Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2x2 Menggunakan Python

Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2x2 Menggunakan Python

Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2 x 2 Menggunakan Python - Pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan berbagi informasi mengenai coding matriks 2D sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python. Ada 3 operasi Matriks yang akan kita bahas, yaitu operasi penjumlahan, pengurangan dan perkalian dua matriks. Disini kita mulai belajar membuat program yang paling sederhana terlebih dahulu, yaitu matriks ordo 2x2. Karena disini saya juga masih dalam tahap belajar.

Baca Juga : Belajar Konsep Dasar For Loop (Perintah Perulangan) pada Java
Program Operasi Matriks Ordo 2 x 2 Menggunakan Python

Ada beberapa teknik yang akan kita gunakan disini. Pertama kita membuat atau mendefinisikan fungsi terlebih dahulu, yaitu fungsi Mult (yang didefinisikan sebagai perkalian matriks), fungsi add (sebagai penjumlahan matriks) dan fungsi min (sebagai pengurangan matriks).

Kenapa kita menggunakan teknik membuat atau mendefinikan sebuah fungsi. Disini saya berpendapat bahwa pendefinisian fungsi ini akan membuat kita mudah dalam menggunaka dan memanggil fungsi tersebut.

Musalkan ketika kita ingin mengalikan 2 matriks U dan V maka kita hanya mengetik Mul(U, V). Jadi fungsi yang telah kita definisikan ini dapat dijadikan sebagai sebuah libary yang dapat dipangil kapan saja kita inginkan. Tentu saja dengan format yang telah ditentukan atau yang dibuat oleh pembuat program.

Di python sendiri, library tentang operasi matriks telah tersedia. Anda dapat mengimport library tersebut dengan menuliskan perintah "import numpy as np". Jika anda mengimport library numpy tersebut maka artinya kita hanya menggunakan saja. Tanpa belajar tentang bagaimana sih cara membuat program matriks 2x2 menggunakan python.

Jadi, jika anda ingin belajar sendiri tentang bagaimana cara membuatnya maka simak pembahasan berikut ini.

Program Operasi Matriks Ordo 2 x 2 Menggunakan Python

Sebagai catatan : Mungkin program yang kita bahas disini belum begitu efisien. Namun, program ini dapat dijadikan sebagai referensi. Dengan program ini diharapkan anda bisa memahami tentang program matriks sederhana menggunakan bahasa python dan dapat anda kembangkan lagi.

1. Membuat atau Mendefinisikan Fungsi

Dalam bahasa membuat atau mendefinisikan fungsi dalam bahasa pemrograman python sangatlah sederhana. Anda hanya perlu memberikan nama dan isi pada fungsi tersebut. Nama fungsi sesuaikan dengan apa yang ingin anda buat. Mislakan anda ingin membuat fungsi penjumlahan maka anda bisa memilih nama fungsi "Penjumlahan". Kemudian isi dari fungsi tersebut bergantung dari algoritma yang ingin anda jalankan pada fungsi tersebut.

Contoh :
Kita ingin membuat sebuah fungsi penjumlahan dari 2 variabel a dan b. Maka kita bisa membuat atau mendefinisikan fungsi sebagai berikut:
def penjumlahan(a,b):
    c = a + b
 
    return c
Keterangan :
  • penjumlahan adalah nama fungsi.
  • (a,b) adalah 2 variabel yang ingin kita olah atau operasikan. Atau bisa dibilang (a,b) adalah sebuah variabel yang diketahui atau yang akan dimasukan pada fungsi untuk di olah. Jika kita memiliki 3 variabel input maka kita tulis (a,b,c), jika empat (a,b,c,d) dan seterusnya. Pada python anda juga bisa memasukan variabel berupa array.
  • c = a + b adalah operasi penjumlahan dari nilai input atau algoritma dari fungsi
  • return c adalah kita mengembalikan nilai c sebagai nila yang diinginkan atau hasil dari operasi tersebut.

2. Menggunakan Algoritma Looping In Python

Untuk menyingkat penulisan coding maka kita dapat menggunakan fungsi looping atau pengulangan. Disini kita menggunakan fungsi "for" untuk pengulangan. Berikut adalah bentuk sederhana dari fungsi looping (for) pada python:

for i in range(n):
    print(i, " hello word")
Keterangan:
i adalah indeks
n adalah jumlah data

3. Menggunakan Statement in Python

Statement dalam bahasa pemrograman adalah sebuah keadaan yang memiliki syarat dan jika syarat tersebut terpenuhi maka semua yang diperintah didalam statement akan dieksekusi atau dijalankan. Dalam python ada beberapa bentuk statement, yaitu if, if..else, dan if..elif..else. Intinya adalah ada logika if dan else. Logika if merukana logika "Jika kondisi terpenuhi maka perintah dieksekusi". Kemudian else "Jika kondisi if tidak terpenuhi maka perintah didalam else akan dijalankan".

Contoh :
Menu_Nomor = 1
if Menu_Nomor == 1 :
    print("Anda Pesan Nasi Goreng")
if Menu_Nomor == 2 :
    print("Anda Pesan Nasi Campur")
 
if Menu_Nomor == 3 :
    print("Anda Pesan Nasi Rendang")
Keterangan:
Jika yang dipesan nomor 1 maka anda pesan nasi goreng, jika sama dengan 2 maka anda pesan nasi campur dan jika nomor 3 maka nasi rendang. Silahkan pesan yang mana...?

Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2 x 2


Download file Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2 x 2. Catatan : program tersebut dapat dibuka menggunakan sorfware "anaconda", "Google  Colaboratory" atau software lainnya yang mendukung.

Output Program


Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2 x 2 Menggunakan Python

Itulah artikel tentang Contoh Program Operasi Matriks Ordo 2 x 2 Menggunakan Python. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika artikel ini bermanfaat maka share artikel ini agar kami tetap bersemangat membuat artikel tentang python lainya yang lebih menarik. Kami ucapkan terimakasih karena telah berkunjung dan sampai jumpa kembali dilain kesempatan.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"