7 Cara Mudah Menabung Uang yang Baik dan Benar

7 Cara Mudah Menabung Uang yang Baik dan Benar. Menabung adalah salah satu kegiatan yang positif untuk masa depan Anda. Dengan menyisihkan uang untuk ditabung maka Anda akan dengan mudah menggunakan untuk keperluan nantinya seperti membeli rumah, mobil, membuka usaha dan lainnya. Walaupun menabung uang itu baik, akan tetapi banyak sekali orang yang susah dalam menabung.

Kesulitan dalam menabung uang ini tentu disebabkan oleh banyak faktor, seperti tidak mengetahui dengan pasti berapa pengeluaran dan pemasukan bulanan Anda, tidak menggunakan uang dengan cerdas dan membeli sesuatu yang padahal itu tidak penting untuk Anda. Terkadang membeli dan menghabiskan uang hanya untuk pamer.

Jika Anda terlalu banyak mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk menabung. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas 7 Cara Mudah Menabung, yang sudah saya rangkum. Anda bisa mencoba gunakan tips-tips menabung ini dan lihat bagaimana hasilnya.


7 Cara Mudah Menabung Uang yang Baik dan Benar

Menabung uang harus dilakukan dengan baik dan benar, harus berdasarkan perhitungan yang rasional. Karena jika tidak maka Anda akan sulit menentukan berapa besar uang yang harus ditabung. Atau bahkan uang yang dihasilkan hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan bulanan saja. Jika demikian maka penting untuk mencari atau membuat pekerjaan sampingan untuk meningkatak pendapatan.

7 Cara Mudah Menabung Uang yang Baik dan Benar

Untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda lebih besar dari pada pemasukan atau sebaliknya maka Anda harus list anggaran pengeluaran terlebih dahulu. Selain itu masih banyak hal yang perlu Anda perhatikan untuk bisa menabung uang secara cerdas. Nah, Anda bisa melihat tips-tips menabung uang di bawah ini. Jika Anda memiliki tips tambahan yang sekiranya bermanfaat maka silahkan bagikan kepada pembaca kami melalui kolom komentar.


1. Membuat List Pengeluaran dan Pemasukan Anda

Ketika kita memutuskan menabung maka bukan berarti kita semerta-merta menyisihkan uang tanpa melakukan perhitungan. Menabung juga harus rasional, dimana kita harus mengetahui dengan betul berapa pengeluaran yang kita perlukan untuk sebulan dan berapa penghasilan bulanan. List semua daftar pengeluaran yang penting dan kebutuhan utama Anda. Kemudian jumlahkan seluruh total pengeluaran dan pemasukan Anda.

Setelah itu baru melihat berapa uang yang dapat Anda sisihkan untuk menabung dengan cara mengurangi pemasukan dengan pengeluaran. Jika masih ada sisa maka uang tersebutlah yang dapat Anda tabung. Jika kurang, maka yang perlu Anda lakukan adalah mencari pemasukan tambahan. Karena tidak mungkin Anda bisa menabung jika kebutuhan sehari-hari saja kurang. Inti dalam menabung adalah buka seberapa banyak yang ada dapatkan akan tetapi seberapa banyak sisa uang yang dapat Anda sisihkan setelah dikurangi dengan kebutuhan.


2. Pisahkan Rekening Tabungan dan Kebutuhan

Tips dalam Menabung yang kedua adalah membuat dua rekening yang berbeda. Mengendalikan uang bukan hal yang mudah, terlebih lagi jika Anda menggabungkan semua uang menjadi satu tanpa memisahkan mana uang kebutuhan sehari-hari dan mana uang tabungan masa depan Anda. Jika semua uang Anda gabung maka terkadang rasional kita dalam memegang uang akan terkalahkan dengan emosional keinginan.

Walaupun Anda berkomitmen untuk menabung akan tetapi masih menggabungkan seluruh uang dalam satu rekening maka itu akan sulit. Anda akan terus merasa bahwa saat ini masih banyak uang dan tanpa sadar menggunakannya. Dengan memisahkan rekening tabungan dan kebutuhan maka Anda dengan mudah mengukur seberapa besar uang yang harus dikeluarkan agar bisa terpenuhi kebutuhan bulanan.

 

3. Memiliki Tujuan dalam Menabung

Untuk membuat Anda semangat dalam menabung tentu saja Anda harus menentukan apa tujuan Anda dalam menabung. Dengan adanya tujuan maka Anda memiliki alasan untuk tidak menghabiskan uang yang Anda miliki hanya untuk keinginan sesaat. Tujuan menjadi tips dalam menabung yang ampuh dalam menjaga motivasi dan semangat menabung. Sehingga penting bagi Anda menentukan apa tujuan menabung.

Tujuan dalam menabung yang telah Anda rencanakan harus benar-benar Anda realisasikan dengan bukti. Misalnya Anda ingin membeli rumah, mobil, atau menabung untuk modal usaha. Maka sisihkan uang tersebut sesuai dengan kemampuan Anda dalam menabung. Jika Anda ingin mempercepat tercapainya tujuan maka Anda bisa mengurangi pengeluaran yang buka kebutuhan atau dengan mencari pekerjaan sampingan. Jangan membuat tujuan yang terlalu membebani Anda, yang sekiranya akan sangat mustahil dan di luar kemampuan. Namun, jika Anda merasa bisa maka harus tetap diperhitungkan dan rasional.


4. Buat Anggaran Bulanan

Ketika Anda ingin menabung maka yang paling penting adalah mengetahui berapa anggaran Anda dalam sebulan dan berapa pemasukan Anda. Pemasukan Anda harus lebih besar dibandingkan dengan anggaran pengeluaran Anda. Buatlah list anggaran bulanan Anda. Ini adalah cara mudah menabung yang paling efektif untuk mengukur seberapa besar kapasitas Anda dalam menabung.


5. Jangan Mengeluarakan Uang untuk hal yang tidak Penting.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya adalah anggaran pengeluaran menjadi salah satu poin penting dalam menabung uang. Anda harus membuat anggaran dengan sangat cermat, artinya jika ada pengeluaran yang menurut Anda tidak penting maka lebih baik jangan mengeluarkan uang untuk hal tersebut. Jika Anda tetap mengeluarkan uang untuk hal tidak penting, maka ini akan membuat anggaran bulanan menjadi bengkak dan membuat Anda kesulitan dalam menabung. Misalnya Anda mengeluarkan uang untuk membeli jajan padahal saat itu Anda tidak terlalu membutuhkannya akan tetapi hanya karena keinginan saja.

Maka coba untuk menghindari hal seperti ini dan pikirkan dengan cermat yang mana benar-benar kebutuhan pokok. Selain itu, jangan pernah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak ada dalam list anggaran Anda. Apalagi jika hal tersebut tidak begitu penting dan tidak bersifat urgen. Karena ini akan membuat anggaran yang telah Anda buat menjadi kuang dan terpaksa mengambil uang tabungan. Alangkah lebih baik jika Anda membuatkan lits pengeluaran tersebut untuk kedepannya, jika diperlukan.


6. Tingkatkan Pendapatan dengan Kerja Sampingan

Tips dalam menabung yang paling efektif berikutnya adalah dengan meningkatkan pendapatan Anda. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan. Hal ini akan membuat Anda lebih bebas dalam menabung uang tanpa mengganggu penghasilan utama. Meningkatkan pendapatan membuat Anda dapat menabung uang lebih banyak sehingga tujuan dalam menabung Anda bisa tercapai dengan cepat. Maka dari itu, Anda harus pandai dalam mencari pekerjaan sampingan yang tentu tidak mengganggu pekerjaan utama.


7. Coba untuk Menabung dalam Bentuk Saham atau Emas

Kita tahu bahwa inflasi mata uang tentu akan mempengaruhi nilai tukar uang. Hal ini akan mengakibatkan nilai uang 50.000 yang kita miliki saat ini akan berbeda dengan 50.000 di 5 atau 10 tahun yang akan datang. Hal ini dikarenakan turunnya nilai tukar rupiah akibat inflasi. Untuk menjaga nilai tukar uang maka Anda dapat menabung uang dalam bentuk tabungan emas. 

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang saham itu akan jauh lebih baik ketika Anda menabung dalam bentuk saham. Karena kita tahu, jika tepat dalam memilih pasar saham maka nilai saham tersebut akan meningkat 10% - 20% atau bahkan lebih di 5 atau 10 tahun yang akan datang. Jadi, jika Anda belum memiliki rencana terhadap uang tersebut dalam 5 atau 10 tahun yang akan datang ada baiknya Anda mempelajari tentang cara menabung saham yang baik. 

Itulah artikel tentang 7 Cara Mudah Menabung Uang yang Baik dan Benar. Semoga tips dalam menabung kali ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman Anda yang merasa kesulitan saat menabung uang dan merasa uang tetap habis walau disisihkan. Jangan lupa juga untuk follow blog ini untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "7 Cara Mudah Menabung Uang yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel