2 Cara Menghitung Umur Di Excel Tahun Dan Bulan

2 Cara Menghitung Umur Di Excel Tahun Dan Bulan. Tahukah anda bahwa excel memiliki fungsi khusus yang dapat anda gunakan untuk mengetahui umur dari seseorang menggunakan excel. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang berkerja dalam bidang administrasi, terutama ingin mengetahui waktu pensiun seseorang dan juga ingin mengetahui umur karyawan yang telah berumur diatas umur tertentu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengetahui umur seseorang menggunakan dua rumus di excel. Nah, bagaimana caranya, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


2 Cara Menghitung Umur Di Excel Tahun Dan Bulan

Ada dua fungsi yang bisa anda gunakan untuk mengetahui umur seseorang di excel. Nah, jika anda ingin mengetahui bagaimana caranya, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


1. Cara Menghitung Umur Dalam Tahun di Excel Menggunakan DATEDIF

DATEDIF adalah salah satu fungsi atau rumus yang dapat anda gunakan untuk mengetahui berapa umur seseorang dilihat dari tanggal lahir hingga tanggal saat ini. Sehingga informasi yang kita butuhkan adalah tanggal lahir dan tanggal hari ini. Misalnya anda menulis tanggal lahir di Cell B2 dan tanggal hari ini bisa menggunakan rumus TODAY(). Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.


1.1. Rumus Menghitung Umur dalam Tahun di Excel

Berikut ini adalah cara menggunakan fungsi DATEDIF untuk mencari umur dari seseorang di excel.

Cara Menghitung Umur Dalam Tahun di Excel Menggunakan DATEDIF

  1. =DATEDIF(B2;TODAY();"Y")
  2. =DATEDIF(B2;TODAY();"Y") & " Tahun"

Catatan: Jika rumus diatas error maka silahkan ubah tanda titik koma (;) menjadi koma (,) DATEDIF(B2,TODAY(),"Y"). Karena pada beberapa versi excel ada yang pake titik koma dan ada yang pake koma saja.

Penjelasan:

  1. DATEDIF(tanggal_lahir;tanggal_saat_ini;format date) ini adalah fungsi atau rumus yang digunakan untuk mengetahui umur seseorang atau melihat selisih waktu tertentu.
  2. B2 adalah data tanggal lahir dalam format tanggal/bulan/tahun contoh 11/01/1996.
  3. TODAY() adalah fungsi untuk mengecek tanggal hari ini dengan format sama tanggal/bulan/tahun saat ini.
  4. "Y" adalah perintah untuk melihat perbedaan tahun.
  5. Jika ingin mengetahui jumlah Bulan dari saat lahir hingga saat ini, maka ganti perintah "Y" menjadi "M".
  6. Untuk mengetahui jumlah hari dari lahir hingga saat ini gunakan perintah "D".


1.2. Rumus Menghitung Umur dalam Tahun dan Bulan di Excel

Ketika anda ingin mencari haranya tahun umur dalam tahun, maka anda hanya cukup menggunakan rumus pertama ditas. Sedangkan jika anda ingin mengetahui berapa umur dalam tahu serta lewat berapa bulan, maka anda bisa menggunakan rumus dibawah ini.

Misalnya umur anda saat ini adalah 20 tahun 5 bulan. Jika cara pertama hanya bisa mendapatkan informasi tentang tahun lahir, sedangkan mungkin umur anda sudah 20 tahun tapi lebih 5 bulan. Nah, bagaimana caranya mengetahuinya, gunakan rumus dibawah ini.

  1. Rumus Untuk Mengetahui Umur Lebih Berapa Bulan
    =IF((MONTH(TODAY()) - MONTH(B2))<0;12+MONTH(TODAY()) - MONTH(B2);MONTH(TODAY()) - MONTH(B2))
  2. Rumus Untuk Mengetahui Umur Lebih Berapa Bulan + Ada Tulisan Bulan
    =IF((MONTH(TODAY()) - MONTH(B2))<0;12+MONTH(TODAY()) - MONTH(B2);MONTH(TODAY()) - MONTH(B2)) & " Bulan"
  3. Rumus Untuk Mengetahui Umur Dalam Tahun dan Bulan Lahir
    =DATEDIF(B2;TODAY();"Y") & " Tahun, " & IF((MONTH(TODAY()) - MONTH(B2))<0;12+MONTH(TODAY()) - MONTH(B2);MONTH(TODAY()) - MONTH(B2)) & " Bulan"


2. Cara Menghitung Umur Dalam Tahun di Excel Menggunakan YEARFRAC

YEARFRAC adalah fungsi yang juga dapat anda gunakan untuk mengetahui perbedaan tahun dari tanggal ter tentu hingga tanggal yang anda inginkan. Misalnya anda ingin mengetahui lama kerja seseorang dalam sebuah perusahaan dari tanggal masuk hingga tanggal keluar. Selain itu anda juga bisa mengetahui umur seseorang berdasarkan data tanggal lahir hingga tanggal tertentu atau tanggal hari ini.


2.1 Rumus Menghitung Umur dalam Tahun

Nah, bagi anda yang ingin tahu berapa umur anda tanpa harus repot-repot menghitung maka anda bisa menggunakan rumus di excel. Atau ketika anda memiliki data tanggal lahir dari ribuan orang dan ingin mengetahui siapa saja yang umunya telah lebih dari 25 tahun atau sebagainya.

Cara Menghitung Umur Dalam Tahun di Excel Menggunakan YEARFRAC

  1. Umur dalam Tahun
    =INT(YEARFRAC(B11;TODAY()))
  2. Umur dalam Tahun + Ada Tulisan Tahun
    =INT(YEARFRAC(B11;TODAY())) & " Tahun"

Penjelasan:

  1. INT() adalah fungsi yang digunakan untuk mengetahui umur dalam tahun dalam angka bilangan bulat. Karena jika tanpa menggunakan rumus INT maka ada kemungkinan umunya dalam bilangan desimal. Misalnya umur anda adalah 20 tahun 6 bulan, maka jika tanda INT hasilnya adalah 20,5 tahun.
  2. YEARFRAC(Tanggal_Lahir;Tanggal_Sekarang) adalah rumus yang dapat anda gunakan untuk mengetahui umur seseorang. Dimana anda harus memasukkan tanggal lahir dan tanggal hari ini.


2.2 Rumus Menghitung Umur dalam Tahun dan Bulan

Nah, sekarang jika anda ingin mengetahui umur seseorang dalam satuan tahun dan bulan dapat menggunakan rumus dibawah ini. Dibawah ini saya contohkan data tanggal lahir berada pada cell B11. Jika data tanggal lahir anda ada di Cell B2 maka ganti B11 menjadi B2.

=INT(YEARFRAC(B11;TODAY())) & " Tahun, " & IF((MONTH(TODAY()) - MONTH(B11))<0;12+MONTH(TODAY()) - MONTH(B11);MONTH(TODAY()) - MONTH(B11)) & " Bulan"


3. Cara Menghitung Umur Dalam Bulan Di Excel

Jika anda ingin menghitung umur dalam satuan bulan maka ada dua rumus yang dapat anda gunakan, yaitu:

  1. =(DATEDIF(C13;TODAY();"M"))
  2. =DAYS360(C13;TODAY();FALSE)/30

Jika anda ingin menambahkan satuan bulan pada hasil. Misalnya jumlah bulan saat lahir hingga saat ini adalah 318 dan ingin ada satuan Bulan, agar tampilan menjadi 318 Bulan maka tambahkan pertintah berikut pada rumus.

  1. =(DATEDIF(C13;TODAY();"M")) & " Bulan"
  2. =DAYS360(C13;TODAY();FALSE)/30 & " Bulan"

Cara diatas membuat hasil data menjadi tipe data teks sehingga ketika anda operasikan maka akan kemungkinan mengalami error. Agar data jumlah bulan tetap anda maka anda bisa menambahkan satuan Bulan dengan cara yang telah saya bahasa pada artikel Cara Menambahkan Satuan di Angka Excel. Pada artikel tersebut satuan yang saya jadikan contoh adalah satuan JUTA, silahkan ubah kata JUTA menjadi Bulan.

Itulah artikel tentang 2 Cara Menghitung Umur Di Excel Tahun Dan Bulan. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara mengetahui umur seseorang di microsoft excel. Follow juga blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke www.gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang