26 Cara Memperbaiki Black Screen Windows 11 Pada Laptop dan PC

Cara Memperbaiki Black Screen Windows 11 Pada Laptop dan PC. Pada artikel ini akan kami bahas semua solusi umum yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah black screen Windows 11 yang telah teruji dan terbukti dapat berfungsi. Solusi yang akan dibahas pada artikel ini berlaku untuk semua perangkat Windows 11, mulai dari komputer, laptop hingga deretan Surface two-in-one Microsoft.

Apa Penyebab Black Screen Windows 11? Ketika anda memakai laptop atau pc yang menggunakan OS Windows 11 dan layar monitor mati secara tiba-tiba atau dipaksa, hal ini menjadi penyebab umum terjadinya Black Screen. Terkadang masalah ini membuat layar komputer atau laptop anda mati sementara waktu, namun terkadang hal ini juga dapat membuat layar komputer anda tetap menyala namun tidak menampilkan gambar apapun atau blank.

Layar Windows 11 mengalami black screen bisa terjadi sebelum memasuki sistem booting atau setelah masuk ke sistem booting. Black screen juga dapat saat anda membuka atau menutup sebuah aplikasi, menonton film, mengecas, dan juga terkadang terjadi ketika anda menginstal sebuah aplikasi, driver atau melakukan update sistem operasi.

Penyebab umum yang sering terjadi adalah laptop ana dimatikan dengan paksa atau tidak terhubung dengan benar, walaupun masalah black screen menjadi masalah yang lebuh kompleks seperti tidak cocok-nya antara driver dan perangkat lunak, kartu grafis yang tidak didukung, atau bahkan masalah perangkat keras.


26 Cara Memperbaiki Black Screen Windows 11 Pada Laptop dan PC

Cara Memperbaiki Black Screen Windows 11 Pada Laptop dan PC

Berikut ini adalah beberapa solusi yang telah diuji coba untuk mengatasi masalah black screen pada OS Windows 11. Silahkan coba solusi dibawah ini secara berurutan mulai dari yang pertama paling sederhana hingga yang paling kompleks dan memerlukan banyak waktu. Silahkan baca secara menyeluruh untuk memahaminya.

  1. Hidupkan Layar Monitor. Jika anda menggunakan komputer maka pastikan untuk menghidupkan layar monitor eksternal komputer Anda. Selain itu, pastikan bahwa layar monitor eksternal anda telah benar-benar dihubungkan ke sumber listrik.
  2. Pastikan pengaturan brightness atau kecerahan komputer / laptop telah sesuai atau pencahayaan optimal. Pengaturan brightness komputer / laptop mungkin telah dikurangi oleh seseorang. Anda bisa mengatur pencahayaan komputer menggunakan kombinasi keyboard di laptop atau komputer anda. Silahkan anda cari lambang lampu yang ada di keyboard laptop anda. Umumnya tombol tersebut dikombinasikan dengan tombol FN.
  3. Cobalah untuk memperhatikan sumber daya yang menjadi input untuk layar eksternal komputer anda. Apakah telah terpasang dengan benar atau tidak, atau apakah terdapat aliran arus atau tidak.
  4. Cobalah untuk memeriksa kompatibilitas graphics card. Salah satu penyebab terjadinya black screen pada layar laptop atau komputer anda adalah graphics card yang ada gunakan tidak sesuai. Terutama jika black screen terjadi ketika anda menggunakan aplikasi atau video game tertentu, yang mana kemungkinan graphics card Anda tidak disupport untuk menjalankan aplikasi atau video game tersebut. Tips: Anda dapat melihat persyaratan graphics card untuk aplikasi tertentu di  Microsoft Store app store dan situs resmi dari aplikasi atau game yang anda mainkan serta bisa dilihat dari dokumen support. Sehingga anda bisa tahu apakah graphics card anda cocok dengan aplikasi atau video game tersebut.
  5. Cobalah untuk memeriksa port dan kabel. Caranya sangat mudah, anda bisa mematikan terlebih dahulu komputer, kemudian periksa kabel yang terhubung dengan monitor secara hati-hari untuk memastikan bahwa kabel tersebut terpasang dengan benar. Selain itu, cobalah untuk lebih cermat dalam melihat apakah kabel tersebut telah rusak atau belum.
  6. Periksa batasan perangkat keras Anda. Kecuali jika Anda menggunakan pembagi HDMI yang mendukung HDCP 1.2. Karena, pada beberapa perangkat seperti Amazon Fire Stick mungkin menampilkan black screen atau statis saat tersambung ke komputer Anda.
  7. Periksa capture card’s ports Anda. Jika Anda menggunakan capture card’s untuk menghubungkan Nintendo Switch atau konsol lain ke laptop Anda, pastikan konsol tersebut telah secara tepat dihubungkan ke port HDMI Input Capture Card’s dan kabel USB dihubungkan ke port Output.
  8. Restart Windows. Dengan melakukan quick restart maka hal ini dapat memperbaiki apa pun yang menyebabkan masalah black screen Windows 11 Anda.
  9. Cobalah untuk copot semua sambungan perangkat komputer anda baik yang terhubung secara fisik maupun nirkabel, lalu Restart kembali.
  10. Cobalah untuk restart video driver. Anda bisa menggunakan kombinasi tombol pada keyboard Windows + Ctrl + Shift + B untuk restart ulang driver video dan dengan cepat memperbaiki masalah black screen pada perangkat Windows 11 Anda.
  11. Jika Anda menggunakan perangkat Microsoft Surface, cobalah untuk menekan tombol fisik Volume Naik dan Volume Turun secara bersama-sama tiga kali berturut-turut untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya. Jika hal ini dilakukan dengan benar maka layar Anda akan berkedip sebentar dan di reset.
  12. Cobalah untuk mengisi daya perangkat komputer atau laptop anda. Jangan lupa untuk shutdown secara total komputer Windows 11 Anda, kemudian lakukan pengecasan dan biarkan daya terisi penuh sepanjang hari. Jika lampu indikator pengisian daya tidak berfungsi atau tidak menyala saat melakukan pengisian daya, maka kemungkinan baterai atau kabel pengisi daya perangkat komputer atau laptop Anda rusak.
  13. Cobalah untuk membersihkan layar monitor dan komputer Anda. Debu dan kotoran yang bertumpuk dapat menjadi penyebab black screen, karena hal ini dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas dan mati sebelum sempat booting.
  14. Cobalah untuk menggunakan monitor lain. Jika Anda menggunakan komputer atau pc maka cobalah untuk menyambungkan komputer anda ke monitor lain. Jika monitor tersebut berfungsi dan menampilkan layar dengan normal, maka kemungkinan monitor anda telah rusak. Solusi ini adalah dengan mengganti monitor dengan monitor yang baru. Namun, jika monitor tersebut tetap menampilkan black screen maka kemungkinan penyebab masalah terjadi pada perangkat lunak atau driver yang anda instal.
  15. Cobalah untuk menyambungkan ke layar lain menggunakan kabel HDMI atau USB. Anda bisa mencoba untuk menghubungkan laptop atau komputer Windows 11 tersebut secara fisik ke layar lain seperti TV. Layar TV tersebut akan secara otomatis menggambarkan kondisi perangkat anda dan selanjutnya Anda dapat menggunakan langkah ini untuk melakukan tips di bawah ini.
  16. Coba kabel HDMI atau USB yang berbeda. Kabel penghubung sebenarnya bisa menjadi penyebab masalah black screen Windows 11 Anda.
  17. Start Windows 11 dengan menggunakan Safe Mode Windows 11. Jika dengan cara ini layar laptop anda dapat melewati masalah black screen maka kemungkinan layar atau monitor Anda dalam kondisi yang baik dan penyebab black screen adalah pada software atau driver yang error.
  18. Cobalah untuk menyalakan speaker Bluetooth dan perangkat lainnya. Jika perangkat Windows 11 Anda menampilkan black screen dan Anda tidak yakin apakah itu menyala dengan benar, periksa perangkat Bluetooth yang sebelumnya telah Anda sambungkan. Headphone dan speaker bose akan membuktikan bahwa kedua perangkat terhubung ke komputer Anda dengan ditandai adanya nada atau suara. Jika komputer Anda terhubung ke speaker Anda seperti biasanya, masalahnya kemungkinan terletak pada layar. Jika tidak, kemungkinan layarnya dalam kondisi yang baik dan yang mengalami kerusakan adalah perangkat keras komputer.
  19. Update Windows 11. Jika Anda dapat melihat booting perangkat di layar lain maka cobalah untuk melakukan update Windows.
  20. Update driver. Buka Device Manager lalu update driver yang berhubungan dengan Monitor dan Adaptor Display.
  21. Cobalah untuk melakukan pemecah masalah black screen Windows dengan cara melakukan diagnostik. Ini dapat menjadi solusi yang sangat efektif dalam mendeteksi akar masalah black screen apakah disebabkan oleh perangkat keras atau lunak.
  22. Kalibrasi ulang monitor Anda. Cara ini tidak saja bisa menyelesaikan masalah monitor akan tetapi juga bisa meningkatkan performa dan kualitas gambar secara menyeluruh.
  23. Hapus program anti-virus. Salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya black screen adalah anti-virus. Umumnya, masalah ini terjadi ketika Anda baru saja menginstal aplikasi anti-virus atau sejenisnya. Maka lakukan penghapusan antivirus tersebut lalu restart komputer Anda kemudian perhatikan apakah cara ini dapat memperbaiki masalah black screen Anda.
  24. Nonaktifkan pengaturan Fast Startup setting Windows 11. Meskipun anda telah nyaman dengan fitur ini, namun fitur ini memiliki kemungkinan menyebabkan masalah black screen.
  25. Roll back driver grafis. Jika Anda memiliki akses ke komputer Anda melalui monitor terpisah atau lainnya, Roll back driver untuk Driver Monitor dan Display Adaptors kemudian perhatikan apakah solusi ini dapat memperbaiki masalah black screen komputer atau laptop anda.
  26. Cobalah untuk melakukan system restore. Jika Anda memprediksi bahwa penyebab black screen terjadi setelah adanya perubahan terbaru (misalnya instal aplikasi dan update sistem) yang baru saja Anda lakukan pada perangkat Windows 11, maka cobalah untuk melakukan system restore untuk mengatasi masalah layar hitam (black screen), kembalikan semuanya ke titik pemulihan di mana komputer atau laptop anda sedang dalam performa yang bagus.


Bagaimana Cara Memperbaiki Black Screen Windows 11 Dengan Kursor?

Jika Anda masih bisa melihat kursor pada layar black screen, maka kemungkinan komputer Anda masih loading dan terjebak pada proses tertentu. Cobalah untuk membuka Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + Delete. Jika masih belum berhasil maka ikuti langkah-langkah di atas untuk melakukan hard restart PC Anda.


Bagaimana Cara Memperbaiki Black Screen Pada Laptop Windows 11?

Perbaikan di atas akan berfungsi baik Anda menggunakan laptop atau desktop. Periksa port Anda, restart, update driver, dan periksa kompatibilitas dengan kartu grafis.

Warning: Jika anda tidak benar-benar ahli dan paham dalam mengatasi masalah black screen. Karena kesalahan anda dapat memperparah keadaan laptop atau komputer anda. Bukan berarti dengan membaca artikel ini maka anda menjadi paham dan ahli dalam hal ini. Maka silahkan serahkan ke ahlinya atau pergi ke tempat service.

Itulah artikel tentang Cara Memperbaiki Black Screen Windows 11 Pada Laptop dan PC. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang mengalami layar hitam pada laptop atau komputer. Jangan lupa juga untuk follow blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel