Rumus Penjumlahan di Excel serta Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

Rumus Penjumlahan di Excel serta Pengurangan, Perkalian dan Pembagian. Jika anda bertanya apa saja Rumus Penjumlahan di Excel ? maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana Cara Menjumlahkan di Excel serta bagaimana cara mengurangi, membagi dan mengalikan data. Untuk operasi matematik sederhana di microsoft excel anda bisa menggunakan operator aljabar seperti (+, -, / dan *) itu adalah operator untuk penjumlahan, pengurangan, pembagian dan pengalian.

Untuk proses penjumlahan di excel, anda bisa menggunakan operator penjumlahan (+) atau anda bisa menggunakan rumus atau fungsi. Rumus Penjumlahan biasanya digunakan untuk mengjumlahan banyak data sekaligus, misalkan anda ingin menjumlahan 100 data atau lebih maka anda bisa menggunkaan rumus SUM(data1, data2, data3, data-n, ...) atau anda bisa langsung menulisakan SUM(data1:data-n) maka secara otomatis semua data tersebut akan dijumlahkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa ikuti tutorial yang sudah saya bahas secara lengkap di bawah.

Untuk proses pengurangan dan pembagian, tidak ada rumus atau fungsi khusus anda hanya bisa menggunakan operator - dan /. Sedangkan untuk cara mengalikan data di excel anda bisa menggunakan rumus product(data). Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengurutkan Data di Excel untuk Angka, Huruf, Tanggal atau Waktu


Rumus Penjumlahan di Excel serta Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menjumlahkan, mengurangi, membagi dan mengalikan di excel. Artikel ini berupa tutorial sederhana untuk anda yang beru pertama kali menggunakan aplikasi microsoft excel dan masih belum banyak tau bagaimana cara mengoperasikkannya. Di excel sendiri adala Rumus Penjumlahan dan Perkalian yang dapat anda gunakan untuk mempersingkat waktu dan tenaga. Karena mengolah data bukan hal yang mudah, terutama jika datanya sangat banyak hingga ribuan data. Oleh karena itu saya membuat artikel ini untuk memudahkan anda dalam mengolah data atau mengerjakan tugas sekolah.


1. Rumus Penjumlahan di Excel

Untuk operasi penjumlahan di excel anda bisa menggunakan operator penjumlahan (+) atau menggunakan fungsi SUM. Operator (+) biasanya digunakan untuk menjumlahkan data yang sedikit.  Namun, jika jumlah data yang ingin anda jumlahkan sangat banyak misalnya ada 100 data atau bahkan ribuan data, tentu saja pemjumlahan menggunakan operator (+) bukan cara yang efektif. Maka dari itu anda harus menjumlahkan dengan rumus penjumlahan di excel yaitu SUM(data).


a. Rumus Penjumlahan di Excel untuk Data yang Sedikit

Ketika anda ingin menjumlahkan data microsoft excel maka anda bisa menggunakan operator penjumlahan (tanda +). Ini khusus untuk data yang sedikit, misalkan hanya ingin menjumlahkan dua data. Jika lebih maka akan lebih bagi mengguankan rumus penjumlahan.

Perhatikan gambar dibawah ini, saya ingin menjumlahkan data pada Kolom C yaitu data Banyak Buah. Dari data tersebut terlihat bahwa banyak buah mengga terletak di kolom dan baris C2, Nanas di C3, Apel di C4, Buah Naga di C5 dan Jeruk di C6. Maka rukus untuk menjumlahkan semua jumlah buah tersebut adalah

Rumus Penjumlahan Excel

=C2+C3+C4+C5+C6

Rumus Penjumlahan di Excel serta Pengurangan, Perkalian dan Pembagian

b. Rumus Penjumlahan di Excel untuk Data yang Banyak

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa untuk menjumlahkan nilai atau data dalam jumlah banyak di excel maka anda bisa menggunakan rumus SUM(data). Untuk lebih lengkapnya perhatikan gambar dibawah ini.

Rumus Menjumlahkan Data Banyak Buah di Excel

=SUM(C2:C6)

C2:C6 artinya adalah kita menjumlahkan data Banyak Buah dari C2 sampai data ke C6.

Misalkan anda memiliki 100 data yang ingin dijumlahkan dan terletak di C2 sampai C101 maka anda bisa menjumlahkan semua data dengan rumus =SUM(C2:C101).

Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian di Excel

c. Rumus Penjumlahan yang Lain di Excel

Selain rumus penjumlahan SUM(data) di excel, masih banyak lagi rumus penjumlahan lainnya. Setiap rumus penjumlahan disesuaikan dengan kebutuhan dan data apa yang akan diolah. Misalkan kita ingin menjumlahkan sebuah data dengan syarat tertentu, maka nkita dapat menggunakan rumus SUMIF. Nah, apa saja rumus penjumlahan di excel yang perlu anda ketahui simak pembahasan lengkap berikut ini:

  • Rumus Penjumlahan SUMIF adalah rumus penjumlahan data dengan syarat atau kriteria tertentu. Misalakan kita ingin menjumlahan data Banyak Buah yang jumlahnya diatas 100. Maka semua data Banyak Buah diatas 100 akan dijumlahkan sedangkan untuk data dibawah 100 akan dibaikan atau tidak dijumlah.
  • Rumus Penjumlahan SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan lebih dari satu kriteria atau syarat (Banyak kriteria).
  • SUBTOTAL adalah sebuah fungsi atau rumus di excel yang berfungsi untuk mencari nilai jumlah total data, rata-rata, nilai minimum, maksimum, banyak data atau perkalian semuah data dan masih banyak lagi, silahkana anda lihat sendiri.
  • SUMPRODUCT adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan hasil perkalian dari nilai dan kuantitas. Misalkan harga sebuah aple 5.000 dan sebuah jeruk 1.500 kemudian anda membeli 5 buah aple dan 17 buah jeruk, maka harga total yang anda harus bayar dapat dihitung menggunakan rumus SUMPRODUCT. Mungkin terlihat sepele jika anda hanya membeli 2 jenis buah, tetapi jika anda membeli ratusan jenis buah atau lainnya maka rumus ini akan sangat bermanfaat.
  • COUNT adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengetahui banyak data dalam matriks excel.
Masih banyak lagi fungsi penjumlahan lainnya yang ada di excel. Mungkin akan saya bahas di lain kesempatan.


2. Rumus Pengurangan di Excel

Untuk rumus pengurangan di excel terbilang sangat mudah dan tidak ribet. Karena anda hanya bisa menggunakan operator pengurangan yaitu tanda min (-) untuk mengurangi sebuah data. Contohnya jika kita ingin mengetahui berapa sisa dari buah mangga, maka kita bisa mengurangi Banyak Buah Mangga (C2) dengan Banyak Buah Mangga yang sudah terjual (D2), untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar dibawah ini.

Rumus Pengurangan di Excel


3. Rumus Pembagian di Excel

Sama seperti rumus pengurangan, rumus pembagian di excel juga sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan operator pembagian, yaitu garis miring (/). Misalkan anda ingin mengetahui rasio Banyak Buah Mangga dengan Banyak Buah Nanas maka anda bisa membagi buah mangga dengan nanas. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Rumus Pembagian di Excel


4. Rumus Perkalian di Excel

Ada dua cara mengalikan sebuah data di excel, yaitu menggunakan rumus perkalian (PRODUCT) dan oeprator perkalian (*). Untuk operator perkalian biasa digunakan untuk mengalikan dua buah data atau nilai. Sedangkah rumus perkalian (PRODUCT) adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mengalikan seluruh data yang anda ingingkamn pada matriks excel.

Rumus Perkalian di Excel

PRODUCT(C2:C6) artinya adalah kita mengalikan data dari C2 hingga C6, yaitu C2*C3*C4*C5*C6. Dengan rumus ini maka anda mengalikan semua data secara sekaligus, ini akan lebih mudah dibandingkan anda mengalikan satu per satu.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel di Excel 2007, 2010, dan 2016

Itulah artikel tentang Rumus Penjumlahan di Excel serta Pengurangan, Perkalian dan Pembagian. Semoga apa yang saya bahas pada artikel kali ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga mengetahui rumus penjumlahan di excel serta pengurangan, pembagian dan perkalian. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpe kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Rumus Penjumlahan di Excel serta Pengurangan, Perkalian dan Pembagian"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel