Penyebab Infeksi Saluran Kemih Dan Cara Mengobatinya

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Dan Cara Mengobatinya. Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah salah satu hal yang dapat menyerang baik pria maupun wanita. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terkena infeksi saluran kencing atau kemih. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda mengenai hal tersebut. Informasi yang saya bagikan kali ini berdasarkan research di google dan sumber bacaan jurnal penelitian mengenai hal tersebut.


Penyebab Infeksi Saluran Kemih Dan Cara Mengobatinya

Tahukah anda, apa saja gejala umum yang biasa dirasakan oleh orang yang terkena ISK. Gejala umum yang biasa terjadi pada pria adalah terjadinya anyang-anyang, yaitu kondisi dimana proses buang air kecil yang tidak tuntas. Gejala lainnya yaitu sering sekali buang air kecil dan didorong dengan keinginan yang mendesak, mengalami rasa sakit pada bagian perut bawah tengah lebih tepatnya di atas tulang kemaluan. Kemudian warna urine yang keruh dan terkadang ada muncul darah.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Dan Cara Mengobatinya

Jika semua gejala tersebut mengarah ke konsisi ISK maka biasanya akan ada rasa sakit pada bagian samping atau punggung, demam yang disertai menggigil serta ada rasa mual dan muntah. Maka hal ini bisa jadi adalah terkenanya infeksi pada saluran kemih. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi ISK, simak pembahasan lengkap berikut ini.


Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Penyebab utama infeksi saluran kemih (ISK) baik pada pria dan wanita antara lain akibat terkenanya infeksi oleh Escherichia coli, Klebisella pneumoniae, dan Staphylococcus. Bakteri tersebut menginfeksi saluran kemih yang masuk melalui uretra. Uretra adalah saluran yang menjadi jalur keluarnya urine.

Wanita memiliki resiko yang lebih rentan terkena infeksi tersebut dikarenakan wanita memiliki uretra yang lebih pendek. Hal ini tentu daja membuat bakteri penyebab infeksi saluran kemih dapat dengan mudah masuk dan menjangkau kandung kemih. Namun, bukan berarti pria tidak berpotensi mengalami masalah ISK.

Secara umun, ISK pada pria dapat dilihat dari tanda-tanda terjadinya anyang-anyangan dan biasnya terjadi pada pria yang telah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan pria usia lanjut sangat rentan mengalami masalah pada pembesaran prostat jinak. Ini menjadi salah satu hal yang dapat memicu terjadinya ISK.

Karena pembesaran kelenjar prostat dapat menekan saluran kandung kemih sehingga urine akan lebih sulit untuk keluar. Urine yang tidak keluar secara menyeluruh dapat memicu timbulnya bakteri-bakteri yang seharusnya keluar bersamaan urine. Jika terjadi secara terus menerus maka dapat menginfeksi saluran kemih.

Faktor yang menyebabkan seorang pria akan lebih mudah terkena infeksi saluran kencing adalah usia pria lebih dari 50 tahun, terjadinya pembesaran pada kelenjar prostat, terkena batu ginjal, diabetes, sistem imun menurun, pernah operasi saluran kemih sebelumnya dan masih banyak lagi faktor yang dapat memicu terkenanya infeksi saluran kemih pada pria. Selain itu, infeksi saluran kemih sangat beresiko pada pria yang tidak sunat serta kurang memperhatikan kebersihan organ intimnya.


Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Cara untuk mengobati ISK, umumnya menggunakan antibiotik yang bertujuan untuk membunuh bakteri penyebab ISK, sehingga dapat menurunkan dan menyelesaikan infeksi yang terjadi.

Untuk penggunaan antibiotik, lebih baik diserahkan kepada dokter yang ahli dalam bidang tersebut. Agar resep antibiotik yang diberikan adalah tepat dan dengan dosis yang tepat.

Bahkan setelah ISK mulai membaik anda juga harus konsultasi kembali ke dokter. Untuk memastikannya telah sembuh. Karena jika bakteri tersebut tidak diselesaikan dengan tuntas akan menyebabkan masalah lebih serius dikemudian hari.

Meminum air putih yang banyak juga seharusnya dapat anda lakukan untuk menghilangkan bakteri-bakteri jahat yang ada di saluran kemih. Agar bakteri tersebut dapat keluar melalui air yang telah menjadi urine. Dokter sangat diperlukan ketika terkena ISK dan mendapatkan resep obat untuk meredam rasa sakit serta untuk menurunkan demam dan nyeri jika memang ada keluhan seperti itu.

Itulah penyebab dan gejala jika seseorang terkena ISK serta bagaimana cara mengatasinya. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai infeksi saluran kencing maka anda bisa membacanya di artikel berikut: infeksi saluran kemih

Itulah artikel tentang Penyebab Infeksi Saluran Kemih Dan Cara Mengobatinya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih akibat bakteri maka anda harus jaga kebersihan badan terutama area bagian intim. Gunakan sabun lifebuoy antibakteri untuk melindungi anda dari serangan bakteri jahat, untuk informasi lengkapnya silahkan kunjungi website lifebuoy.co.id.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel