Manfaat Sayuran Bagi Tubuh yang Harus Diketahui

Manfaat Sayuran Bagi Tubuh yang Harus Diketahui. Mengkonsumsi sayuran tentu sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral untuk kebutuhan tubuh. Setiap jenis sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral masing-masing. Sehingga manfaat sayuran akan berbeda-beda satu dengan lainnya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui informasi kandungan vitamin dan mineral dari setiap sayuran.

Manfaat sayuran sangat beragam seperti mampu menjaga kesehatan mata, kulit, mencegah kangker dengan zat anti oksidan sayur, memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa informasi manfaat sayuran bagi kesehatan tubuh. Dengan informasi ini maka anda bisa tahu bahwa sayur apa yang harus dikonsumsi ketika ingin menjaga mata tetap sehat dan pendangan tetap jelas.


Manfaat Sayuran Bagi Tubuh yang Harus Diketahui

Ada banyak sekali manfaat sayuran untuk tubuh yang harus anda ketahui sehingga sangat disayangkan untuk anda lewatkan. Terlebih lagi bagi anda yang tidak suka makan sayur. Setelah mendapatkan informasi ini maka cobalah untuk pertimbangkan agar tetap mengkonsumsi sayuran setiap hari. Berikut adalah beberapa manfaat sayuran serta kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk anda ketahui.

Manfaat Sayuran Bagi Tubuh yang Harus Diketahui


1. Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Wortel adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral. Menurut  USDA (Unites State Departement of Agriculture), dalam 100 gram wortel mengandung 95% bagian yang dapat dimakan, 91.6 gram Air, 1.1 gram Protein, 7.6 gram Glucida, 10 g Karbohidrat, 3.1 g Serat, 33 kcal Energi, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Na, K, Fe, P, Niacin dan Zn. Selain itu wortel juga mengandung pigmen karotenoid dalam bentu beta-karoten yang berfungsi sebagai zat antioksidan bagi tubuh. Zat antioksidan ini berperan dalam menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, wortel sangat bermanfaat bagi tubuh anda, karena dapat mencegah kanker akibat radikal bebas.

Selain sebagai pencegah kanker, wortel juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, kulit, dan mata. Hal ini karena wortal kaya akan kandungan Vitamin A. Kekurangan vitamin A dapan menyebabkan erophthalmia. Hal inilah menjadi salah satu penyebab pandangan seseorang menjadi rabun di malam hari. Dengan rajin mengkonsumsi sayuran wortel maka akan memenuhi kebuituhan Vitamin A untuk kesehatan mata. Anda bisa mengkonsumsi sayuran wortel dalam bentuk jus atau dimasak menjadi sup dengan sayuran lainnya.


2. Manfaat Bayam Bagi Tubuh

Mengkonsumsi sayuran bayam akan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena bayam kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Dalam 100 gram sayuran bayam mengandung Kalori 23 kkal, Karbohidrat 3.6 g, Serat 2.2 g, Gula 0.4 g, Lemak 0.4 g, Omega3 138 mg, Protein 2.9 g, Vitamin K1, A, C, B2, E, B6, B1, B3, Folat, Mangan, Magnesium , Kalium, Zat besi, Kalsium, Tembaga, Fosfor, Seng, Natrium, dan Selenium. Semua kandungan vitamin dan mineral tersebut bisa anda dapatkan dengan hanya mengkonsumsi sayuran bayam.

Kandungan nitrat dalam sayur bayam sangat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah, hal ini tentu saja akan meringankan beban kerja pada jantung. Dengan mengkonsumsi bayam maka jantung dan tekanan darah anda menjadi sehat dan bagus, yang dapat mencegah terjadinya stroke dan gangguan jantung. Dilihat dari manfaat sayuran bayam maka cobalah untuk mengkonsumsi bayam. Selain itu tekstur dan rasa sayur bayam sangat enak ketika dimakan.


3. Manfaat Kangkung Bagi Tubuh

Selain wortal dan bayam, kangkung juga merupakan sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga penting bagi anda untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Dalam 100 gram sayuran kangkung terdapat Air 91 g, Protein 3.4 g, Lemak 0.7 g, Karbohidrat 3.9 g, Serat 2 g, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, Kalium, Tembaga, Seng, Beta-Karoten, Karoten, Thiamin (Vit. B1), Riboflavin (Vit. B2), Niasin (Niacin) dan Vitamin C.

Vitamin A dalam sayur kangkung sangat bagus dalam menjaga kesehatan mata.  Hal ini karena vitamin A berfungsi dalam melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus. Selain itu sayuran kangkung juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini dikarenakan beberapa jenis mineral dalam sayuran kangkung sangat baik untuk mencegah dehidrasi.


4. Manfaat Labu Siam

Labu Siam meruapakan sayuram yang sangat enak untuk dimakan. Selain itu sayuran ini juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Dalam sayur labu siam terdapat Kalori, Karbohidrat, Protein, Lemak, Serat, Vitamin C, B9, K, B6, Mangan, Cooper, Zinc, Kalium, Magnesium. Semua vitamin dan mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Labu siam juga mengadung Myricetin yang sangat berguna sebagai zat antioksidan dan juga meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini.


5. Manfaat Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang dapat anda jumpai dengan mudah dipasar. Namun, apakah anda tau bahwa sebenarnya sayuran ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti Kalori, Air, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Kalium, Fosfor, Sodium, Beta karoten, Vitamin C, A dan K. Vitamin C dan A dalam sayuran brokoli sangat bagus untuk kesehatan kulit dan sebagai zat antioksidan untuk mencegah pertumbuhan sel kangker. Setelah mengetahui manfaat sayuran brokoli ini maka anda jangan lagi menganggap remeh sayuran yang satu ini. Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran ini, karena rasanya yang juga enak ketika sigabung dengan sayuran lain dan dibuat menjadi sup.

Mengkonsumsi sayuran sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Sehingga sangat penting bagi orang tua untuk memperhatikan anak agar tetap mengkonsumsi sayuran. Sayuran kaya akan vitamin dan mineral juga sangat bagus untuk pertumbuhan otak. Banyak mengkonsumsi sayuran sejak kecil akan sangat bagus untuk kebutuhan gizi. Namun, jangan lupa untuk optimalkan tumbuh kembang si buah hati dengan susu dancow.

Itulah artikel tentang Manfaat Sayuran Bagi Tubuh yang Harus Diketahui. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Ingin tahu apa saja Manfaat Sayuran untuk Pertumbuhan Si Kecil anda bisa kunjungi website dancow.co.id. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, jangan lupa share artikiel ini dan follow blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru secara gratis dari kami. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kambali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Manfaat Sayuran Bagi Tubuh yang Harus Diketahui"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel