Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol Plastik Bekas untuk Eksperimen Sains Siswa

Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol Plastik Bekas untuk Eksperimen Sains Siswa. Air bersih merupakan salah satu komponen terpenting dalam hidup yang harus tetap ada dalam kondisi apapun. Karena tubuh kita yang tidak mampu bertahan tanpa adanya air. Kekurangan air tentu akan berakibat fatal bagi kesehatan dan bahwa dapat merenggutnyawa. Pada hari-hari biasa tentu kita akan sangat mudah dalam mendapatkan pasokan air. Namun, jika anda bereda dalam masa sulit atau ekstrim seperti tersesat dihutan atau lainnya tentu terkadang sulit untuk mendapatkan air bersih.

Jika anda dalam kondisi yang sulit mendapatkan air bersih namun kondisi tersebut anda sangat kehausan dan membutuhkan minum sedangkan hanya ada air namun dalam kondisi yang keruh atau kotor. Maka memimumnya secara langsung tentu saja akan berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu anda harus anda harus menyaring air tersebut terlabih dahulu. Anda bisa membuat alat penyaring air secara sederhana dari bahwa bekar seperi botol atau lainnya. Dengan alat tersebut maka air keruh atau kotor tesebut bisa menjadi lebih bersih dan bening.


Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol Plastik Bekas untuk Eksperimen Sains Siswa

Sebelum membuat filter air tentu yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah mencari tau apa saja alat dan bahwa yang diperlukan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai alat dan bahan sederhana yang dapat anda gunakan untuk membuat filter dari barang bekas dan tentunya mudah untuk didapatkan. Apa saja alat dan bahan yang perli disiapkan berikut ini akan kami lampirkan.

  1. Arang.
  2. Pasir halus yang bersih.
  3. Botol pelastik (Botol bekas air mineral ukuran besar).
  4. Pisau.
  5. Kapas.
  6. Paku.

Bahan filter utama yang digunakan adalag arang, dimana arang bersifat sebagai karbon aktif yang dapat menarik semua partikel terdispersi dalam air penyebab kotor dan bau pada air. Sehingga semua partikel tersebut akan ditarik oleh partikel arang dan terikan oleh karbon aktif tersebut. Untuk penggunaan botol anda bisa menggantinya dengan wadah apa saja yang terpenting dapat menjadi wadah filter. Selain itu kapas yang berfungsi untuk menahan partikel pasir dan lainnya agar tidak masuk kewadah bisa anda ganti dengan apa saja pada kondisi tersebut yang menurut anda bisa digunakan. Karena terkadang botol dan kapas akan sulit didapatkan jika anda dalam kondisi tersesat.

Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Bahan Bekas Botol Plastik

Alat filter air sederhana menggunakan bahan bekas. Dari gambar diatas terlihat bahwa air kotor yang ada pada gelas menjadi bersih setelah melewati filter tersebut. Untuk proses pembuatan filter air sederhana anda bisa mengikuti langkah-langkah yang secara lengkap berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah anda perlu menyiapkan semua alat dan bahan yang telah kami sebutkan diatas.
  2. Langkah berikutnya potong bagian bawah ujung botol mineral.
  3. Selanjutnya silahkan lubangi tutup botol tersebut menggunakan paku. Lubang ini bertujuan untuk tempat mengalirnya air kotor yang telah bersih setelah melewati filter.
  4. Langkah selanjutnya, beri kapas secukupnya pada bagian dalam tutup botol dan silahkan tutup botol tersebut menggunakan tutup botol yang telah dilubangi dan ditambahkan kapas.
  5. Letakkan botol yang telah diberi lubang dan kapas secara terbalik pada wadah berupa gelas atau lainnya secara terbalik (dimana mulut tutup botol mengarah kebawah).
  6. Selanjutnya silahkan haluskan arang yang telah disiapkan sehingga menjadi seperti bubuk arang.
  7. Tambahkan pasir yang telah disiapkan pada botol tersebut secukupnya.
  8. Selanjutnya tabahkan arang yang telah dihaluskan secukupnya.
  9. Tambahakan lagi pasir yang dilanjutnya dengan penambahan arang halus hingga tampak seperti lapisan pasir dan arang yang berlapis-lapis (silahkan perhatikan gambar diatas).
  10. Dengan begitu maka filter air sederhana telah jadi dan siap untuk digunakan.
  11. Tuangkan air kotor melewati lubang botol yang telah dipotong sebelumnya.
  12. Tunggu hingga air melewati lapisan filter dan masuk kedalam wadah atau gelas yang telah disiapkan.
  13. Setelah melewati filter tersebut maka kotoran pada air akan tertahan pada bagian filter pasir, arang halus dan kapas. Sehingga yang tersisa hanyalah air besih saja.

Selain membutuhkan air bersih, kita juga membutuhkan pakaian tetap bersih dan harum. Untuk menjaga kebersihan dan harum pakaian dan bisa menggunakan deterjen rinso. Rinso adalah sabun deterjen yang dapat membunuh kuman dan bakteri dari keringat dan noda membandel yang lengket pada pakaian. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut produk rinso dan informasi tentang kebersihan dan harum pakaian untuk menjaga kesegaran pakaian anda bisa mengunjungi website resimi rinso.com.

Itulah artikel tentang Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol Plastik Bekas untuk Eksperimen Sains Siswa. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga tahu bahwa membuat filter air sangatlah mudah dan sederhana. Jangan lupa juga untuk follow blog ini untuk mendapatkan updatetan artikel lainnya yang bermanfaat. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol Plastik Bekas untuk Eksperimen Sains Siswa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel