Apa itu Mutual Fund (Reksa Dana), Cara Kerja dan Jenis-Jenis

Apa itu Mutual Fund (Reksa Dana), Cara Kerja dan Jenis-jenisnya. Mutual Fund atau Reksa Dana adalah adalah salah satu jenis investasi uang yang mengumpulkan dana dari para investor untuk dikelola oleh pengelola Reksa Dana (Manajer Investasi) yang kemudian dana tersebut diinvestasikan dalam sekuritas seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang, dan aset lainnya. Pihak pengelola reksadana merupakan oleh yang sangat profesional dan bidang investasi sehingga mereka akan berusaha untuk menghasilkan keuntungan dari dana yang telah dikumpulkan untuk dibagikan kepada para investor sesuai dengan besar atau presentasi kepemilikkan dana atau saha yang diinvestasikan.

Investasi menjadi salah satu cara mendapatkan uang di zaman modern, dimana anda bisa mendapatkan pendapatan keuntungan dari uang yang diinvestasikan. Berinvestasi menjadi slaah satu pilihan yang tepat untuk menyimpan uang anda. Karena dengan menabung dalam bentuk investasi maka uang tersebut akan bertambah. Namun, anda juga harus cerdas dalam berinvestasi. Anda harus mempelajari dengan betul kemana uang yang akan anda investasikan dan uang tersebut akan diinvestasikan ke mana, track record perusahaan tempat anda investasi dan dalain sebagainya. Salah satu pilihan investasi yang bisa anda coba adalah investasi dalam Reksa Dana.

Berinvstasi dalam Reksa Dana (Mutual Fund) bukan berarti tanpa resiko, sehingga setiap investor akan berpartisipasi atas keuntungan atau kerugian dari dana tersebut secera proposional atau presentasi besar saham yang dimiliki. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mempelajari dulu sebelum berinvestasi pada sebuah perusahaan.

Apa itu Mutual Fund (Reksa Dana), Cara Kerja dan Jenis-jenisnya


Apa itu Mutual Fund (Reksa Dana) dan Cara Kerjanya

Reksa dana (mutual fund) adalah sertifikat yang menjelaskan bahwa pemiliknya menitipkan sejumlah uang kepada pengelola Reksa dana (Manajer Investasi) untuk digunakan sebagai modal berinvestasi di pasar uang atau pasar modal sesuai dengan kebijakan investasi yang dipilih. Pada umunya, investor yang berinvestasi dalam Reksa Dana (Mutual Fund) akan mendapatkan keuntungan investasi dari tiga sumber:

  1. Pendapatan dari Dividen saham dan bunga obligasi yang dimiliki dalam portofolio dana. Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan pada periode tertentu kepada pada investor atau pemegang saham. Misalkan anda berinvestasi pada sebuah perusahaan dan dalam waktu satu tahun perusahaan tersebut mendapatkan keutungan, setelah dilakukan pencatatan dan lainhal diperoleh keuntungan. Deviden tersebut akan dibagian kepada para investor sesuai dengan presentasi kepemilikian saham.
  2. Jika reksa dana menjual sekuritas yang harganya naik, reksa dana tersebut akan mendapatkan keuntungan dari modal yang terkumpulkan. Maka sebagaian besar keuntungan tersebut akan dibagikan kepada kepada investor berdasarakan banyaknya lembar saham yang dimilikinya.
  3. Jika kepemilikan dana meningkat harga tetapi tidak dijual oleh pengelola dana, harga saham dana meningkat. Anda kemudian dapat menjual saham reksa dana Anda untuk mendapatkan keuntungan di pasar.

Begitulah penjelsan singkat dari cara kerja Mutual Fund (Reksa Dana). Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang investasi, reksa dana dan lainnya anda bisa mengunjungi website berikuit www.hsbc.co.id. Diwebsite tersebut anda bisa mempelajari lebih lengkap tentang investasi, saham, pasar modah dan lain sebagainya.


Jenis Mutual Fund (Reksa Dana)

Pada dasarnya reksa dana dibagi menjadi beberapa jenis dimana reksa dana akan dibagi berdasarkan kategori tertentu yang akan mewajili jenis sikuritas yang ditargetkan untuk portofolio serta menargetkan jenis pengembalian dana dan keuntungan yang diinginkan. Berikutt ini adalah beberapa jenis reksa dana yang bisa anda pelajari satu persatu sebelum melakukan investasi ke reksa dana.

  1. Reksa Dana Saham
  2. Reksa Dana Campuran
  3. Reksa Dana Obligasi
  4. Pasar Uang
  5. Reksa Dana Terstruktur
  6. Reksa Dana Terproteksi (Capital Protected Fund)
  7. Reksa Dana Dengan Penjaminan
  8. Reksa Dana Indeks
  9. Reksa Dana Sektor Riil
  10. Reksa Dana Penyertaan Terbatas
  11. Dana Investasi Real Estat
  12. Kontrak Investasi Kolektif Beragun Aset (KIK-EBA)
  13. Exchange Traded Fund
  14. Reksa Dana Konvensional Dan Syariah
  15. Reksa Dana Syariah

Itulah artikel tentang Apa itu Mutual Fund (Reksa Dana), Cara Kerja dan Jenis-jenisnya. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan atau yang masih kurang jelas dari pembahasan di atas, silahkan tulis pertanyaan anda dikolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman blogger anda. Agar mereka juga mengetahui tentang reksa dana dan jenis-jenisnya. Follow blog ini untuk mendapatkan informasi terupdate lainnya dari kami. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpe kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Apa itu Mutual Fund (Reksa Dana), Cara Kerja dan Jenis-Jenis"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel