Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman

Gammafisblog.com - Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman - Setiap orang tentu memiliki privasinya masing-masing. Karena sifatnya privasi maka tentu ia tidak ingin semua orang tahu, terkecuali orang yang telah ia percaya. Kemudian setiap orang akan melakukan apa saja untuk melindungi privasi miliknya. Ada banyak hal yang sifatnya privasi, contohnya file pribadi yang ada di laptop atau komputer Anda seperti foto, video, dokumen, folder dan file-file pribadi lainya yang bersifat privasi. Atau file-file penting lainya yang dirahasiakan dari orang lain. Ketika file tersebut bersifat rahasia maka tidak jarang Anda menyimpan file tersebut di dalam folder-folder yang begitu dalam, misalnya Anda menyimpannya di folder dalam folder-folder.
Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman

Cara ini tentu saja kurang efektif dan efisien, karena bisa saja Anda lupa dan bingung sendiri mencari folder tersebut. Selain itu cara ini masih terbilang sangat mudah untuk di buka oleh orang lain. Jika Anda menyimpan file di folder dalam folder maka akan menimbulkan sifat penasaran orang tentang apa sebenarnya yang ada dalam folder-folder ini. Selain itu cara ini masih bisa ditemukan dengan menggunakan menu search. Maka dari itu Anda memerlukan cara lain untuk mengatasi hal ini.

Pada umumnya ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan file atau folder pribadi. Cara pertama yaitu menggunakan Aplikasi Pengunci Folder. Cara ini sangat efektif dan telah digunakan oleh kebanyakan orang. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mendownload aplikasi Folder Lock, kemudian instal dan masukkan kode yang ingin Anda gunakan dan terakhir pilih folder yang ingin di sembunyikan. Aplikasi ini mampu menyembunyikan file, setelah Anda memasukkannya ke dalam folder terkunci. Dengan demikian maka tidak ada satu orang pun yang tahu dimana folder tersebut berada. Kemudian cara kedua adalah tanpa menggunakan aplikasi.

Pada dasarnya setiap komputer memiliki fitur untuk menyembunyikan file atau folder. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengamankan file Anda. dengan cara ini maka dijamin orang lain tidak akan bisa lihat folder tersebut. Untuk cara menggunakannya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman


Langkah 1 : Masuk ke Local Disk tempat folder Anda berada.

Langkah 2 : Cari folder atau file yang ingin Anda sembunyikan, kemudian klik file atau folder tersebut. Jika Anda mengeklik file maka artinya hanya file tersebut yang akan Anda sembunyikan. Sedangkan jika Anda mengeklik folder maka semua file yang ada pada folder tersebut akan di sembunyikan.

Langkah 3 : Klik View pada bagian atas, kemudian cari dan klik “Hide Selected Items”. Cara ini saya lakukan pada Windows 8.1 untuk Windows 7 dan lainya silahkan menyesuaikan. Karena intinya Anda harus mencari “Hide Selected Items”.

Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman

Langkah 4 : Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk konfirmasi. Pilih yang pertama untuk menyembunyikan folder saja atau pilih yang kedua untuk menyembunyikan folder, sub folder dan file. Kemudian terakhir klik Ok.

Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman

Langkah 5 : Selesai. Secara otomatis file tersebut akan hilang dari pandangan Anda.

Selanjutnya Anda Bertanya : Bagaimana Cara Mengakses Folder Tersembunyi Tersebut?

Untuk mengembalikan folder yang telah disembunyikan tersebut sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan “Show Hidden Folder”. Baik cara menegatifkannya adalah sebagai berikut :

Langkah 1 : Perhatikan gambar di bawah langkah 3 di atas. pada bagian kanan atas gambar ada Options. Klik Options tersebut, maka akan muncul “Folder Options”

Langkah 2 : Pilih “View” dan pilih “Show Hidden Files, Folder, and Drives”. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman

Langkah 3 : Klik Apply, maka secara otomatis semua folder yang telah Anda sembunyikan akan muncul.

Langkah 4 : Masuk ke Local Disk tempat Anda menyimpan folder tersebut.

Langkah 5 : Untuk menghilangkan status Folder Tersembunyi. Caranya sama dengan cara menyembunyikan file, dengan mengeklik kembali “Hide Selected Items” untuk menonaktifkannya.

Itulah artikel tentang Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman. Bagaimana ? Mudah bukan untuk menyembunyikan file. Cara ini bisa Anda gunakan agar file Anda bisa aman dari kejailan orang. Anda juga bisa menyembunyikan tugas Anda dengan cara ini agar aman. Atau menyembunyikan apa saja yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Gunakan cara ini untuk hal yang bermanfaat dan semoga apa yang saya jelaskan memberikan manfaat untuk Anda. Terima Kasih atas kunjungan Anda dan sampai jumpa di lain waktu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Aplikasi dan Tetap Aman"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel