Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome dan Mozilla Firefox

Gammafisblog.com - Cara Mengaktifkan Ekstensi IDM di Google Chrome dan Mozilla Firefox

Tentu Anda akan bertanya ketika Anda ingin Download suatu dengan IDM dan IDM yang telah Anda instal tidak muncul secara otomatis seperti pada umumnya. Kenapa hal ini bisa terjadi, tentu saja ada banyak sekali Faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari proses penginstalan IDM yang kurang tepat. Serta tidak memberikan konfirmasi pada IDM untuk di instalkan Pada Browser saat pertama kali di instal. Hal yang lain adalah karena Ekstensi IDM tiba-tiba nonaktif dan IDM yang Anda gunakan telah usang. Jika hal ini terjadi maka Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali Ekstensi IDM tersebut.
Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome dan Mozilla Firefox

Pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan memberikan tutorial tentang cara mengaktifkan IDM pada Google Chrome dan Mozilla Firefox. Ini adalah informasi yang penting. Kenapa dibilang penting karena dengan IDM maka kecepatan internet Anda akan menjadi maksimal. Sehingga proses download akan menjadi cepat dibandingkan Anda mendownload menggunakan Browser. Baik, karena hal ini penting maka mari simak caranya berikut ini.

Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome dan Mozilla Firefox


#A. Mengaktifkan IDM di Google Chrome

  1. Pastikan Anda telah Instal IDM dengan Benar. Jika sudah, maka langkah selanjutnya
  2. Buka aplikasi Google Chrome, kemudian klik icon tiga titik yang ada pada pojok kanan atas.
  3. Pilih More Tools > Extentions
  4. Langkah selanjutnya masuk ke Folder IDM (lokasi tempat Anda menginstal IDM). Untuk pengguna Windows 32bit, maka letaknya di : C:\Program Files\Internet Download Manager. Untuk Windows 64bit, maka letaknya di : C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager.
  5. Setelah masuk ke folder IDM, maka langkah selanjutnya cari file yang bernama IDMGCExt.crx atau berekstensi .crx
  6. Pastikan Google Chrome Anda tetap terbuka.
  7. Klik File IDMGCExt.crx, kemudian Drag (atau Tarik file tersebut) Ke Google Chrome Pada Halaman Extentions (perhatikan Langkan 3)
  8. Setelah di Drag, maka akan muncul notifikasi untuk konfirmasi penambahan Ekstensi IDM.
  9. Klik Add Extention. Maka secara otomatis IDM akan terinstal di Google Chrome.
  10. Jika, berhasil maka akan ada Ekstensi IDM di halaman tersebut.
  11. IDM siap Untuk digunakan.

#B. Mengaktifkan IDM di Mozilla Firefox

Mengaktifkan IDM pada mozilla sangat mudah dibandingkan dengan Google Chrome. Yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke halaman Add-Ons dengan mengeklik Icon menu pada bagian kiri atas Mozilla. Atau Anda bisa menuliskan about:addons pada halaman pencarian. Setelah masuk ke halaman Add-Ons maka Anda akan menemukan Ekstensi dari IDM pada halaman tersebut. Anda hanya perlu menekan Enable pada IDM untuk mengaktifkan. Jika sudah tutup Mozilla kemudian masuk kembali. Maka IDM telah aktif dan siap untuk digunakan.

Lantas, bagaimana jika pada halaman itu tidak ada Ekstensi IDM. Penyebab ini terjadi adalah Anda tidak mengizinkan konfirmasi pada IDM saat pertama kali di Instal. Maka apa yang harus Anda lakukan?

Cara Mengatasi IDM yang Tidak Muncul Pada Halaman Ekstensi Mozilla

  1. Download File idmmzcc-xul.xpi melalui halaman : https://getidmcc.com/
  2. Setelah di download, Buka aplikasi Browser kemudian Klik CTRL + O.
  3. Cari file idmmzcc-xul.xpi yang telah di download.
  4. Klik file tersebut kemudian klik open
  5. Akan ada notifikasi untuk menginstal Ekstensi IDM, kemudian klik Instal Now
  6. Setelah berhasil di instal. Masuk ke halaman Add-Ons untuk memastikan bahwa IDM telah di Enable atau Di aktifkan.
  7. Jika sudah maka IDM siap untuk digunakan.
Itulah artikel tentang Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome dan Mozilla Firefox. Sangat mudah bukan cara kita mengaktifkan IDM pada Browser. Cara di atas sering saya gunakan ketika mengisntal baru selesai instal laptop dan browser. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada kesalahan kata mohon dimaafkan. Terima Kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel