2 Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman 4, 6 atau 9 Halaman Dengan Cepat

2 Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman 4, 6 atau 9 Halaman Dengan Cepat. Saat print sebuah file pdf umumnya kita hanya print 1 halaman per lembar kertas. Namun, ada kalanya kita ingin print 2 halaman ke satu lembar kertas atau bahkan 4, 6, 9 halaman sekaligus ke selembar kertas. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghemat kertas.

Misalkan saja ketika ingin print file pdf dengan 20 halaman umumnya kita membutuhkan 20 lembar kertas. Namun, jika print 2 halaman dalam 1 lembar maka kita hanya perlu 10 lembar kertas saja. Apalagi jika anda print 4 halaman ke 1 lembar kertas. Tentu hanya membutuhkan 5 lembar kertas saja.

Hal yang penting untuk diperhatikan saat print lebih dari 1 halaman ke satu lembar kertas adalah keterbacaan tulisan. Niatnya ingin hemat kertas, maka hasilnya isi file tersebut tidak bisa terbaca. Oleh karena itu, batas umum print beberapa jumlah halaman pdf 1 lembar kertas adalah 4 halaman. Selebihnya anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Kembali lagi ke fokus pembahasan yaitu cara print 1 lembar 2 halaman pdf. Jika anda bertanya bagaimana cara melakukannya maka pada kesempatan kali ini saya akan membantu anda melalui artikel ini. Untuk langkah-langkahnya anda bisa membacanya dibawah ini.


2 Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman 4, 6 atau 9 Halaman Dengan Cepat

Cara print pdf 1 lembar 2 halaman sangat mudah. Namun, bagi sebagaian orang terutama yang masih pemula mungkin belum mengetahuinya. Oleh karena itu, saya membuat artikel ini untuk anda. Ada dua saat ingin print sebuah file pdf, yaitu memilih print bolak balik atau tidak. Print bolak balik biasanya dilakukan untuk menghemat kertas. Karena anda bisa print di halaman depan dan belakang kertas tersebut. Jika dikombinasikan dengan print pdf 2 halaman ke 1 lembar kertas maka anda akan sangat menghemat kertas HVS. Artinya dalam 1 lembar kertas anda bisa print empat halaman pdf. Pertanyaanya bagaimana caranya, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.


1. Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman Tanpa Bolak Balik

Print PDF 2 halaman dalam 1 lembar sangat mudah. Anda hanya perlu mengatur pilihan pada multiple pages menjadi 2 page per sheet. Artinya anda memerintahkan printer untuk print 2 halaman pdf ke dalam 1 lembar kertas. Anda bisa mengatur pilihan page per sheet berapa saja yang diinginkan. Misalkan anda ingin print 4, 6, atau 9 page dalam sebuah halaman. Untuk lengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka file PDF yang ingin di print. Disini saya menggunakan aplikasi Nitro PDF untuk membuka file PDF.
  2. Silahkan print file tersebut dengan cara klik CTRL + V atau File >> Print.
  3. Pilih driver printer anda yang ready.
  4. Klik Properties untuk mengatur ukuran kertas.
  5. Beri tanda centang pada reverse order jika ingin print dari halaman belakang ke depan, kemudian klik OK.
  6. Selanjutnya klik Multiple Pages.
  7. Pilih 2 Page Per Sheet.
  8. Jika semua sudah siap, silahkan klik OK untuk mulai print.

Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman

Disini saya print menggunakan aplikasi Nitro PDF. Jika anda menggunakan aplikasi yang lainnya silahkan di sesuaikan. Yang terpenting adalah anda mengatur pilihan page per sheet sesuai keinginan anda.


2. Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman Bolak Balik

Selain print pdf hanya di halaman depan saja, kita juga ingin print pdf bolak balik agar lebih menghemat kertas. Jika anda memiliki printer yang bisa mengatur untuk print bolak balik secara langsung dan otomatis. Namun, ada juga printer yang harus print bolak-balik secara manual. Dimana kita harus print halaman ganjil terlebih dahulu baru yang genap. Untuk cara mengatur silahkan perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama buka file PDF yang ingin di print.
  2. Klik CTRL + P atau klik File >> Print untuk mulai print file pdf.
  3. Selanjutnya atur pengaturan print 1 lembar 2 halaman seperti yang telah saya jelaskan diatas. Untuk lengkapnya perhatikan gambar dibawah ini.
  4. Catatan: Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di 1 kertas untuk print bolak balik agar tidak salah.
  5. Selanjutnya pilih All Odd Pages in Range pada bagian subset. Ini bertujuan untuk print halaman ganjil terlebih dahulu.
  6. Kemudian klik Print atau OK.
  7. Tunggu hingga proses print halaman ganjil selesai.
  8. Setelah halaman ganjil selesai di print. Balik seluruh kertas tersebut dan masukke kembali ke dalam printer untuk print halaman genap di baliknya.
  9. Ingat: jangan ubah ukuran kertas anda hanya perlu balik kertas tersebut saja.
  10. Selanjutnya pilih All Even Pages in Range pada bagian subset. Ini bertujuan untuk print halaman halaman.
  11. Klik print dan tunggu hingga proses print halaman genap selesai.

2 Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman 4, 6 atau 9 Halaman Dengan Cepat

Baca Juga: Cara Memutar File PDF Secara Online dan Offline

Itulah artikel tentang 2 Cara Print PDF 1 Lembar 2 Halaman 4, 6 atau 9 Halaman Dengan Cepat. Semoga apa yang saya bagikan pada artikel ini bisa memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang tahu bagaimana cara print file pdf 4 halaman ke 1 lembar kertas. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel