Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar Untuk Presentasi Tugas dan Skripsi

Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar Untuk Presentasi Tugas dan Skripsi. Microsoft PowerPoint Slides merupakan media yang banyak digunakan untuk membuat file presentasi dengan fasilitas yang lengkap. Membuat ppt tentu bukan hanya asal-asalan, karena anda harus memastikan bahwa ppt tersebut telah memenuhi kaidah kaidah yang tepat atau tidak. Seperti memperhatikan tampil, warna, ukuran font dan masih banyak lagi.

PowerPoint harus dibuat dengan sangat menarik, agar para peserta tidak bosan dalam mempertahankan apa yang anda sampaikan. Tidak hanya memperhatikan isinya saja akan tetapi penting juga memperhatikan template powerpoint yang digunakan. Untuk template ppt saat ini telah banyak yang membagikan secara gratis. Anda bisa cari dengan kata kunci PPT Template Free maka akan banyak website tempat download template ppt gratis.

Kembali ke topik pembahasan, yaitu cara buat ppt yang baik dan benar serta tetap keren. Pada kesempatan kali ini gammafisblog akan berbagi 5 tips yang bisa anda terapkan agar ppt menjadi keren. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya simak pembahasan lengkap berikut ini.


Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar Untuk Presentasi Tugas dan Skripsi

Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar Untuk Presentasi Tugas dan Skripsi

Dalam membuat PowerPoint Slides, penting untuk membuatnya secara baik dan benar. PPT yang baik dan benar harus memperhatikan isi materi yang ingin dipresentasikan, desain template powerpoint, kejelasan ukuran dan font serta penggunaan visualisasi yang relevan dan tiap slide. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini.


1. Menulis Poin Utama atau Inti

Kesalahan yang banyak dilakukan dalam membuat PowerPoint Slides adalah terlalu banyak mengandung kata-kata bahkan semua penjelasan dimasukkan kedalam slide. Hal ini tentu membuat orang tersebut terlihat kurang kesiapan dalam melakukan presentasi atau bahkan terlihat tidak memahami secara konsep mengenai materi yang akan disampaikan. Selain itu, PowerPoint Slides yang banyak mengandung kata-kata akan membuat orang bosan melihat slide yang ditampilkan. Oleh karena itu, cara membuat PowerPoint Slides yang baik dan benar adalah hanya menampilkan point-point penting saja.

Dari namanya saja yaitu Power Point, berarti yang ditampilkan hanyalah point-point penting saja. PowerPoint Slides yang baik dan benar tidak memuat banyak tulisan, akan tetapi hanya menampilkan point penting nya saja. Kemudian yang bertugas untuk dalam melakukan presentasi PPT tersebut yang akan menjelaskan apa maksud dari setiap point tersebut. Dengan begitu maka yang melakukan presentasi akan terlihat sebagai orang yang siap dan paham akan materi yang disampaikan. Sehingga para peserta menjadi tidak bosan dalam mendengarkan materi yang disampaikan.

Hal yang membuat kebanyakan orang memasukkan banyak kata-kata atau penjelasan yang rinci pada PPT adalah takut lupa akan apa yang ingin disampaikan. Nah, untuk mengatasi masalah ini, maka yang perlu dilakukan adalah membuat catatan tersendiri pada buku catatan, atau membuat note atau contekan pada setiap slide PPT. Cara membuat contekan di powerpoint sangat mudah, anda hanya perlu menulis pada kolom clik to add notes dibagian bahwa setiap halaman PPT. Kemudian untuk menampilkan contekan tersebut dengan cara klik tampilkan tampilan presenter. Cara ini biasanya ada para microsoft powerpoint 2013, 2016 dan 2019.


2. Gunakan Best PowerPoint Templates

Selain penyampaian materi yang bagus, penggunaan template power point yang menarik juga sangat penting. Template power point dapat mempengaruhi peserta dalam memperhatikan materi presentasi yang ditampilkan. Jika tampilan template biasa saja dna cenderung monoton tentu akan membuat peserta cepat bosan dan malas melihat PowerPoint Slides yang ditampilkan.

Membuat desain power point sendiri tentu akan sangat melelahkan. Karena desain template bukan hal yang sederhana anda butuh skil dan seni. Nah, jika anda tidak ingin pusing-pusing desain template ppt maka anda bisa download PPT Template Free (Gratis) di Google. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai Cara Download Template Power Point. Silahkan klik link tersebut untuk mengetahui caranya. Dengan memanfaatkan Powerpoint Templates gratisan maka anda akan lebih cepat dan tidak ribet mikirin desain ppt.


3. Gunakan Warna, Ukuran dan Font yang dapat Terbaca

Dalam membuat PPT yang baik dan benar kita juga harus memperhatikan warna dan font yang digunakan. Gunakan warna dan font yang dapat terlihat dengan jelas dan tidak menyakiti mata. Pastikan warna Powerpoint Templates, ukuran dan Font yang digunakan dapat dengan jelas hingga peserta yang berada paling belakang. Gunakan font formal dengan ukurang umum ppt yang digunakan adalah 18 - 24 hal ini tentu di sesuaikan dengan rasio halaman ppt yang anda gunakan. Pada intinya adalah anda harus memastikan bahwa font tersebut dapat terbaca dengan jelas oleh para peserta.


4. Gunakan Visualisi, Infografis, Gambar dan Video yang Relevan

Saat membuat PPT, anda harus memastikan bahwa icon, gambar, infografis dan video yang ingin ditampilkan relevan dengan point yang ingin di sampaikan. Terutama dalam penggunaan icon sebagai visualiasi sebuah proses. Gunakan icon yang relevan dengan proses yang ingin ditampilkan.


5. Gunakan Animasi Dengan Efektif

Untuk membuat ppt agar lebih menarik, bisanya kita menggunakan animasi baik itu animasi dalam memuncukan gambar, kata ataupun efek animasi lainnya dengan tujuan agar ppt menjadi lebih keren. Misalnya anda ingin membuat subjudul pada sebuah halaman akan muncul dari kiri saat slide kemudian dengan klik next maka akan muncul animasi materi yang akan disampaikan. Cobalah untuk memanfaatkan fitur animasi yang telah disediakan oleh microsoft power point dengan efektif.

Itulah artikel tentang Cara Membuat PPT Yang Baik Dan Benar Untuk Presentasi Tugas dan Skripsi. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman anda yang lagi bingung membuat PowerPoint Slides yang benar. Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar anda bisa mendapatkan artikel secara gratis dari kami yang di notifikasi melalui email setiap kali publish artikel terbaru. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakaksih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel