3 Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 2 Slide dan 4 Slide Berwarna atau Hitam Putih

3 Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 2 Slide dan 4 Slide Berwarna atau Hitam Putih. Ketika kita tidak mengatur pengaturan saat print sebuah file PowerPoint Slides, maka yang terjadi adalah kita boros kertas. Karena pengaturan dasar PPT adalah Full page Slides, yang artinya jika PPT anda memiliki 20 slides maka anda membutuhkan 20 lembar kertas. Padahal anda bisa hemat kertas dari 20 lembar menjadi 10 lembar atau bahkan hanya 5 lembar saya.

Untuk menghemat kertas maka kita harus mengatur pengaturan printer agar dapat ngeprint 2 slide dalam 1 halaman atau 4 slide sekaligus dalam 1 halaman. Sebenarnya kita juga bisa ngeprint 6 halaman dalam 1 lembar kertas HVS. Namun, perlu diperhatikan juga ukuran keterbacaan tulisan dalam sebuah slide. Maka yang umum digunakan adalah ngeprint 2 atau 4 slide dalam 1 halaman HVS. Untuk 6 slides 1 lembar biasanya digunakan untuk catatan pribadi.


3 Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 2 Slide dan 4 Slide Berwarna atau Hitam Putih

Bagi sebagian orang print 2, 4, 6, 9 slides atau lainnya dalam satu halaman sangat mudah. Namun, bagi anda yang masih pemula tentu belum terlalu mengerti bagaimana caranya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara print powerpoint lebih dari 1 slide dalam satu halaman.

Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 2 Slide dan 4 Slide

Sebelum print lebih dari 1 slide dalam 1 lembar kertas, maka yang perlu anda tahu bahwa saat print lebih dari 1 slide maka halaman slide, teks, gambar dan lainnya yang ada dalam slide akan mengecil. Oleh karena itu penting untuk tahu bahwa batas slide yang dapat di print dalam satu lembar.

Baca Juga: Cara Membuat PPT yang Menarik untuk Pemula

Secara umum kita dapat print hingga 6 slide dalam 1 lembar kertas. Namun, semua pilihan jumlah slide tersebut disesuaikan dengan kebutuhan anda. Berikut ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara print file ppt 1 lembar 2 slide, 4 slide, 6 slide, 9 slide dan lainnya.


1. Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 2 Slide

Untuk mengatur printer agar bisa ngeprint 2 slide dalam 1 halaman, maka kita harus mengatur pilihan handouts printer. Dimana kita memilih type handouts nya adalah 2 slides. Caranya sangat mudah, cukup ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka file PPT yang ingin di Print.
  2. Pastikan bahwa kabel printer telah terhubung dengan laptop atau komputer anda.
  3. Klik CTRL + P atau bisa dilakukan dengan cara klik FILE >> PRINT.
  4. Pilih printer anda yang Ready.
  5. Klik pada bagian Slides.
  6. Pilih type 2 Slides.
  7. Untuk Orientation print kita pilih Portrait Orientation. Karena jika kita pilih yang Landscape Orientation maka hasil print akan kecil dan banyak ruang kertas yang tidak terpakai. Sedangkan untuk Portrait halaman kertas akan dipakai secara optimal.
  8. Atur halaman yang ingin di print. Jika ingin print semua halaman maka pilih Print All Slides.
  9. Klik Printer Properties untuk mengatur ukuran kertas dan mode print apakah dari halaman pertama ke terakhir atau dari halaman terakhir ke pertama.
  10. Jika semua pengaturan sudah mantap, silahkan klik PRINT.

Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 2 Slide

Agar hasil print bisa 2 slide tiap halaman maka kita harus mengatur seperti pada gambar diatas. Yang paling penting adalah pada bagian pengaturan jumlah slides. Silahkan pilih yang 2 slides.


2. Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 4 Slide

Selain ngeprint 1 halaman 2 slides kita juga dapat mengatur printer agar ngeprint 4 slides dalam 1 lembar kertas. Dengan print 4 slide sekaligus dalam 1 lembar kertas tentu akan menghemat banyak kertas anda. Coba bayangkan ketika anda ingin print 40 halaman slide tentu pikir-pikir jika harus menghabiskan 40 lembar kertas. Maka dari itu pilihan yang tepat yaitu print langsung 4 slides dalam 1 lembar kertas.

  1. Untuk langkah 1 - 5 sama dengan cara print 2 slides dalam 1 lembar diatas.
  2. Pilih type 4 Slides.
  3. Untuk Orientation print kita pilih Landscape Orientation. Karena jika kita pilih yang Portrait Orientation maka hasil print akan kecil dan banyak ruang kertas yang tidak terpakai. Sedangkan untuk Landscape halaman kertas akan dipakai secara optimal dan tulisan terlihat dengan jelas.
  4. Atur halaman yang ingin di print. Jika ingin print semua halaman maka pilih Print All Slides.
  5. Klik Printer Properties untuk mengatur ukuran kertas dan mode print apakah dari halaman pertama ke terakhir atau dari halaman terakhir ke pertama.
  6. Jika semua pengaturan sudah mantap, silahkan klik PRINT.
Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 4 Slide

Catatan Penting: Untuk pilihan Horizontal dan Vertikal adalah untuk memilih kemana arah slide akan di print. Misalkan anda pilih horizontal, maka slide akan bergerak ke arah horizontal, jadi slide 1 kiri atas, 2 kanan atas, 3 bawah kiri, 4 bawah kanan. Sedangkan jika pilih vertikal, maka slide 1 kiri atas, 2 kiri bawah, 3 kanan atas, 4 kanan bawah. Untuk pilihan warna silahkan anda disesuaikan saja. Apakah anda ingin print berwarna atau hitam putih.


3. Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 6 Atau 9 Slide

Untuk cara print 6 slide sekaligus dalam 1 lembar kertas caranya sama, kita hanya perlu memilih Handouts 6 atau 9. Entah itu yang versi Horizontal maupun yang vertikal. Khusus print 9 slides dalam 1 lembar maka orientasi print yang bagus adalah memilih Landscape Orientasi. Karena hasil print 9 slides dalam 1 lembar secara landscape akan jauh lebih besar, rapi dan memanfaatkan kertas secara optimal dibandingkan portrait.

Baca Juga: Cara Download Template Power Point Untuk Skripsi dan Tugas Presentasi

Itulah artikel tentang 3 Cara Ngeprint PPT 1 Lembar 2 Slide dan 4 Slide Berwarna atau Hitam Putih. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tau bagaimana cara print ppt lebih dari 1 slide dalam 1 lembar kertas. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel