Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Menjadi A4, A5, A6, F4 dan Lainnya

Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Menjadi A4, A5, A6, F4 dan Lainnya. Kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara merubah ukuran kertas di microsoft word dan cara ubah ukuran kertas saat ingin print. Bagi yang sudah tau, mengubah ukuran kertas sangat mudah. Namun, bagi yang baru belajar tentu saja akan kebingungan dimana harus mengubahnya. Anda tenang saja, kali ini saya akan berbagi informasinya kepada anda.

Ukuran kertas di Microsoft Word tidak terlalu lengkap. Artinya untuk ukuran kertas lainnya seperti A1, A2, A5, A6, A7, A8, A9, A10, F4 dan lainnya anda harus setting secara manual. Bagaimana cara mengetahui ukuran kertas tersebut jika di MS Word sendiri tidak ada. Anda bisa melihat Ukuran Kertas F4, A4 dan Lainnya dalam MM, CM, Inchi, dan Pixel pada artikel tersebut. Di artikel tersebut anda bisa melihat semua ukuran kertas HVS yang paling umum digunakan.

Kita semua tau bahwa Microsoft Word adalah aplikasi pembuat dokumen yang paling banyak digunakan oleh banyak orang di dunian terutama di Indonesia. Hal ini karena aplikasi ini sangat mudah digunakan dan cara merapikan tulisan serta mendesain tampilan dokumen sangat mudah. Microsoft Word paling sering digunakan di perkantoran untuk administrasi atau lainnya dan para pelajar atau mahasiswa untuk mengerjakan tugas.

Jika anda saat ini sedang mengerjakan tugas menggunakan Microsoft Word dan ingin merubah ukuran kertas file dokumen. Maka anda berada pada artikel yang tepat. Disini saya akan memberitahukan cara merubah ukuran kertas di word baik secara otomatis dan secara manual untuk ukuran kertas yang tidak tersedia. Nah, untuk tidak memperpanjang kata mari langsung saja kita mulai pembahasannya.


Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Menjadi A4, A5, A6, F4 dan Lainnya

Untuk mengubah ukuran kertas di word sangat mudah sekali. Namun, saya tau anda yang mencari artikel ini masih meras bingung. Mungkin anda tidak tau dimana letak menu untuk setting ukuran kertas atau anda tidak tau berapa ukuran kertas yang anda gunakan. Karena di word sendiri ukuran kertas terbatas, yaitu A3, A4, Legal, Letter, sedangkan lainnya tidak ada. Maka anda harus setting secara manual. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer Anda,
  2. Buka file dokumen yang ingin anda ubah ukuran kertas atau new dokumen jika anda ingin membuat dokumen baru,
  3. Klik menu Layout pada menu bagian atas ms word,
  4. Klik menu size dan pilih ukuran kertas yang anda inginkan. Misalnya ukuran kertas A4 dan lainya.
  5. Jika ukuran kertas yang anda inginkan tidak ada maka anda bisa setting secara manual.
  6. Klik "More Paper Size" untuk setting ukuran kertas secara manual.

Cara Merubah Ukuran Kertas di Word

Catatan:

  • Pilih ukuran kertas A4, letter, legal atau lainnya.
  • Pilih "More Papar Size" Jika ukuran kertas yang anda inginkan tidak ada. Misalnya ukuran kertas F4, A1, A2, A10 dan lainnya.

Setelah anda klik "More Paper Size" maka akan tempil menu seperti gambar dibawah ini.

Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Menjadi A4, A5, A6, F4 dan Lainnya

Keterangan Gambar:


Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word Saat Print

Saat print dokumen atau file apapun yang anda inginkan. Terkadang settingan default kertas di printer tidak sesuai dengan kertas yang anda gunakan. Hal ini tentu saja membuat hasil print akan berantakan dan terkadang terpoting jika ukuran kertas file lebih besar. Oleh karena itu anda harus setting terlebih dahulu ukuran kertas di printer agar sesuai dengan ukuran kertas file word anda. Misalkan saja anda membuat dokumen dengan ukuran kertas F4 maka anda harus sesuaikan ukuran ini di properties printer. Caranya sangat mudah anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah ukuran kertas panjang dan lebar kertas pada printer (Canon atau EPSON):

  1. Klik print (CTRL + P) pada keyboard pada file word yang ingin anda print.
  2. Pilih Printer Properties untuk setting printer.
  3. Silahka cari menu "size" kemudian klik ukuran kertas yang anda inginkan.
  4. Jika ukuran kertas yang anda inginkan tidak ada silahkan klik “User Defined” atau “Custom Size”, biasanya terletak paling bawah pilihan size.
  5. Pada "Paper Size Name" anda bisa masukkan nama apa saja, misalkan F4 untuk menandai bahwa itu adalah ukuran kertas F4.
  6. Pada “Unit”, pilih unit ukuran  “0.01 cm”.
  7. Jika ukuran kertas Anda adalah F4 maka silahkan masukkan Lebar kertas (Paper Width = 2150 mm) dan Tinggi kertas (Paper Height = 3300 mm).
  8. Klik “save” dan “OK”.
  9. Klik “OK” pada Printer dan selesai.
  10. Silahkan anda mulai print karena ukuran kertas anda sudah sesuai. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word Saat Print


Jika anda menggunakan printer lainnya, silahkan anda sesuaikan saja. Karena pada umunya caranya hampir sama saja. Intinya adalah anda harus menyesuaikan ukuran kertas saat ingin print agar hasil print tidak berantakan. Untuk menyesuaikan ukura kertas dokumen dengan printer dapat anda ikuti langkah-langkah diatas.

Jika ada perbedaan atau driver printer telah diupdate dan tampilan berubah. Maka anda silahkan sesuaikan saja, intinya ada harus masuk ke printer properties dan memilih size, kemudian sesuaikan ukuran kertas yang anda gunakan. Untuk ukuran kertas silahkan scroll keatas saya sudah memberikan link artikel khusus membahas ukuran kertas dalam cm, mm, inchi dan pixel.

Jika anda masih bingun dan ada pertannya maka anda bisa bertanya melalui kolom komentar atau langsung WA saya melalui menu contact. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda semampunya. Jika tidak bisa maka saya akan mencoba mencarikan anda referensi terkait masalah tersebut. Jika anda ingin request artikel, maka anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak. Bagi anda yang ingin berkerja sama seperi memposting artikel di blog ini maka anda bisa menghubungi kami juga.

Itulah artikel tentang Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Menjadi A4, A5, A6, F4 dan Lainnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. Agar mereka juga mengetahui apa yang anda ketahui. Jangan lupa juga follow blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya ketika kami baru update artikel. Buka email anda dan klik verifikasi email bahwa anda sudah follow blog inii, karena jika tidak maka anda tidak akan mendapatkan notifikasi dari kami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Menjadi A4, A5, A6, F4 dan Lainnya"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel