Cara Menjumlahkan Bilang Kompleks di Excel

Cara Menjumlahkan Bilang Kompleks di Excel. Bilangan kompleks adalah bilangan yang terdiri dari dilangan riil dan imajiner. Bilangan kompleks banyak digunakan dalam menjelaskan permasalahan-permasalahan dalam bidang ilmu fisika, seperti menjelaskan persamaan gelombang (persamaan schrodinger). Operasi bilangan kompleks berbeda dengan cara penjumlahan biasa, kerena persamaan ini mmiliki bagian riil dan imajiner. Untuk menjumlahkan dua bilangan kompeks maka kita harus menjumlahkan bagian riill dan imajiner secara terpisah. Anda harus menjumlahkan bagian riil dengan bagian riil lainnya, begitu juga dengan bagian imajiner.

Proses penjumlahan bilangan kompleks secara manual sangatlah mudah. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, yaitu menjumlahkan kedua bagian secara terpisah. Namun, jika anda ingin menjumlahkan bilangan kompeleks di excel, maka anda perlu mengetahui fungsi bilangan kompleks di excel dan bagaimana sintak penulisan rumus bilangan kompleks di excel. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menjumlahkan dua buah bilangan kompleks di excel menggunakan fungsi complex excel.


Cara Menjumlahkan Bilang Kompleks di Excel

Untuk menjumlahkan dua bilangan kompleks di excel anda bisa menggunakan fungsi IMSUM(number1;number2;number3;...). Saat ini saya menggunakan excel 2016 pemisah antara number adalah (;) untuk excel versi lainnya terkadang menggunakan (,) untuk memisahkan anatara number satu dan lainnya, seperti IMSUM(number1,number2,number3,...).

Penting: Cara menulis bilangan excel di excel.

=COMPLEX(Bilangan Riil; Bilangan Imaginer)

=COMPLEX(A1;B1)

=COMPLEX(2;3) diperoleh hasil 2 + 3i

Number1 adalah bilangan kompleks pertama dan Number2 adalah bilangan kompleks yang kedua, begitu seterusnya. Jadi, jika anda memiliki dua buah bilangan komples maka funsgi penjumlahannya adalah IMSUM(number1;number2).

Misalkan anda memiliki dua bilangan kompleks yaitu A = 2 + 3i dan B = 3 + 2i. Berapakah hasil penjumlahkan kedua bilangan komples tersebut dan berapa besar nilai hasil penjumlahan kedua bilangan tersebut.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi microsoft excel.
  2. Tulis bilangan kompleks A = 2 + 3i dan B = 3 + 2i. Misalkan bilangan kompleks A ditulis pada cell A1 dan bilangan kompleks B ditulis pada cell B1.
  3. Fungsi penjumlahan kedua bilangan kompleks tersebut di excel adalah =IMSUM(A1;B1).
  4. Maka diperoleh hasil penjumlahan kedua bilangan komples adalah 5 + 5i.

How to ADD Complex Numbers in Excel


Cara Menghitung Besar Nilai Bilang Kompleks di Excel

Untuk menghitung besar bilangan komples di excel hampir sama dengan menghitung besar sebuah vektor. Dimana bilangan riil sebagai sumbu X dan bilangan imajiner sebegai sumbu Y, maka besar bilangan kompleks adalah akar(x^2 + y^2). Bagaimana cara memisahkan antara bilangan riil dan imajiner di excel. Untuk mengambil nilai riil di excel silahkan gunakan fungsi IMREAL(inumber). Sedangkan untuk nilai imajiner silahkan gunakan fungsi IMAGINARY(inumber).

  1. Modulus or Magnitude of Complex Number in Excel
  2. =SQRT((IMREAL(inumber)^2)+IMAGINARY(inumber)^2)
  3. inumber adalah bilangan kompleks. Misalkan bilangan kompleks berada pada cell C2 maka fungsi magnitude in excel:
  4. =SQRT((IMREAL(C2)^2)+IMAGINARY(C2)^2)

Modulus or Magnitude of Complex Number in Excel


Baca Juga: Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Menjumlahkan Bilangan Kompleks di Excel. Jika ingin bertanya silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media sosial Anda. Jika berkenan jangan lupa follow blog kami, agar kami semakin semangat membuat artikel-artikel informatif lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Menjumlahkan Bilang Kompleks di Excel"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel