8 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Gammafisblog.com - 8 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Pepaya merupakan buah yang begitu enak ketika dimakan. Tidak hanya itu, dibalik keenakan dan rendahnya kalori buah pepaya ternyata memiliki sejuta kandungan vitamin dan mineral. Hal ini tentu saja tidak mengherankan jika pepaya memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.
8 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Nutrisi yang terkandung dalam buah yang satu ini terbilang sangat banyak, bahkan buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Di dalam satu buah pepaya mengandung minimal 235 mg vitamin C. Jumlah ini lebih banyak 2 sampai 3 kali dari kebutuhan harian yang disarankan.

Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Diantara nutrisi tersebut adalah terdapat vitamin A, B1, B3, B5, Vit. E, Vit. K, Likopen, kaya akan serat, kalsium, potasium, folat dan magnesium. Dengan semua nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya tentu sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dan sangat penting untuk dikonsumsi.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bagi sebagian orang mungkin hanya mengenal buah pepaya hanya sebatas buah untuk memperlancar pencernaan. Tapi apakah anda tahu bahwa ada begitu banyak manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh anda. Nah, jika anda merasa penasaran dengan apa saja manfaatnya maka simak pembahasan lengkap berikut ini.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya Bagi Kesehatan

1. Buah Pepaya Dapat Menyehatkan Mata

Buah pepaya sangat kaya akan vitamin A. Ini tentu sangat bermanfaat untuk kebaikan dan kesehatan mata. Vitamin A ini sangat dibutuhkan oleh mata untuk kesehatan kornea mata dan kelembapan mata yang cukup agar selalu terlumasi dengan begitu baik.

2. Buah Pepaya Dapat Menyehatkan Rambut dan Kuku

Apakah anda baru tahu bahwa mengkonsumsi buah pepaya ternyata dapat memberikan kesehatan pada rambut dan kuku. Hal ini dikarenakan pepaya yang kaya akan vitamin dan juga mineral yang sangat dibutuhkan untuk rambut dan kuku. Vitamin dan mineral dalam buah pepaya dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan rambut dan kuku. Buah pepaya ini juga bahkan sering sekali dijadikan sebagai masker rambut untuk menyuburkan rambut.

3. Buah Pepaya Dapat Menyembuhkan Kulit Akibat Terbakar Oleh Sengatan Matahari

Nah, manfaat buah yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Buah pepaya yang memiliki kandungan likopen ternyata dapat menyembuhkan kulit akibat terbakar oleh sengatan matahari. Menurut penelitian, mengkonsumsi likopen dalam jumlah yang cukup dan membantu dalam pemeliharaan kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat ini memiliki peran penting dalam menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Buah Pepaya Dapat Memperlancar Pencernaan

Jika anda memiliki masalah dalam pencernaan (sulit buang air besar), maka mengkonsumsi buah pepaya juga merupakan salah satu solusi. Apakah anda tahu mengapa buah pepaya dapat memperlancar pencernaan?. Hal ini ternyata dalam buah pepaya terdapat sebuah enzim papain yang berperan penting untuk mempermudah protein untuk dicerna. Berdasarkan sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi buah pepaya dalam kurun waktu 40 hari diduga dapat memberikan kesembuhan pada konstipasi dan perut kembung.

5. Buah Pepaya Dapat Memberikan Kesehatan Pada Jantung

Kandungan vitamin C dan likopen dalam buah pepaya dapat menjadikannya salah satu buah yang dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu zat antioksidan dalam buah ini juga mampu meningkatkan efek kolestrol baik (HDL) dalam tubuh.

6. Buah Pepaya Dapat Mengurangi Risiko Terjadinya Kanker

Dengan rajin mengkonsumsi buah pepaya maka akan mengurangi resiko terjadinya kanker. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki zat antioksidan likopen yang dapat mengurangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

7. Buah Pepaya Sebagai Antipenuaan

Kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh membuat buah pepaya sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Tahukah anda bahwa nutrisi yang terkandung dalam buat pepaya memiliki manfaat sebagai antipenuaan. Hal ini dikarenakan buah yang satu ini dapat menjaga kesehatan kulit dan mampu membuatnya terlihat tetap muda.

Misalkan saja enzim papain yang bermanfaat dalam melembutkan dan merevitalisasi kulit. Seta Vit. A dan C yang membantu dalam mengurangi kerutan pada kulit dan mampu memudarkan bintik-bintik hitam. Tidak hanya itu, Vit. C juga sangat berguna dalam proses produksi kolagen yang mampu mengurangi terjadinya keriput pada kulit.

8. Buah Pepaya Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kaya akan vitamin A, B dan E dalam buah pepaya ternyata dapat membantu dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian maka kita akan terhindar dari serangan penyakit infeksi seperti pilek dan flu.

9. Buah Pepaya Baik Untuk Penyakit Demam Dengue

Menurut dugaan ekstrak daun pepaya memiliki manfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam dara seseorang penderita demam berdarah dengue. Sebuah penelitian menunjukan bahwa penderita infeksi dengue yang mendapatkan ekstrak daun buah pepaya dapat mempercepat peningkatan trombosit dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan pengobatan biasa. Akan tetapi efek ini masih perlu diteliti secara klinis lebih lanjut.

Itulah artikel tentang 9 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Bagi anda yang tidak memiliki alergi terhadap buah pepaya dan kandungan yang terdapat di dalamnya, maka mulailah mengkonsumsi buah yang satu ini. Selain buahnya yang segar dan enak, buah ini memberikan manfaat yang begitu banyak bagi tubuh manusia.

Dengan memasukkan buah pepaya dalam menu harian maka kebutuhan nutrisi dan vitamin untuk tubuh anda akan ter-cukupi dan anda akan mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan diatas. Selain itu yang paling penting adalah anda dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti yang telah disebutkan di atas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel