2 Cara Meletakkan Teks Di Tengah Tanpa Menggabungkan CELL Excel

2 Cara Meletakkan Teks Di Tengah Tanpa Menggabungkan CELL Excel. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang 3 Cara Menggabungkan Kolom di Excel Tanpa Kehilangan Data. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat teks di tengah-tengah tabel excel tanpa harus menggabungkan setiap cell nya. Apakah, bisa? Mari kita coba.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat kop surat, teks atau lainnya bisa berada di tengah-tengah cell tanpa harus di merger cell. Nah, bagaimana caranya simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


2 Cara Meletakkan Teks Di Tengah Tanpa Menggabungkan CELL Excel

Cara agar text, judul tabel, kop surat, nama sekolah dan lainnya bisa tepat di tengah-tengah cell excel tanpa harus menggabungkannya menggunakan Merger Cells, maka kita dapat menggunakan fitur Center Across Selection. Center Across Selection adalah fitur yang dapat membuat sebuah teks atau tulisan berada tepat di tengah-tengah cell yang kita block di excel.

Fitur ini berada di dalam menu format cells tepatnya pada bagian menu Alingment. Sekarang coba anda klik kana pada cell dan pilih format cell kemudian pilih Alingment. Di dalamnya terdapat menu untuk mengatur text horizontal. Didalam menu tersebutlah letak fitur Center Across Selection.

Namun, anda juga harus tau bagaimana cara menggunakan Center Across Selection agar teks yang anda inginkan tepat berada di tengah-tengah cell, seperti saat sedang membuat absen, surat di excel dan membuat kop lainnya. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara menggunakannya simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi excel anda atau file yang ingin anda edit.
  2. Siapkan data teks, angka, tulisan atau data dalam cell yang ingin anda tengah-kan.
  3. Misalnya anda memiliki tabel absen di excel. Tabel tersebut memiliki panjang dari Cell A hingga Cell F.
  4. Kemudian anda menambahkan judul absen dibagian atas tabel tersebut, seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Meletakkan Teks Di Tengah Tanpa Menggabungkan CELL Excel
  5. Perhatikan gambar diatas, judul absen berada pada bagian kiri bukan di tengah-tengah. Nah, jika anda ingin agar judul tersebut di tengah-tengah. Maka silahkan block cell A1 sampai F3. Karena panjang tabel adalah sampai kolom F dan lebar ke bawahnya sampai baris ke 3.
    Cara Membuat Teks Di Tengah-Tengah Tabel Excel
  6. Setelah di blok cell A1 sampai F3 selanjutnya klik Format Cells: Alingment, seperti yang ditunjuk pada gambar diatas. Atau klik kana pada cell yang anda block dan pilih Format Cells >> Klik Alingment.
  7. Pada bagian Alingment, atur text horizontal menjadi "Center Across Selection". Seperti pada gambar diatas.
  8. Terakhir klik OK, maka secara otomatis seluruh text yang anda block akan berada di tengah-tengah, seperti pada gambar dibawah ini.
  9. Perhatikan gambar dibawah ini, bahwa cell C1 masih ada. Artinya cara membuat text menjadi tepat di tengah-tengah menggunakan Format Cells - Alingment tidak menghilangkan cell yang ada.
  10. Selain itu, saat anda geser lebar cell A,B,C dan lainnya judul tabel di excel akan menyesuaikan dan akan terus berada tepat di tengah-tengah tabel excel.

Format Cells - Alingment


Cara Menengahkan Tulisan di Excel Menyesuaikan Lebar Tabel

Cara kedua untuk membuat judul tabel, teks atau kop surat berada di tengah-tengah cell adalah dengan memilih tampilan Page Layout. Tampilan ini membuat halaman kerja excel anda menjadi tampil seperti halaman word yang terdiri atas header dan footer. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkahnya pada artikel berikut: 4 Cara membuat lembar kerja Excel seperti Word

Cara Menengahkan Tulisan di Excel Menyesuaikan Lebar Tabel

Itulah artikel tentang 2 Cara Meletakkan Teks Di Tengah Tanpa Menggabungkan CELL Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang tau bagaimana cara membuat kop tabel di excel bisa berada di tengah-tengah. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Baca juga artikel lainnya tentang tutorial Microsoft Excel lainnya dengan klik link tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang