kampus-kampus tersebut juga tidak mudah bagi orang-orang yang tidak siap menerima tekanan Atmosfer dari mulai tugas yang banyak dan menuntut kemandirian tinggi dan kedisiplinan. Untuk masuk ke perguruan tinggi ada banyak sekali jalan yang dapat dilalui. Mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.
10 Tips Agar Lolos Seleksi SBMPTN di Perguruan Tinggi Negeri Terbaik

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur seleksi kedua yang dapat dilalui oleh seorang siswa/i setelah dinyatakan tidak lolos dalam seleksi SNMPTN. SBMPTN merupakan seleksi tertulis bagi siswa yang ingin masuk ke PTN. Jika dilihat dari jumlah pendaftar SBMPTN tentu seleksi ini akan sulit bagi Anda yang tidak siap atau belum mengetahui tips dan triknya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi kepada Anda tentang bagaimana Tips dan Trik agar bisa Lolos dalam Seleksi SBMPTN.

10 Tips Agar Lolos Seleksi SBMPTN di Perguruan Tinggi Negeri Terbaik


1. Pilih Jurusan Yang Anda Kuasai (Suka)

Jika Anda ingin lulus seleksi SBMPTN dengan mudah, maka tips yang pertama adalah Anda memilih jurusan yang sesuai dengan keahlian Anda. Karena hal ini akan memberikan nilai positif terhadap Anda. Misalkan Anda seorang siswa/i yang suka atau gemar fisika. Maka jurusan yang cocok dengan Anda adalah jurusan Fisika-MIPA, Fisika-Keguruan, Teknik Fisika dan yang berkaitan dengan fisika lainnya. Dengan kemampuan yang Anda miliki, maka kemungkinan lolos dalam seleksi akan lebih besar dibandingkan Anda memaksakan diri sesuatu yang bukan keahlian Anda.

2. Banyak Berlatih (latihan-latihan dan latihan)

Anda tentu pernah mendengar kata jika ingin sukses maka diperlukan latihan-latihan dan latihan (atau lakukan-lakukan dan lakukan). Nah, begitu juga ketika Anda ingin Lolos dalam seleksi SBMPTN maka langkah yang wajib Anda lakukan adalah mencoba mengerjakan soal-soal SBMPTN. Cari buku tentang kumpulan soal SBMPTN dan Anda juga bisa mencarinya di internet. Contoh soal dan jawaban telah banyak di bagikan oleh para blogger. Hanya tinggal Anda mau atau tidak mencarinya. Kerjakan contoh soal dan latihan minimal satu hari 10 sampai 20 soal.

3. Buat Catatan Soal Belum dan Telah Dikuasai

Cara ini cukup efektif untuk Anda ketika ingin belajar. Karena dengan demikian maka Anda tahu soal mana yang harus Anda pelajari lebih dalam lagi. Dan mempelajari kembali materi tersebut sampai Anda paham dan menguasainya. Untuk soal yang telah Anda kuasai Anda coba terus mengasanya sehingga Anda lebih paham akan materi tersebut.

4. Gunakan Waktu Libur Untuk Persiapan

Kita tahu, siswa/i yang baru lulus UN SMA tentu memiliki waktu libur yang sangat panjang bisa sampai 3 bulan lebih. Nah, waktu inilah yang bagus untuk mencari dan mengerjakan soal-soal SBMPTN. Seperti yang saya katakan pada poin 2 yaitu banyak berlatih. Misalkan Anda mengerjakan minimal 10 soal dalam satu hari maka dalam 3 bulan Anda telah mengerjakan (3 bulan x 30 hari x 10 soal = 900 soal). Tentu saja dengan cara ini maka Anda akan lebih siap menghadapi tes seleksi SBMPTN. Itu baru 10 soal dalam sehari bagaimana kalau Anda mampu mengerjakan 20 atau lebih. Anda bisa hitung sendiri betapa Anda siap menghadapi tes.

5. Belajar Kelompok

Ada kalanya Anda perlu belajar bersama dan membentuk kelompok belajar. Hal ini bertujuan agar Anda bisa bertukar pikiran dengan teman-teman dan memecahkan soal sulit bersama. Belajar kelompok membuat Anda semangat dan tidak bosan. Dengan catatan carilah teman kelompok yang serius dan punya visi dan misi seperti Anda yaitu lolos seleksi SBMPTN. Jangan cari teman yang hanya ingin bermain saat belajar kelompok. Bermain boleh asalkan setelah mengerjakan soal dengan target tertentu.

6. Buat Jadwal atau Jam Belajar

Carilah waktu efektif Anda saat belajar. Waktu efektif ini ketika Anda tidak sedang banyak pekerjaan sehingga lebih terfokus belajar dan tidak memikirkan hal lainnya. Belajar tidak membutuhkan waktu yang lama dan banyak. Cukup 1 jam namun efisien sudah sangat bagus untuk Anda.

7. Sisakan Waktu Untuk Berolahraga

Belajar perlu namun olahraga juga penting. Jadi agar tubuh tetap sehat dan pikiran tetap Fresh maka tubuh kita harus bugar. Maka dari itu Anda harus menyediakan waktu untuk berolahraga. Kalau tubuh Anda loyo yang Anda konsentrasi akan. Sediakan minimal waktu untuk olah raga 30 menit dalam sehari.

8. Istirahat Yang Cukup

Selain itu Anda juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Dalam waktu libur setelah UN, tentu saja waktu luang Anda akan sangat banyak. Gunakan waktu tersebut dengan maksimal untuk istirahat yang cukup. Jangan pernah begadang karena bisa menurunkan konsentrasi Anda nantinya dan juga bisa membuat Anda bangun kesiangan dan malas-malasan melakukan aktivitas berikutnya. Sehingga rasa ingin belajar pun akan berkurang. Dengan istirahat yang cukup, maka saat bangun pagi Anda akan terasa segar kemudian olahraga 30 menit dan lanjutkan dengan aktivitas lainnya yang telah Anda jadwalkan.

9. Beribadah dan Berdoa

Seberapa besar usaha yang telah kita lakukan tentu saja tetap Allah yang menentukan hal terbaik untuk kita. Maka dari itu setelah Anda berusaha maka tawakallah kepada Allah dan berdoa kepadanya meminta agar dimudahkan segala urusan serta meminta agar diloloskan dalam seleksi tersebut. Jangan pernah menganggap diri kita tahu akan segala sesuatu sehingga memuat kita lalai dan enggan meminta (berdoa) kepada-Nya.

10. Minta Doa Kepada Kedua Orang Tua

Jika Anda masih memiliki kedua orang tua, maka mintalah mereka untuk mendoakan Anda agar bisa lolos dalam seleksi SBMPTN. Karena doa kedua orang tua adalah salah satu doa yang cepat di kabulkan oleh Allah. Walaupun pada dasarnya orang tua selalu mendoakan akan kesuksesan anak-anaknya.


Itulah artikel tentang 10 Tips Agar Lolos Seleksi SBMPTN di Perguruan Tinggi Negeri Terbaik. Jika Anda menjalani 10 Tips di atas dengan benar maka kemungkinan lolos akan sangat besar. Maka dari itu cobalah untuk mengikuti tips tersebut. Namun, pada intinya untuk bisa lolos dalam seleksi SBMPTN maka hal yang perlu Anda lakukan adalah terus belajar, Latihan-latihan dan latihan. Jangan pernah berhenti hingga Anda benar-benar telah menguasainya. Semoga 10 Tips ini bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih telah berkunjung dan jangan lupa Like, Share dan Subscribe blog kami karena akan banyak informasi menarik lainnya yang akan kami bagikan secara gratis kepada Anda yang telah Subscribe.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Agar Lolos Seleksi SBMPTN di Perguruan Tinggi Negeri Terbaik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel