Cara Convert OGG ke MP3 Secara Online dan Offline

Cara Convert OGG ke MP3 Secara Online dan Offline. OGG adalah salah satu format pemuat berkas video dan audio standar dengan kualitas yang tinggi. OGG file memiliki kualitas di atas MP3 dengan ukuran file yang sama. Namun, beberapa media player belum mampu menjalankan file dengan ekstensi ogg. Sehingga anda perlu mengkonversi ke ekstensi yang didukung dan secara umum ekstensi mp3 didukung oleh seluruh media player. Oleh karena itu, untuk memutar file ogg pada media player yang anda inginkan tapi tidak didukung, maka anda harus mengconversi ke format mp3.

Mengubah ekstensi audio ogg menjadi mp3 sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya secara online dan offline. Untuk cara online maka anda bisa melakukannya menggunakan hp android atau laptop. Karena anda hanya perlu mengakses website kemudian website tersebut yang akan mengkonversinya anda hanya tinggal download hasilnya saja. Namun, cara ini tentu membutuhkan kuota internet. Sedangkan cara offline anda bisa melakukannya dengan aplikasi VLC.


Cara Convert OGG ke MP3 Secara Online dan Offline

Pada kesempatan kali ini, gammafisblog akan berbagi informasi tentang dua cara dalam mengubah ogg ke mp3. Baik secara online maupun secara offline. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini juga ditentukan oleh kebutuhan anda. Jika anda ingin cara yang simpel dan menggunakan hp android, maka anda bisa menggunakan cara online. Cara online lebih direkomendasikan jika ukuran file kecil dan anda terkoneksi dengan WiFi. Namun jika anda tidak mempermasalahkan tentang kuota maka silahkan saja. Cara offline juga sangat direkomendasikan karena tidak membutuhkan kuota internet, namun kelemahannya adalah harus menggunakan laptop. Itulah kelebihan dan kekurangan dari kedua cara tersebut. Jika anda penasaran bagaimana caranya silahkan baca selengkapnya.


1. Convert OGG ke MP3 Secara Offline

Cara pertama yang paling mudah dalam mengubah file ogg menjadi MP3 adalah menggunakan aplikasi VLC. Pada umumnya kita hanya tahu bahwa VLC adalah aplikasi media player baik untuk video maupun audio mp3. Namun, apakah anda tahu bahwa VLC bukan hanya aplikasi media player saja. Akan tetapi aplikasi tersebut dapat anda manfaatkan untuk mengubah ekstensi file audio dari ogg menjadi MP3. Selain itu, aplikasi VLC juga dapat digunakan untuk mengubah format codec video ke h264. Baca Juga: Cara Mengubah Format Video MP4 ke H264 di Google

Mengubah format file ogg menjadi MP3 menggunakan aplikasi VLC memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah anda tidak perlu memerlukan akses internet, sehingga tidak buang-buang kuota internet. Apalagi jika ukuran file ogg sangat besar. Nah, jika anda penasaran bagaimana sebenarnya cara convert ogg ke mp3 tanpa kuota, simak pembahasan lengkap berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi VLC
  2. Selanjutnya klik Media >> Konversi / Simpan.
  3. Klik Tambah atau Add dan cari file ogg yang ingin di convert ke mp3.
  4. Setelah file ogg berhasil di tambahakan, langkah selanjutnya klik Konversi / Simpan.
  5. Selanjutnya pada bagian profil silahkan pilih "Audio - MP3". Anda bisa scroll untuk mencarinya.
  6. Kemudian pada bagian file tujuan silahkan klik browse >> silahkan tentukan folder tempat file mp3 akan disimpan dan jangan lupa untuk memberikan nama file dengan ekstensi mp3. Misalnya anda ingin menyimpan dengan nama audio, maka anda harus menulis nama file + ekstensi seperti "audio.mp3".
  7. Langkah terakhir klik star dan tunggu hingga proses konversi selesai. Semakin besar ukuran file maka akan semakin lama proses konversi.


2. Convert OGG ke MP3 Secara Online

Cara Convert OGG ke MP3 Secara Online dan Offline

Jika anda ingin convert ogg ke file mp3 secara online maka anda membutuhkan kuota atau akses internet. Kuota yang anda butuhkan tergantung dari ukuran file yang anda ingin convert. Tentu akan membutuhkan kuota dua kali lipat dari ukuran file karena anda harus upload dan download hasilnya kembali. Bagaimana caranya simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan searching di google atau langsung saja akses halaman berikut https://convertio.co/id/ogg-mp3/
  2. Silahkan atur input file ke OGG dan Output ke MP3.
  3. Klik pilih file dan cari file ogg yang ingin di ubah menjadi mp3.
  4. Setelah file berhasil di upload silahkan klik Konversi.
  5. Tunggu hingga proses konversi selesai.
  6. Selanjutnya klik download file.

Baca Juga: 3 Cara Mengubah PPT Menjadi Video Online dan Offline Lengkap dengan Suara

Itulah artikel tentang Cara Convert OGG ke MP3 Secara Online dan Offline. Dengan adanya informasi ini maka anda tidak lagi kesulitan dalam mengubah file ogg ke mp3, karena hanya tinggal upload file saja maka semua sudah beres. Semoga artikel yang saya bagikan para kesempatan ini dapat bermanfaat untuk anda dan membantu meringankan pekerjaan. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, siapa tau mereka juga sangat membutuhkan informasi ini. Jangan lupa juga follow blog kami untuk terus mendukung kami agar lebih semangat lagi dalam membuat artikel bermanfaat lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel