3 Cara Membuat Diagram Batang Di Excel Untuk 2D dan 3D

3 Cara Membuat Diagram Batang Di Excel Untuk 2D dan 3D. Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang sangat populer digunakan untuk mengolah data matematik, statistik dan data lainnya yang kemudian data tersebut diinterpretasikan menjadi grafik dan diagram agar lebih mudah dimengerti.

Diagram menjadi cara interpretasi data yang akan memudahkan kita dalam memahami data, hubungan dengan variabel lainnya dan masih banyak lagi. Selain itu, pembaca juga akan mudah memahami apa yang anda lakukan. Namun, pertanyaan-nya adalah bagaimana cara membuat diagram batang di microsoft excel dengan mudah?. Nah, anda tidak perlu khawatir, silahkan baca langkah-langkahnya dibawah ini.


3 Cara Membuat Diagram Batang Di Excel Untuk 2D dan 3D

Jika sebelumnya saya telah membahas tentang Cara Membuat Grafik di Excel dengan Tampilan yang Elegan, mungkin anda juga tertarik dengan artikel tersebut. Kali ini saya kembali membahas seputar microsoft excel, lebih khususnya tentang membuat diagram batang di excel. Nah, kali ini saya menyediakan tiga model cara membuat grafik di excel, silahkan pelajari setu per satu.


1. Cara Membuat Diagram Batang di Excel Dari Tiga Data

Saat anda memiliki tiga buah data dimana terdapat dua buah data yang ingin dibandingkan berdasarkan selang waktu hari tertentu. Atau anda memiliki tiga data yang ingin disajikan dalam diagram batang seperti pada gambar dibawah ini. Nah, untuk langkah-langkah membuat diagram batang di excel.

  1. Langkah pertama silahkan siapkan data di excel.
  2. Misalnya saya memiliki data dari dua perlakukan yang diukur pada hari ke 1,5,10,20 dan 25.
  3. Contoh datanya seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Diagram Batang di Excel Dari Tiga Data

  1. Blok seluruh data dengan cara klik Cell A1 Kemudian klik CTRL + A, maka secara otomatis seluruh data ter block. Atau Klik Cell A1 >> kemudian klik Tahan SHIFT >> Dan klik data terakhir C7.
  2. Klik Menu Insert >> Pilih Menu Column >> Pilih 2D Column atau 3D Column sesuai kebutuhan anda.
  3. Misalnya saya pilih yang 3D Clustered Column, maka diagram batang akan otomatis muncul.
  4. Untuk Desain >> Silahkan klik Diagram Batang tersebut dan klik menu Desain dan Silahkan atur desain tampilan diagram batang anda sesuai kebutuhan.
  5. Kemudian jika anda tidak ingin pada grafik batang ada tulisan Hari Ke 1,5,10,15,20, atau 25 maka silahkan langsung mengubah data Hari ke dengan menghapus tulisan Hari dan hanya menyisakan angka saja.

Membuat Diagram Batang di Excel Dari Tiga Data


2. Cara Buat Diagram Batang di Excel

Untuk membuat diagram di excel, word, ppt sangat mudah. Karena microsoft telah menyediakan fitur khusus untuk membuat diagram, grafik, tabel dan lainnya.

Cara Buat Diagram Batang di Excel

  1. Langkah pertama silahkan siapkan data anda di excel.
  2. Selanjutnya silahkan blok seluruh data tersebut.
  3. Klik menu Insert >> Pilih Column dan pilih model column yang anda inginkan.
  4. Ada banyak pilihan model column, seperti column 2D, 3D, Cylinder, Cone, dan Piramid.
  5. Misalkan saya memilih data yang 2D Clustered Column. Klik model tersebut maka secara otomatis diagram batang akan muncul dengan penyajian data berasal dari data yang telah anda input dan block.
  6. Klik Diagram Batang tersebut maka akan muncul menu Design. Klik Menu Design untuk mulai mengedit tampilan atau desain diagram anda.


3. Cara Buat Diagram Batang di Excel Lengkap Data Bulan

Misalkan saya sekarang ketiga data tersebut jika dilihat berdasarkan data per bulan. Langkahnya sama saja dengan cara diatas. Namun, bedanya adalah hanya terdapat tambahan data bulan.

Diagram Batang Berdasarkan Data Bulan

  1. Block seluruh data.
  2. Klik Insert >> Column >> 2D Clustered Column.
  3. Maka secara otomatis akan muncul data seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Buat Diagram Batang di Excel Lengkap Data Bulan

Itulah artikel tentang 3 Cara Membuat Diagram Batang Di Excel. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara buat diagram di microsoft excel. Follow juga blog ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke www.gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang