Cara Mengaktifkan Fitur Secure Boot untuk Menginstal Windows 11

Cara Mengaktifkan Fitur Secure Boot untuk Menginstal Windows 11. Pada beberapa kasus, saat melakukan instal windows di laptop atau komputer yang terjadi adalah windows tersebut tidak dapat di instal. Seperti, saat ingin menginstal Windows 11.

Windows 11 yang tidak dapat diinstalkan kemungkinan disebabkan oleh fitur Secure Boot dalam kondisi disable, sehingga perlu untuk mengaktifkannya (enable) agar dapat menginstal windows 11.

Karena sistem operasi windows 11 memerlukan Secure Boot dalam keadaan yang aktif.

Karena mengaktifkan secure boot telah menjadi syarat ketika anda ingin menginstall dan menggunakan Windows 11 seperti yang telah dinyatakan langsung oleh pihak Microsoft.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengaktifkan Secure Boot di sistem UEFI/BIOS agar Anda dapat melakukan proses instal Windows 11.


Cara Mengaktifkan Fitur Secure Boot untuk Menginstal Windows 11

Cara Mengaktifkan Fitur Secure Boot untuk Menginstal Windows 11

Cara Mengaktifkan Secure Boot di Laptop paling mudah dilakukan melalui sistem UEFI/BIOS. Sistem ini umumnya terpasang sebagai salah satu pilihan dalam sistem BIOS, sehingga anda bisa mengaktifkannya dengan mudah dan cukup menekan tombol on/off.

  1. Silahkan anda hidupkan atau restart Laptop atau PC anda untuk masuk ke BIOS, kemudian segera tekan tombol pada keyboard yang biasa digunakan untuk masuk ke sistem BIOS. Umumnya tombol yang digunakan untuk masuk sistem BIOS adalah Del , F2 , F10 , F11 , dan F12. Untuk informasi lengkap cara masuk sistem UEFI/BIOS laptop atau komputer anda silahkan cek di buku manual atau anda bisa mencari searching di google. Karena setiap merek laptop memiliki cara masuk UEFI/BIOS yang berbeda.
  2. Setelah berhasil memasuki sistem UEFI/BIOS akan ada mode terbatas, advanced dan lainnya, silahkan masuk ke mode Advanced. Atau pada beberapa Laptop & PC langsung terlihat menu Boot, Security, Authentication dan lainnya.
  3. Silahkan cek menu-menu tersebut seperti yang umum terdapat pada menu Boot atau Security. Atau kemungkinan pilihan Secure Boot terletak pada salah satu menu tersebut.
  4. Setelah anda menemukan fitur Secure Boot pilih dan Aktifkan fitur tersebut. Mungkin pada beberapa komputer atau laptop Secure Boot memiliki menu tersendiri seperti halnya menu Boot dan Security diatas. Silahkan pilih tab menu Secure Boot tersebut, kemudian silahkan aktifkan.
  5. Untuk menyimpan perubahan pada sistem UEFI/BIOS silahkan pergi ke Exit dan pilih Save and Exit.
  6. Setelah anda benar-benar yakin bahwa fitur Secure Boot telah aktif dan telah menekan tombol exit, namun masih diminta konfirmasi perubahan silahkan klik untuk mengkonfirmasi bahwa anda setuju untuk perubahan tersebut.


Pertanyaan Tentang Secure Boot

Berikut adalah beberapa pertanyaan tentang Secure Boot yang sering ditanyakan:

1. Bagaimana fitur Secure Boot tidak dapat diaktifkan di UEFI/BIOS?

Jika anda telah mengikuti langkah-langkah diatas, namun komputer atau laptop anda tidak terdapat fitur Secure Boot, maka kemungkinan laptop atau komputer anda sudah terlalu lama atau tua, sehingga tidak terdapat layanan fitur Secure Boot pada sistem UEFI/BIOS.

Akan tetapi, anda mungkin bisa mengaktifkan opsi dengan cara Upgrade firmware UEFI/BIOS Anda. Untuk melihat apakah opsi ini memungkinkan silahkan anda cek di website resmi atau motherboard manufacturer komputer anda, kemudian lihat apakah ada sistem pembaruan yang sesuai dengan komputer anda. Jika anda tidak dapat melakukannya silahkan pergi ke tempat service komputer agar lebih aman.

2. Bagaimana Cara Menonaktifkan Secure Boot?

Untuk cara menonaktifkan fitur Secure Boot, caranya sama dengan cara diatas. Namun, cara diatas untuk mengaktifkan, silahkan ikuti dan ubah fitur Secure Boot menjadi nonaktif.

3. Kapan Secure Boot Perlu di Aktifkan dan Dinonaktifkan?

Jawabannya adalah seperlunya saja, seperti saat ini, ketika anda ingin menginstal Windows 11 maka anda harus mengaktifkan fitur Secure Boot.

Itulah artikel tentang Cara Mengaktifkan Fitur Secure Boot untuk Menginstal Windows 11. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda yang tidak dapat menginstal windows 11 dan belum mengetahui apa penyebabnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel