Ukuran Kertas F4 dan A4 dalam MM, CM, Inchi, dan Pixel

Ukuran Kertas F4 dan A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10 dalam MM, CM, Inchi, dan Pixel. Secara umum ukuran kertas HVS baik itu A4 maupun F4 dapat dinyatakan dalam satuan mm, cm, inchi dan pixel. Keempat satuan tersebut paling sering dijumpai. Untuk satuan cm dan mm biasa anda temukan dalam menentukan ukuran kertas di microsoft word. Sedangkan untuk satuan pixel dan inchi biasa anda temukan dalam aplikasi desain contohnya photoshop. Walaupuan dalam aplikasi tersebut anda juga dapat menggunakan satuan cm, namun yang umum adalah satuan pixel.

Selain aplikasi MS word dan photoshop masih banyak aplikasi lain yang perlu anda setting ukuran kertas. Seperti saat hendak print membuat undangan dan lainnya. Anda perlu mengetahui ukuran kertas yang anda gunakan. Dengan begitu maka anda tidak akan salah dalam ketika sedang print atau lainnya. Kertas F4 sering sekali digunakan untuk print sebuah laporan atau membuat surat lamaran dan lainnya. Nah, bagaimana anda bisa setting kertas F4 jika anda tidak mengetahui ukuran kertas tersebut.

Untuk ukuran kertas A4 dapat anda temukan dengan mudah di microsoft word. Anda bisa klik menu layout kemudian pilih size maka akan muncul pilihan kertas. Disitu hanya ada piliah kertas untuk A4, A3, Letter, Legal dan lainnya. Namun ukuran kertas seperti A5, A6, F4 dan lainnya tidak ada. Nah, bagaimana cara mengatur kertas di microsoft word menjadi F4 dan lainnya. Dari maka kita mengetahui berapa ukuran kertas tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya kepada anda semua berapa sih ukuran kertas HVS untuk A4 dan F4 atau ukuran kertas lainnya. Simak pembahasan lengkap berikut ini. Baca Juga: Cara Membuat Rumus Logika Lulus Dan Tidak Lulus Di Excel Menggunakan Fungsi IF


Ukuran Kertas F4 dan A4 dalam MM, CM, Inchi, dan Pixel

Berikut ini adalah ukuran kertas F4 dan A4 dalam beberapa satuan.


Ukuran kertas A4 dalam satuan mm = 210 x 297 mm

Ukuran kertas A4 dalam satuan cm = 21,0 x 29,7 cm

Ukuran kertas A4 dalam satuan Inchi = 8,27 x 11,69 in

Ukuran kertas A4 dalam satuan pixel (300 dpi) = 2481 x 3507 px


Ukuran kertas F4 dalam satuan mm = 210 x 330 mm

Ukuran kertas F4 dalam satuan cm = 21,0 x 33,0 cm

Ukuran kertas F4 dalam satuan Inchi = 8,27 x 12,99 in

Ukuran kertas F4 dalam satuan pixel (300 dpi) = 2481 x 3897 px


Ukuran Kertas A0, A4 Hingga A10 dalam MM, CM dan Inchi

Selain ukuran kertas HVS diatas kali ini saya juga akan berbagi ukuran kertas lainnya. Berikut adalah Ukuran Kertas A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10 dalam MM, CM dan Inchi.

Ukuran Kertas A0, A4 Hingga A10 dalam MM, CM dan Inchi

Gambar diatas hanya memberikan informasi untuk satuan cm, mm dan inchi sedangkan untuk satuan pixcel pada dasarnya anda bisa menghitungnya sendiri. Cara mengkonversi satuan mm, cm dan inchi ke satuan pixel.

Ketika ingin conversi satuan cm, mm dan inchi ke satuan pixel maka anda harus menentukan berapa DPI yang anda ingin gunakan. Satuan DPI adalah Dot Per Inchi, satuan ini menunjukkan tingkat resolusi gambar yang anda inginkan. Karena satuannya adalah dot per inchi maka anda bisa menconversi satuan inchi ke pixel dengan mudah.

Untuk Conversi Inchi ke Pixel anda hanya tingal kalikan berapa dpi yang anda inginkan. Misalnya saja anda ingin ukuran kertas A10 dengan resolusi 300 dpi. Maka ukuran pixel yang harus anda setting adalah ukuran kertas A10 dalam satuan inchi dikalikan dengan 300 dpi.

  • Ukuran Kertas A10 adalah 1,02 x 1,46 in
  • Satuan pixel (untuk resolusi 300 dpi) adalah (1,02 x 300 dpi) x (1,46 x 300 dpi)
  • Maka Ukuran kertas A10 dalam satuan pixel (300 dpi) adalah 306 x 438 pixel


Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word dan Excel

Jika anda hendak menggunakan aplikasi MS Word dan Excel serta ingin setting ukuran kertas maka anda bisa mengukuti langkah berikut ini. Baca Selengkapnya: Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

  1. Langkah pertama buka aplikasi Microsoft Word
  2. Klik Page Layout
  3. Cari menu size dan pilih ukuran kertas yang anda inginkan.
  4. Jika tidak ada ukuran kertas yang anda inginkan maka silahkan pilih "More Paper Size"
  5. Kemudian setting ukuran kertas yang anda inginkan.
  6. Pilih Costume Size
  7. Masukkan ukuran kertas yang anda inginkan. Width untuk lebar dan Height untuk tinggi kertas.
  8. Kemudian klik OK, maka secara otomatis kertas anda akan berubah.

Ukuran Kertas F4 dan A4 dalam MM, CM, Inchi, dan Pixel


Itulah artikel tentang Ukuran Kertas F4 dan A4 dalam MM, CM, Inchi, dan Pixel. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda. Agar mereka juga mengetahui informasi ukuran kerta A4 dan F4. Jangan lupa juga untuk follow blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami secara gratis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Ukuran Kertas F4 dan A4 dalam MM, CM, Inchi, dan Pixel"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel