Cara Mengatasi Error Port 80 in use by “Unable to open process” with PID 4! di XAMPP

Cara Mengatasi Error Port 80 in use by “Unable to open process” with PID 4!. XAMPP adalah salah cara yang dapat digunakan untuk membuat website di localhost. Dengan memanfaatkan XAMPP maka kita tidak membutuhkan hosting dan domain untuk merancang dan mendesain sebuah website. Contoh saja saat ingin membuat website toko online, sebelum website tersebut di publikasikan, biasanya dibuat dan dilakukan uji coba terlebih dahulu secara offline.

Saat membuat website di localhost menggunakan XAMPP, tentu saja ada banyak kendala. Mulai dari Plugin yang tidak bisa upload karena melebihi batas maksimal unggah data, masalah program, hingga masalah XAMPP yang tidak bisa di star. Pada kesempatan kali ini saya akan fokus membahas tentang bagaimana cara mengatasi Apache XAMPP yang tidak mau berjalan atau start. Baca Juga: Cara Membuat Website Menggunakan Platform Wordpress Dengan XAMPP Untuk Pemula

Saat terjadi error di XAMPP dimana tidak mau di star dan ketika di klik start malah muncul notifikasi Error Port 80 in use by “Unable to open process” with PID 4!. Tentu saja ini sangat menjengkelkan. Karena anda sudah membuat website dengan susah payah, malah XAMPP gagal star.


Cara Mengatasi Error Port 80 in use by “Unable to open process” with PID 4!

Cara Mengatasi Error Port 80 in use by “Unable to open process” with PID 4!

Ketika terjadi kegagalan start pada XAMPP maka jangan sekali-kali anda hapus atau install ulang XAMPP. Karena tindakan tersebut dapat membuat anda kehilangan website yang telah anda buat. Lantas bagaimana cara mengatasi XAMPP yang error ketika di klik start, simak pembahasan lengkap berikut ini.

Perintah “Windows + R”

  1. Langkah pertama buka CMD prompt. Dengan cara klik windows + R (perhatikan gambar diatas). Kemudian ketika CMD dan enter.

Jalankan CMD Prompt dengan cara Windows + R

  1. Setelah CMD kebuka silahkan tuliskan perintah "net stop was /y" tanpa tanda petik. Kemudian klik Enter.

Cara Mengatasi Error Port 80 di xampp

  1. Tutup CMD, selanjutnya tekan kembali windows + R dan ketik services.msc kemudian enter.
  2. Selanjutnya cari nama service “World Wide Web Publishing Service (WWW-Publishing Service) and Web Deployment Agent Service”.

World Wide Web Publishing Service (WWW-Publishing Service) and Web Deployment Agent Service

  1. Klik kanan pada nama service tersebut dan pilih Stop atau Disable
  2. Jika sudah silahkan jalankan kembali XAMPP anda. Maka akan berjalan seperti sediakala.

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Error Port 80 in use by “Unable to open process” with PID 4!. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Untuk membuat artikel ini bermanfaat bagi banyak orang maka share artikel ke media sosial atau grup anda. Jangan lupa juga untuk follow blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel